Rabu, 16 Januari 2019 | 19.39 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Yuk Kenali Tanda Yang Harus Diwaspadai Sebagai Gejala Kanker Serviks.

Yuk Kenali Tanda Yang Harus Diwaspadai Sebagai Gejala Kanker Serviks.

Reporter : Rini Siregar | Sabtu, 31 Desember 2016 - 14:44 WIB

IMG-270

Ilustrasi

kini.co.id – Kanker payudara merupakan salah satu penyakit mematikan terutama bagi para wanita. Namun selain kanker payudara, kanker serviks juga merupakan jenis kanker yang sering menyerang wanita.

Kanker serviks biasanya muncul tanpa adanya gejala. Ciri-cirinya sangat sulit untuk dirasakan maka dari itu banyak yang baru menyadarinya dan mengetahuinya setelah memasuki stadium lanjut.

Namun Anda tetap bisa mewaspadai tanda yang diberikan tubuh. Cermati tanda ini dan lakukan konsultasi lanjutan jika anda mengalaminya seperti dikutip dari faktakanker.com, Sabtu (31/12/2016).

1. Pendarahan Pada Vagina, (ini tanda paling umum)

Perdarahan vagina yang tidak teratur atau tidak normal (bukan haid) adalah ciri yang paling umum dari kanker serviks. Pendarahan dapat terjadi antara periode menstruasi atau setelah berhubungan badan atau kapan pun selama tidak berhubungan dengan masa atau siklus mens anda. Kadang-kadang pendarahan pada vagina ini menunjukkan terdapat keputihan yang sedikit bercampur dengan darah, selain itu pendarahan saat haid juga akan berlangsung sedikit lebih lama dibandingkan biasanya. Pendarahan vagina juga dapat terjadi pada wanita menopause yang tidak lagi memiliki periode menstruasi.

2. Rasa sakit selama berhubungan suami istri

Jika Anda merasakan sakit tanpa sebab saat melakukan hubungan suami istri, pastikan anda langsung berkonsultasi dengan dokter terkait agar memeriksakan masalah terkait. Kecenderungan rasa sakit selama berhubungan juga menjadi salah satu faktor yang paling tinggi yang dapat menyebabkan kanker serviks.

3. Nyeri di sekitar pinggul

Nyeri pada pinggul juga dapat menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam hubungannya yang dapat menjadi salah satu ciri umum kanker serviks.

4. Keputihan yang abnormal (diluar biasanya)

Anda sering keputihan? mungkin tidak masalah karena memang bukan gejala penyakit tertentu. Namun jika jumlahnya sangat besar dan tidak seperti biasanya yang sangat mengganggu tentu ada sesuatu yang terjadi. Salah satu yang mungkin anda alami adalah kanker serviks.

6. Pendarahan menstruasi yang lebih panjang dan lebih berat dari biasanya

Anda mungkin mengalami masa menstruarsi yang ‘banyak’ pada haris pertama sampai dengan hari ketiga. Namun Jika anda terus ‘banyak’ sampai beberapa hari bahkan berminggu, anda sudah harus curiga dengan penyakit mematikan ini, setidaknya anda mulai melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah itu adalah salah satu gejala kanker serviks.

Jika Anda mengalami salah satu gejala di atas, tidak ada salahnya untuk mengecek ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Hikmah - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

Ahok segera bebas, dia dijemput keluarga di Mako Brimob

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI itu akan keluar dari Mako ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:29 WIB

Suka Tidur Pakai Kipas Angin, Ini Bahayanya

Kipas angin seringkali menjadi pilihan untuk menyejukkan ruangan selain Air Conditioner. Kipas angin yang lebih ekonomis dan juga praktis karena ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:16 WIB

Anak Tidak Diimunisasi Benarkah Tetap Sehat?

Seiring pemerintah menggalakkan program imunisasi untuk anak-anak, muncul juga kaum yang berbeda pendapat.Menurut mereka, anak-anak mereka sehat-sehat saja meski tidak ...
Trends - Jumat, 11 Januari 2019 - 14:44 WIB

Diajak ML Sama Pacar, Begini Cara Menolaknya

Seks bebas seperti sudah menjadi makanan sehari-hari remaja di Indonesia. Mereka yang pacaran sudah gampang saja melakukan hubungan seks bagaikan ...
Style - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:20 WIB

Agnez Mo jadi artis Indonesia paling populer di Twitter pada 2018

MESKI saat ini tengah fokus dengan karier bermusiknya di Amerika Serikat, namun tak berarti popularitas Agnez Mo di Tanah Air ...
Health - Selasa, 8 Januari 2019 - 21:45 WIB

Rahasia umur panjang penduduk di 5 wilayah di dunia

DI DUNIA, ada lima daerah yang disebut blue zone—tempat orang yang secara konsisten hidup dengan usia panjang. Kelima daerah itu ...