Minggu, 24 September 2017 | 17.23 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Ternyata Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud Bisa Berisiko

Ternyata Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud Bisa Berisiko

Reporter : Ary Syahputra | Sabtu, 31 Desember 2016 - 16:10 WIB

IMG-272

Ilustrasi

kini.co.id – Jika merasa gatal atau mulai merasa tidak nyaman di telinga, orang-orang pasti akan langsung terbiasa untuk membersihkan telingannya menggunakan cotton bud.

Namun tahukah Anda kalau kebiasaan seperti itu tidak baik? Faktanya, kita dilarang untuk memasukan benda apapun ke dalam telinga termasuk untuk membersihkan kotoran dengan cotton bud.

Dikutip dari HelloSehat, Sabtu (31/12/2016), menurut para ahli, membersihkan telinga dengan cotton bud bisa menyebabkan gangguan pendengaran hingga menyebabkan kerusakan pada saluran dalam telinga, kenapa?

Kita perlu kotoran telinga

Saluran dalam telinga memiliki sel khusus yang berfungsi untuk memproduksi cerumen, alias kotoran telinga. Produksi kotoran telinga ini bukannya tanpa alasan. William H. Shapiro, seorang audiologis dan rekanan profesor di NYU Langone Medical Center, menjelaskan bahwa kotoran telinga juga mengandung properti antibiotik dan anti jamur.

Sehingga terlalu sering membersihkan telinga bisa berakibat pada komplikasi telinga dan kulit, termasuk infeksi telinga dan eksim di bagian luar telinga.

Kenapa tak disarankan pakai cotton bud?

Walaupun residu kotoran telinga akan tetap ada dan menempel di kapas cotton bud saat Anda membersihkan telinga, tapi di saat yang bersamaan Anda juga mendorong dan memadatkan kotoran telinga semakin masuk jauh ke dalam, melewati tempat di mana produksi minyak dalam telinga terjadi (lokasi ideal di mana kotoran telinga harus tetap tinggal). Hal ini akan menimbulkan rasa sakit, tekanan, gangguan pendengaran sementara, hingga berisiko menusuk gendang telinga.

Gendang telinga yang tertusuk akan mudah sembuh dengan sendirinya, walaupun begitu, proses pemulihan akan memakan waktu yang cukup lama dan bisa berujung pada gangguan pendengaran konduktif.

Jadi, perlukah untuk tetap membersihkan telinga?

Terlalu sedikit kotoran telinga yang tersisa akan meningkatkan risiko infeksi. Setidaknya, ada sepuluh peptida antimikroba yang terkandung dalam kotoran telinga untuk mencegah bakteri dan jamur berkembang biak. Sementara itu, terlalu banyak kotoran telinga bisa meningkatkan kejadian infeksi dan kehilangan pendengaran. Oleh karena itu, Anda membutuhkan perawatan telinga yang pas.

Telinga memiliki mekanisme pembersihan mandiri. Lemak dan minyak dalam saluran telinga akan memerangkap segala partikel asing yang masuk ke dalam telinga dan membilasnya keluar sebagai kotoran telinga. Kotoran telinga, menurut Hicks, akan luruh dengan sendirinya tanpa Anda sadari.

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga dengan aman?

Kebalikan dari saluran dalam telinga, bagian terluar telinga harus tetap dibersihkan secara rutin. Walaupun begitu, tetap hindari membersihkan telinga dengan cotton bud. Setelah mandi, cukup gunakan sedikit sabun, air, dan sebuah lap bersih untuk menggosok bagian luar telinga.

Metode seperti ini memang tidak akan memberikan efek telinga yang bersih kesat, namun kelembapan yang diberikan oleh kotoran telinga bagus untuk kesehatan telinga Anda. Telinga yang kesat sama sekali bersih dari kotoran telinga akan membuat saluran telinga kering dan terasa gatal.

Jika Anda tidak cukup puas hanya membersihkan telinga dengan kain lap basah, Anda bisa menggunakan larutan pembersih telinga yang dijual bebas di apotek atau supermarket terdekat. Cukup teteskan larutan tetes telinga tersebut untuk memudahkan Anda membersihkan telinga Anda.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Tips Turun Berat Badan 8 Kg ! Yuk Ikuti
Woman - Sabtu, 23 September 2017 - 10:27 WIB

Tips Turun Berat Badan 8 Kg ! Yuk Ikuti

Berat badan yang normal untuk seorang wanita adalah 45-50 Kg, jika lebih dari yang sudah di tetapkan maka wanita tersebut ...
Es Pelangi Kopyor Enak Disajikan Pada Siang Hari
Food - Jumat, 22 September 2017 - 15:34 WIB

Es Pelangi Kopyor Enak Disajikan Pada Siang Hari

Saat menikmati santai dirumah pada siang hari biasanya ibu-ibu yang sudah memiliki anak dan suami duduk di ruang tamu untuk ...
Mencabut Bulu Ketiak Bisa Menyebabkan Kanker Payudara
Woman - Jumat, 22 September 2017 - 11:36 WIB

Mencabut Bulu Ketiak Bisa Menyebabkan Kanker Payudara

Para wanita biasa nya sering melakukan aktifitas mencabut bulu ketiak, Wanita melakukan cabut bulu ketiak karna untuk memaksimalkan penampilan saat ...
Lewat’Soul Travellers’, 39 penjelajah ajak generasi muda jajaki dunia
Style - Jumat, 22 September 2017 - 11:02 WIB

Lewat’Soul Travellers’, 39 penjelajah ajak generasi muda jajaki dunia

Melalui pengalaman dari 39 penjelajah dunia berkebangsaan Indonesia, sebuah novel berjudul “Soul Travellers: Turning Miles into Memories” yang diterbitkan oleh ...
Cara Membersihkan Selulit Dari Badan
Woman - Rabu, 20 September 2017 - 14:21 WIB

Cara Membersihkan Selulit Dari Badan

Selulit adalah garis-garis putih atau gumpalan lemak yang terdapat di bagian tubuh terutama di paha dan sekitarnya. Selulit sangatlah mengganggu ...
Pengguna Inex !! Ini 7 Cara Menghilangkannya Secara Alami
Health - Rabu, 20 September 2017 - 10:33 WIB

Pengguna Inex !! Ini 7 Cara Menghilangkannya Secara Alami

Inex Atau Ekstasi yang terkenal didalam dunia malam atau di tempat hiburan malam kini semangkin banyak saja penggemar obat ini. ...