Minggu, 21 Oktober 2018 | 17.43 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Yuk Kenali Tanda Yang Harus Diwaspadai Sebagai Gejala Kanker Serviks.

Yuk Kenali Tanda Yang Harus Diwaspadai Sebagai Gejala Kanker Serviks.

Reporter : Rini Siregar | Sabtu, 31 Desember 2016 - 14:44 WIB

IMG-270

Ilustrasi

kini.co.id – Kanker payudara merupakan salah satu penyakit mematikan terutama bagi para wanita. Namun selain kanker payudara, kanker serviks juga merupakan jenis kanker yang sering menyerang wanita.

Kanker serviks biasanya muncul tanpa adanya gejala. Ciri-cirinya sangat sulit untuk dirasakan maka dari itu banyak yang baru menyadarinya dan mengetahuinya setelah memasuki stadium lanjut.

Namun Anda tetap bisa mewaspadai tanda yang diberikan tubuh. Cermati tanda ini dan lakukan konsultasi lanjutan jika anda mengalaminya seperti dikutip dari faktakanker.com, Sabtu (31/12/2016).

1. Pendarahan Pada Vagina, (ini tanda paling umum)

Perdarahan vagina yang tidak teratur atau tidak normal (bukan haid) adalah ciri yang paling umum dari kanker serviks. Pendarahan dapat terjadi antara periode menstruasi atau setelah berhubungan badan atau kapan pun selama tidak berhubungan dengan masa atau siklus mens anda. Kadang-kadang pendarahan pada vagina ini menunjukkan terdapat keputihan yang sedikit bercampur dengan darah, selain itu pendarahan saat haid juga akan berlangsung sedikit lebih lama dibandingkan biasanya. Pendarahan vagina juga dapat terjadi pada wanita menopause yang tidak lagi memiliki periode menstruasi.

2. Rasa sakit selama berhubungan suami istri

Jika Anda merasakan sakit tanpa sebab saat melakukan hubungan suami istri, pastikan anda langsung berkonsultasi dengan dokter terkait agar memeriksakan masalah terkait. Kecenderungan rasa sakit selama berhubungan juga menjadi salah satu faktor yang paling tinggi yang dapat menyebabkan kanker serviks.

3. Nyeri di sekitar pinggul

Nyeri pada pinggul juga dapat menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam hubungannya yang dapat menjadi salah satu ciri umum kanker serviks.

4. Keputihan yang abnormal (diluar biasanya)

Anda sering keputihan? mungkin tidak masalah karena memang bukan gejala penyakit tertentu. Namun jika jumlahnya sangat besar dan tidak seperti biasanya yang sangat mengganggu tentu ada sesuatu yang terjadi. Salah satu yang mungkin anda alami adalah kanker serviks.

6. Pendarahan menstruasi yang lebih panjang dan lebih berat dari biasanya

Anda mungkin mengalami masa menstruarsi yang ‘banyak’ pada haris pertama sampai dengan hari ketiga. Namun Jika anda terus ‘banyak’ sampai beberapa hari bahkan berminggu, anda sudah harus curiga dengan penyakit mematikan ini, setidaknya anda mulai melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah itu adalah salah satu gejala kanker serviks.

Jika Anda mengalami salah satu gejala di atas, tidak ada salahnya untuk mengecek ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Trends - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 14:42 WIB

Ikut-ikutan Trend Mukbang, Awas Penyakit Berbahaya Ini Mengintai Anda!!

Anak-anak muda yang rajin mantengin media sosial pasti tidak asing dengan video-video mukbang, alias makan dalam jumlah porsi besar.Trend makan ...
Health - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 11:10 WIB

Mati, Ini Terjadi pada Tubuh Ketika Sudah Dalam Kubur

ematian adalah sebuah hal yang pasti dialami manusia. Ketika kematian tiba, maka semua organ tubuh manusia pun berhenti bekerja dan ...
Health - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 10:55 WIB

Jangan Potong Rambut di Area Intim, Ini Bahayanya

Tak hanya aroma tubuh yang membangkitkan libido di atas ranjang, tapi juga penampilan fiik. Mlai dari ujung rambut di kepala ...
Health - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:51 WIB

Ini daftar negara yang harapan usianya tertinggi, RI meningkat

KONDISI lingkungan yang terus turun, pola makan yang tidak sehat, dan juga stres merupakan tantangan bagi kesehatan manusia di era ...
Health - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:37 WIB

Bawa bukti imuniasi anak jika mau ke Singapura

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) Singapura berencana menerapkan peraturan baru yang mengharuskan warga negara asing (WNA) untuk sudah memvaksinasi anaknya bila ingin ...
Hikmah - Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:53 WIB

Segera akhiri hubungan, jika ada kekerasan fisik

KEKERASAN fisik yang terjadi di rumah tangga semakin marak terjadi. Namun, tindak kekerasan di luar ikatan perkawinan antara pasangan yang ...