Minggu, 21 Oktober 2018 | 17.12 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Ini Gejala Yang Dialami Penderita OCD, Apakah Anda Termasuk?

Ini Gejala Yang Dialami Penderita OCD, Apakah Anda Termasuk?

Reporter : Ary Syahputra | Jumat, 13 Januari 2017 - 16:38 WIB

IMG-306

Ilustrasi

kini.co.id – Obsessive Compulsive Disorder atau yang biasa disebut dengan OCD adalah gangguan psikologis yang dapat mempengaruhi pikiran (obsesif) dan perilaku (kompulsif) manusia.

Kelainan ini dapat mengganggu pikiran penderitanya dengan menghasilkan rasa gelisah, cemas, khawatir, takut dan menuntut melakukan hal yang sama berulang kali. Perilaku ini akan terus dilakukan penderitanya hingga keinginan dari pikiran mereka terpenuhi.

Hingga saat ini masih belum diketahui apa penyebab pasti dari gangguan OCD. Para pakar menduga gangguan ini terjadi karena adanya masalah pengiriman informasi pada bagian otak yang satu dengan lainnya atau mungkin juga bisa disebabkan oleh masalah stress yang berat.

Tidak hanya itu, faktor turunan genetik dari keluarga serta kecelakaan psikologis masa lalu juga bisa memicu seseorang mengalami OCD.

Berikut ini empat gejala dan tipe yang biasa ditemukan pada penderita OCD seperti dikutip dari HelloSehat.Com, Jumat (13/1/2017)

1. Washers

Pernahkah Anda merasa kurang atau bahkan tidak pernah merasa bersih saat mencuci tangan sehingga Anda akan melakukannya berulang kali? Bisa jadi Anda menderita OCD.

Gejala ini merupakan gejala yang paling umum yang sering dialami penderita OCD.

Penderita umumnya akan mencuci tangan atau bagian tubuhnya yang dirasa kotor secara berulang kali dan bahkan tidak segan untuk membersihkan rumah, tubuh dan apapun yang mereka takuti kotor, demi memenuhi kenginan kompulsifnya agar terhidar dari kuman atau kotoran yang dihindari.

2. Checkers

Tidak berbeda dengan washer, gejala OCD yang satu ini menyerang penderitanya untuk selalu memeriksa sesuatu berulang kali. Penderita OCD akan melakukan pengecekan berulang kali kepada hal, benda, atau barang yang berbahaya.

Contoh yang paling umum seperti mengecek kunci pintu rumah, mematikan kompor atau lampu dengan melakukan pengecekan berkali-kali. Para penderita merasa bahaya selalu mengintai dan jika terjadi sesuatu yang bersifat celaka mereka tak segan menyalahkan dirinya sebagai yang harus disalahkan.

3. Symmetry dan Orderliness

Pada gejala tipe ini, Anda sering mengalami fokus untuk mengatur setiap hal secara berurutan, rapi, simetris dan sejajar.

Contohnya Anda tidak akan suka jika barang yang telah Anda rapikan disentuh dan diubah posis nya oleh orang lain. Perilaku ini akan selalu menuntut Anda untuk menghasilkan pikiran yang sama dan berulang.

4. Hoarding

Hoarding merupakan gejala di mana Anda suka atau berkeinginan untuk mengumpulkan barang-barang bekas yang Anda temukan. Anda berpikiran bahwa barang itu penting dan akan berguna bagi Anda ke depannya.

Jika di dalam rumah atau ruangan Anda banyak barang dan terasa penuh, bisa jadi Anda salah satunya.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Trends - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 14:42 WIB

Ikut-ikutan Trend Mukbang, Awas Penyakit Berbahaya Ini Mengintai Anda!!

Anak-anak muda yang rajin mantengin media sosial pasti tidak asing dengan video-video mukbang, alias makan dalam jumlah porsi besar.Trend makan ...
Health - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 11:10 WIB

Mati, Ini Terjadi pada Tubuh Ketika Sudah Dalam Kubur

ematian adalah sebuah hal yang pasti dialami manusia. Ketika kematian tiba, maka semua organ tubuh manusia pun berhenti bekerja dan ...
Health - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 10:55 WIB

Jangan Potong Rambut di Area Intim, Ini Bahayanya

Tak hanya aroma tubuh yang membangkitkan libido di atas ranjang, tapi juga penampilan fiik. Mlai dari ujung rambut di kepala ...
Health - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:51 WIB

Ini daftar negara yang harapan usianya tertinggi, RI meningkat

KONDISI lingkungan yang terus turun, pola makan yang tidak sehat, dan juga stres merupakan tantangan bagi kesehatan manusia di era ...
Health - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:37 WIB

Bawa bukti imuniasi anak jika mau ke Singapura

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) Singapura berencana menerapkan peraturan baru yang mengharuskan warga negara asing (WNA) untuk sudah memvaksinasi anaknya bila ingin ...
Hikmah - Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:53 WIB

Segera akhiri hubungan, jika ada kekerasan fisik

KEKERASAN fisik yang terjadi di rumah tangga semakin marak terjadi. Namun, tindak kekerasan di luar ikatan perkawinan antara pasangan yang ...