Sunday, 22 July 2018 | 19.44 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Waspada, Kelainan Irama Jantung Picu Stroke

Waspada, Kelainan Irama Jantung Picu Stroke

Reporter : Bayu Putra | Saturday, 21 January 2017 - 13:04 WIB

IMG-340

Irama detak jantung. (Ilustrasi)

Surabaya, kini.co.id – Faktor usia seringkali menjadi penyebab faktor pendukung peningkatan prevalensi penderita atrial fibrilasi (AF) alias kelainan irama jantung.

Dokter RSU dr.Soetomo, Surabaya, Raskya Angelina, mengatakan, tidak hanya pada usia 65-70 tahun, pada usia dibawa 65 juga bisa menjadi faktor penyebab hal itu, hanya pada usai diatas 65 prevalensi kelainan ini mencapai 10-15 persen.

Kelainan irama jantung, kata dia dapat memicu risiko stroke terutama jika memiliki keluhan lain seperti hipertensi dan diabetes.

“Salah satu gejala AF yang paling mudah dikenali adalah detak jantung yang tidak teratur. Detak jantung ini bisa cepat, lambat, atau kombinasi cepat dan lambat,” ujarnya.

Disebutkannya, jika irama jantung berlangsung cepat dapat disertai dengan keluhan gagal jantung, seperti sesak napas dan cepat lelah. Jika lambat disertai dengan keluhan seperti mau pingsan dan kehilangan kesadaran sementara.

Pencetus kelainan irama jantung dapat berupa kelainan tiroid, kelainan atrium yang membesar akibat hipertensi, kelainan katup jantung, atau jantung yang lemah, dan sebagian kecil disebabkan oleh kelainan genetik.

Cara penanganan dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu rate control (hidup berdampingan dengan AF untuk mencari keseimbangan irama supaya tidak terlalu cepat atau lambat) dan rhythm control (mengembalikan irama menjadi normal). Hasilnya jangka panjang antara rate control dan rhytm control tidak berbeda jauh.

Yang lebih penting lagi, adalah pencegahan stroke yang dilakukan hidup sehat misalnya mengurangi kebiasaan merokok, menguba pola hidup yang buruk bahkan berat badan atau obesitas juga sangat rentan dengan storke tersebut.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Food - Monday, 11 December 2017 - 18:36 WIB

Jamuan tahu campur menteri Imam Nahrawi

Peserta Kirab Pemuda Indonesia 2017 yag dijamu di rumah dinas Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, di Jalan Widya Chandra, ...
Woman - Monday, 4 December 2017 - 08:03 WIB

Cantiknya wanita suku Tajik di China, ga ada sipit-sipitnya

Dengan penduduk sekitar 30.000 jiwa, suku Tajik tinggal di kota Tashkurgan yang terletak di dataran pegunungan Pamir di sepanjang perbatasan ...
Hikmah - Sunday, 3 December 2017 - 09:04 WIB

Ketika Al Liwa dan ar Rayah masih jadi nyinyiran

Dalam reuni 212 di Monas, Sabtu (2/12) kemarin, ratusan bendera tauhid baik berwarna hitam maupun putih berkibar di tengah-tengah lautan ...
Trends - Friday, 1 December 2017 - 17:45 WIB

Tipe – tipe netizen, yang terakhir bikin sakit kepala

Dijaman secanggih ini nih apa - apa share di sosial media entah itu cuman curhat, foto, video, berita dan lainnya. ...
Trends - Thursday, 30 November 2017 - 16:38 WIB

Olympic Furniture “Ekspansi” ke bsnis property

Bertepatan dengan hari Bangkit Olympic Group yang digelar setiap tanggal 29 November, Olympic City menggelar acara peletakan batu pertama atau groundbreaking infrastruktur ...
Trends - Monday, 27 November 2017 - 17:14 WIB

Puluhan kamera ‘bidik’ model MALE Indonesia dalam Glam Photohunt 2017

Puluhan kamera fotografer amatir dan pro, Sabtu (25/11) lalu tampak menahan nafasnya dengan bidikan objek yang aduhai.Namun dengan tetap semangat ...
Place your ads here...