Jumat, 19 Oktober 2018 | 17.41 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Nyeker Ternyata Menyehatkan Loh!

Nyeker Ternyata Menyehatkan Loh!

Reporter : Ary Syahputra | Senin, 23 Januari 2017 - 16:33 WIB

IMG-354

Ilustrasi

kini.co.id – Zaman dahulu, banyak orang terutama masyarakat Indonesia yang suka nyeker atau berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

Namun, di kehidupan masyarakat modern sekarang ini, alas kaki seperti sepatu dan sandal sudah menjadi bagian terpenting. Tidak hanya di luar rumah, bahkan banyak orang yang menggunakan alas kaki walaupun berada di dalam rumah.

Tapi ternyata kebiasaan nyeker juga memiliki banyak manfaat, loh. Cobalah untuk melepaskan alas kaki anda sesekali saat berada di laur maka anda akan merasakan manfaatnya pada tubuh Anda seperti dikutip dari Mind Body Green.

1 Menenangkan pikiran

Saat sedang menggunakan sepatu, Anda cenderung tidak memperhatikan apa yang diinjak. Namun berbeda halnya saat bertelanjang kaki yang membuat Anda menjadi peduli dengan apa yang diinjak seperti apakah ada batu atau kerikil yang akan terinjak.

Kesadaran akan apa yang ada di depan membuat pikiran fokus pada proses jalan kaki. Hal ini membantu seseorang jadi fokus di tempatnya berada.

2. Meregangkan otot kaki

Jalan tanpa alas kaki dapat memperkuat dan meregangkan otot, tendon dan ligamen yang ada di telapak, pergelangan serta betis. Bila sering dilakukan, hal ini akan membantu mencegah cedera, lutut tegang dan juga masalah punggung.

3. Refleksi gratis

Seringkali Anda membayar puluhan bahkan hingga ratusan ribu rupiah hanya untuk mendapatkan jasa pijat refleksi. Namun dengan nyeker, Anda tidak perlu mengeluarkan dana. Setiap kali kaki melangkah lalu menginjak batu atau kerikil itu bisa menstimulasi titik-titik refleksi. Jika terasa sakit di beberapa area, ini artinya butuh stimulasi dengan memperbanyak jalan bertelanjang kaki.

4. Mengurangi kecemasan dan depresi

Ternyata, jalan tanpa alas kaki bisa menurunkan depresi dan cemas hingga 62 persen. Cobalah untuk berjalan di taman dengan kaki telanjang, Anda bisa merasakan lembut kasarnya rumput.

Pengalaman bersentuhan langsung dengan tanah dan rumput juga membuat tubuh melepaskan hormon endorfin dan membuat orang tersebut merasakan bahagia.

5. Mengatasi susah tidur

Orang-orang zaman dulu meyakini bertelanjang kaki di atas rumput merupakan cara untuk mengatasi sulit tidur atau insomnia. Walau tidak ada bukti ilmiah, hingga kini hal ini pun masih dipercaya.

6. Membantu proses detoksifikasi

Bumi dketahui memiliki ion negatif. Saat bertelanjang kaki merasakan tanah dan rumput membuat tubuh terhubung langsung dengan ion negatif.

Ion negatif sendiri bisa membantu tubuh melakukan detoksifikasi, menenangkan, mengurangi peradangan dan dapat mengembalikan jam internal tubuh dan salah satu tempat untuk mendapatkan ion negatif tersebut adalah pantai.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Health - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:51 WIB

Ini daftar negara yang harapan usianya tertinggi, RI meningkat

KONDISI lingkungan yang terus turun, pola makan yang tidak sehat, dan juga stres merupakan tantangan bagi kesehatan manusia di era ...
Health - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:37 WIB

Bawa bukti imuniasi anak jika mau ke Singapura

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) Singapura berencana menerapkan peraturan baru yang mengharuskan warga negara asing (WNA) untuk sudah memvaksinasi anaknya bila ingin ...
Hikmah - Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:53 WIB

Segera akhiri hubungan, jika ada kekerasan fisik

KEKERASAN fisik yang terjadi di rumah tangga semakin marak terjadi. Namun, tindak kekerasan di luar ikatan perkawinan antara pasangan yang ...
Health - Kamis, 18 Oktober 2018 - 13:18 WIB

Hati-hati, rutin makan mi instan, pelajar 18 tahun meninggal

SEORANG siswa 18 tahun dilaporkan meninggal karena menderita kanker perut setelah mengonsumsi mi instan setiap malam.Dikutip dari news.seehua.com (16/10/2018) via ...
Woman - Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:27 WIB

Mengganggu Penampilan, Lakukan Treatment Sederhana Ini Agar Pori-Pori Mengecil

ori-pori besar sering membuat orang kesal. Selain mengganggu penampilan pori-pori besar juga bisa membuat kulit wajah bermasalah dan rentan kemasukan ...
- Rabu, 17 Oktober 2018 - 17:44 WIB

Cegah anak kecanduan gawai dimulai dari orangtua

KASUS kecanduan gawai sebetulnya berawal dari penggunaannya yang terlalu berlebihan dan tidak dibarengi sikap bijak menggunakan gawai. Banyak orang yang ...