Rabu, 22 November 2017 | 04.20 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Nyeker Ternyata Menyehatkan Loh!

Nyeker Ternyata Menyehatkan Loh!

Reporter : Ary Syahputra | Senin, 23 Januari 2017 - 16:33 WIB

IMG-354

Ilustrasi

kini.co.id – Zaman dahulu, banyak orang terutama masyarakat Indonesia yang suka nyeker atau berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

Namun, di kehidupan masyarakat modern sekarang ini, alas kaki seperti sepatu dan sandal sudah menjadi bagian terpenting. Tidak hanya di luar rumah, bahkan banyak orang yang menggunakan alas kaki walaupun berada di dalam rumah.

Tapi ternyata kebiasaan nyeker juga memiliki banyak manfaat, loh. Cobalah untuk melepaskan alas kaki anda sesekali saat berada di laur maka anda akan merasakan manfaatnya pada tubuh Anda seperti dikutip dari Mind Body Green.

1 Menenangkan pikiran

Saat sedang menggunakan sepatu, Anda cenderung tidak memperhatikan apa yang diinjak. Namun berbeda halnya saat bertelanjang kaki yang membuat Anda menjadi peduli dengan apa yang diinjak seperti apakah ada batu atau kerikil yang akan terinjak.

Kesadaran akan apa yang ada di depan membuat pikiran fokus pada proses jalan kaki. Hal ini membantu seseorang jadi fokus di tempatnya berada.

2. Meregangkan otot kaki

Jalan tanpa alas kaki dapat memperkuat dan meregangkan otot, tendon dan ligamen yang ada di telapak, pergelangan serta betis. Bila sering dilakukan, hal ini akan membantu mencegah cedera, lutut tegang dan juga masalah punggung.

3. Refleksi gratis

Seringkali Anda membayar puluhan bahkan hingga ratusan ribu rupiah hanya untuk mendapatkan jasa pijat refleksi. Namun dengan nyeker, Anda tidak perlu mengeluarkan dana. Setiap kali kaki melangkah lalu menginjak batu atau kerikil itu bisa menstimulasi titik-titik refleksi. Jika terasa sakit di beberapa area, ini artinya butuh stimulasi dengan memperbanyak jalan bertelanjang kaki.

4. Mengurangi kecemasan dan depresi

Ternyata, jalan tanpa alas kaki bisa menurunkan depresi dan cemas hingga 62 persen. Cobalah untuk berjalan di taman dengan kaki telanjang, Anda bisa merasakan lembut kasarnya rumput.

Pengalaman bersentuhan langsung dengan tanah dan rumput juga membuat tubuh melepaskan hormon endorfin dan membuat orang tersebut merasakan bahagia.

5. Mengatasi susah tidur

Orang-orang zaman dulu meyakini bertelanjang kaki di atas rumput merupakan cara untuk mengatasi sulit tidur atau insomnia. Walau tidak ada bukti ilmiah, hingga kini hal ini pun masih dipercaya.

6. Membantu proses detoksifikasi

Bumi dketahui memiliki ion negatif. Saat bertelanjang kaki merasakan tanah dan rumput membuat tubuh terhubung langsung dengan ion negatif.

Ion negatif sendiri bisa membantu tubuh melakukan detoksifikasi, menenangkan, mengurangi peradangan dan dapat mengembalikan jam internal tubuh dan salah satu tempat untuk mendapatkan ion negatif tersebut adalah pantai.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Buat kamu calon pengantin, Grandkemang Jakarta tawarkan honeymoon ke Bali gratis
Style - Minggu, 19 November 2017 - 11:10 WIB

Buat kamu calon pengantin, Grandkemang Jakarta tawarkan honeymoon ke Bali gratis

Dalam menyambut helatan Wedding Celebration Festival (WCF) 2017 yang akan berlangsung pada 24-26 November di Jakarta Convention Center (JCC). Grandkemang ...
Pasar fashion hijab di Indonesia menjanjikan
Style - Sabtu, 18 November 2017 - 12:22 WIB

Pasar fashion hijab di Indonesia menjanjikan

Presiden Jokowi memberikan isyarat bagi keluarga besar alumni Himpunan Mahasiswa Islam mengenai peluang industri fashion hijab.Pemerintah kata Jokowi sedang memberikan ...
Psikolog: LGBT Bisa Lebih Posesif dari Pasangan Normal
Hikmah - Sabtu, 18 November 2017 - 09:52 WIB

Psikolog: LGBT Bisa Lebih Posesif dari Pasangan Normal

Banyaknya kasus pembunuhan akibat kecemburuan oleh pasangan sejenis seringkali membuat miris.Teranyar, pembunuhan laki-laki di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, yang ...
Dunia adalah perhiasan dan wanita puncak kesenangan
Hikmah - Kamis, 16 November 2017 - 19:49 WIB

Dunia adalah perhiasan dan wanita puncak kesenangan

Hakikat kecantikan seorang perempuan, bukan Ia yang gemar bersolek, memanjakan diri untuk menarik perhatian lawan jenis. Karena perempuan yang dianggap ...
Bahaya intai dari obat nyamuk bakar
Health - Senin, 13 November 2017 - 02:16 WIB

Bahaya intai dari obat nyamuk bakar

Demi mengusir nyamuk, masyarakat masih banyak menggunakan obat nyamuk bakar. Selain harganya juga murah, obat nyamuk bakar cukup ampuh dalam ...
Masyarakat Harus Tahu, Obat Herbal Tak Sembuhkan Kanker
Health - Jumat, 10 November 2017 - 09:25 WIB

Masyarakat Harus Tahu, Obat Herbal Tak Sembuhkan Kanker

Gencarnya promosi obat-obatan herbal yang konon dapat menyembuhkan segala penyakit termasuk kanker tampaknya harus dibarengi dengan pengetahuan masyarakat.Nyatanya, hingga saat ...