Selasa, 20 Februari 2018 | 06.46 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Bunyi Aneh Yang Dikeluarkan Bisa Prediksi Kesehatanmu

Bunyi Aneh Yang Dikeluarkan Bisa Prediksi Kesehatanmu

Reporter : Ary Syahputra | Jumat, 30 Desember 2016 - 14:59 WIB

IMG-262

Ilustrasi mendengkur

kini.co.id – Pernah merasakan kuping berdenging? atau sering mendengkur? bisa jadi Anda dalam kondisi yang kurang sehat.

Terkadang suara-suara aneh yang dikeluarkan oleh tubuh Anda bisa mendeteksi atau mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda.

Dikutip dari blodsky.com, berikut ada delapan suara aneh yang sering dikeluarkan tubuh dan penjelasannya.

1. Suara hidung ‘bersiul’

Sering mendengar suara seperti bersiul di hidung? Hal ini disebabkan ketika aliran udara di hidung terhalang, bisa jadi karena akumulasi lendir yang berlebih di rongga hidung. Biasanya ketika kamu pilek maka hidungmu akan ‘bersiul’. Namun jika kamu sering mengalaminya padahal tidak sedang flu, bisa jadi ada masalah di antara tulang rawan dan lubang hidung.

2. Mendengkur

Mereka yang mendengkur menunjukkan bahwa mereka memiliki gangguan seperti sleep apnea yang membawa dampak buruk untuk kesehatan.

3. ‘Bersendawa’ dalam perut

Sendawa yang dikeluarkan di dalam perut disebabkan karena udara yang ingin keluar dari perut. Jika bersendawa ini disertai dengan nyeri dada atau nyeri tenggorokan, hal ini menandakan penyakit gastroesophageal reflux.

4. Cegukan

Cegukan umumnya terjadi karena udara yang ingin keluar dari dalam mulut. Cegukan yang terlalu lama bisa menyebabkan iritasi serta gangguan saraf.

5. ‘Cracking’ di persendian

Suara cracking ini seperti persendian yang ‘patah’. Suara ini normal terjadi ketika sendi kekurangan cairan untuk melumasi. Namun jika suara ini disertai dengan rasa sakit, maka kamu membutuhkan perawatan medis.

6. Suara mendesing di telinga

Suara mendesing ini sering muncul saat kamu sedang beristirahat dengan tidur di atas bantal dan berbaring. Suara ini muncul ketika darah bergerak melalui arteri karotis dan vena jugularis di belakang telingamu.

7. Suara ‘bergumam’ di perut

Suara bergumam di perut sering muncul ketika perut kosong dan membutuhkan makanan untuk dicerna. Namun jika suara bergumam ini disertai dengan rasa sakit dan mual, maka kamu memiliki masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

8. Suara mendenging di telinga

Apakah kamu sering mendengar suara seperti lonceng yang berdering di dalam telinga? Bisa jadi ini adalah penyakit tinnitus. Penuaan, infeksi, atau kerusakan pada bagian dalam telinga menjadi penyebab dari munculnya suara yang mendenging.

Bagaimana? Apakah anda sering mendengar suara-suara tersebut keluar dari tubuh Anda? Jika iya, yuk cek kesehatan ke dokter terdekat.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
YLKI nilai BPOM kecolongan soal uji obat
Health - Sabtu, 17 Februari 2018 - 12:55 WIB

YLKI nilai BPOM kecolongan soal uji obat

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai Badan Pengawas Obat dan Makanan kecolongan dalam kasus Albothyl yang telah dibekukan izin edarnya. ...
PT Pharos resmi tarik peredaran Albothyl
Health - Sabtu, 17 Februari 2018 - 11:14 WIB

PT Pharos resmi tarik peredaran Albothyl

Setelah pembekuan izin edar Albothyl yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), PT Pharos Indonesia menyatakan akan menarik peredaran ...
Jomblo Lebih Boros dari yang Sudah Menikah, Ini Sebabnya
Trends - Sabtu, 10 Februari 2018 - 09:13 WIB

Jomblo Lebih Boros dari yang Sudah Menikah, Ini Sebabnya

Banyak yang berpikir bahwa menjadi single atau jomblo bisa lebih hemat daripada yang sudah menikah.Sebab jomblo hanya akan membiayai dirinya ...
Awas! Sebagian Besar Perokok Berawal dari Coba-coba
Health - Senin, 5 Februari 2018 - 09:59 WIB

Awas! Sebagian Besar Perokok Berawal dari Coba-coba

"Ayam berkokok di atas genteng, gak merokok gak ganteng."Pepatah demikian seringkali terdengar dari mulut para remaja yang menggandrungi rokok.Rokok nyatanya ...
Bupati Lebak kembali viral, panjat pohon durian setinggi lima meter
Woman - Sabtu, 3 Februari 2018 - 10:10 WIB

Bupati Lebak kembali viral, panjat pohon durian setinggi lima meter

Tingkah Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya kembali menghebohkan dan viral di media sosial. Beberapa waktu lalu, video Iti Octavia ...
Olympic City gelar kompetisi maskot berhadiah puluhan juta tertarik ?
Style - Senin, 29 Januari 2018 - 11:17 WIB

Olympic City gelar kompetisi maskot berhadiah puluhan juta tertarik ?

Diawal tahun ini Olympic City ingin melibatkan masyarakat umum khususnya anak muda memberikan wadah untuk Mengembangkan ide kreatifitas dalam bentuk pembuatan desain Mascot Competition. Sesuai ...