Rabu, 22 November 2017 | 04.25 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Ini Gejala Yang Dialami Penderita OCD, Apakah Anda Termasuk?

Ini Gejala Yang Dialami Penderita OCD, Apakah Anda Termasuk?

Reporter : Ary Syahputra | Jumat, 13 Januari 2017 - 16:38 WIB

IMG-306

Ilustrasi

kini.co.id – Obsessive Compulsive Disorder atau yang biasa disebut dengan OCD adalah gangguan psikologis yang dapat mempengaruhi pikiran (obsesif) dan perilaku (kompulsif) manusia.

Kelainan ini dapat mengganggu pikiran penderitanya dengan menghasilkan rasa gelisah, cemas, khawatir, takut dan menuntut melakukan hal yang sama berulang kali. Perilaku ini akan terus dilakukan penderitanya hingga keinginan dari pikiran mereka terpenuhi.

Hingga saat ini masih belum diketahui apa penyebab pasti dari gangguan OCD. Para pakar menduga gangguan ini terjadi karena adanya masalah pengiriman informasi pada bagian otak yang satu dengan lainnya atau mungkin juga bisa disebabkan oleh masalah stress yang berat.

Tidak hanya itu, faktor turunan genetik dari keluarga serta kecelakaan psikologis masa lalu juga bisa memicu seseorang mengalami OCD.

Berikut ini empat gejala dan tipe yang biasa ditemukan pada penderita OCD seperti dikutip dari HelloSehat.Com, Jumat (13/1/2017)

1. Washers

Pernahkah Anda merasa kurang atau bahkan tidak pernah merasa bersih saat mencuci tangan sehingga Anda akan melakukannya berulang kali? Bisa jadi Anda menderita OCD.

Gejala ini merupakan gejala yang paling umum yang sering dialami penderita OCD.

Penderita umumnya akan mencuci tangan atau bagian tubuhnya yang dirasa kotor secara berulang kali dan bahkan tidak segan untuk membersihkan rumah, tubuh dan apapun yang mereka takuti kotor, demi memenuhi kenginan kompulsifnya agar terhidar dari kuman atau kotoran yang dihindari.

2. Checkers

Tidak berbeda dengan washer, gejala OCD yang satu ini menyerang penderitanya untuk selalu memeriksa sesuatu berulang kali. Penderita OCD akan melakukan pengecekan berulang kali kepada hal, benda, atau barang yang berbahaya.

Contoh yang paling umum seperti mengecek kunci pintu rumah, mematikan kompor atau lampu dengan melakukan pengecekan berkali-kali. Para penderita merasa bahaya selalu mengintai dan jika terjadi sesuatu yang bersifat celaka mereka tak segan menyalahkan dirinya sebagai yang harus disalahkan.

3. Symmetry dan Orderliness

Pada gejala tipe ini, Anda sering mengalami fokus untuk mengatur setiap hal secara berurutan, rapi, simetris dan sejajar.

Contohnya Anda tidak akan suka jika barang yang telah Anda rapikan disentuh dan diubah posis nya oleh orang lain. Perilaku ini akan selalu menuntut Anda untuk menghasilkan pikiran yang sama dan berulang.

4. Hoarding

Hoarding merupakan gejala di mana Anda suka atau berkeinginan untuk mengumpulkan barang-barang bekas yang Anda temukan. Anda berpikiran bahwa barang itu penting dan akan berguna bagi Anda ke depannya.

Jika di dalam rumah atau ruangan Anda banyak barang dan terasa penuh, bisa jadi Anda salah satunya.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Buat kamu calon pengantin, Grandkemang Jakarta tawarkan honeymoon ke Bali gratis
Style - Minggu, 19 November 2017 - 11:10 WIB

Buat kamu calon pengantin, Grandkemang Jakarta tawarkan honeymoon ke Bali gratis

Dalam menyambut helatan Wedding Celebration Festival (WCF) 2017 yang akan berlangsung pada 24-26 November di Jakarta Convention Center (JCC). Grandkemang ...
Pasar fashion hijab di Indonesia menjanjikan
Style - Sabtu, 18 November 2017 - 12:22 WIB

Pasar fashion hijab di Indonesia menjanjikan

Presiden Jokowi memberikan isyarat bagi keluarga besar alumni Himpunan Mahasiswa Islam mengenai peluang industri fashion hijab.Pemerintah kata Jokowi sedang memberikan ...
Psikolog: LGBT Bisa Lebih Posesif dari Pasangan Normal
Hikmah - Sabtu, 18 November 2017 - 09:52 WIB

Psikolog: LGBT Bisa Lebih Posesif dari Pasangan Normal

Banyaknya kasus pembunuhan akibat kecemburuan oleh pasangan sejenis seringkali membuat miris.Teranyar, pembunuhan laki-laki di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, yang ...
Dunia adalah perhiasan dan wanita puncak kesenangan
Hikmah - Kamis, 16 November 2017 - 19:49 WIB

Dunia adalah perhiasan dan wanita puncak kesenangan

Hakikat kecantikan seorang perempuan, bukan Ia yang gemar bersolek, memanjakan diri untuk menarik perhatian lawan jenis. Karena perempuan yang dianggap ...
Bahaya intai dari obat nyamuk bakar
Health - Senin, 13 November 2017 - 02:16 WIB

Bahaya intai dari obat nyamuk bakar

Demi mengusir nyamuk, masyarakat masih banyak menggunakan obat nyamuk bakar. Selain harganya juga murah, obat nyamuk bakar cukup ampuh dalam ...
Masyarakat Harus Tahu, Obat Herbal Tak Sembuhkan Kanker
Health - Jumat, 10 November 2017 - 09:25 WIB

Masyarakat Harus Tahu, Obat Herbal Tak Sembuhkan Kanker

Gencarnya promosi obat-obatan herbal yang konon dapat menyembuhkan segala penyakit termasuk kanker tampaknya harus dibarengi dengan pengetahuan masyarakat.Nyatanya, hingga saat ...