Minggu, 21 Oktober 2018 | 16.43 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Ternyata 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Mentah, Loh!

Ternyata 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Mentah, Loh!

Reporter : Ary Syahputra | Selasa, 31 Januari 2017 - 15:42 WIB

IMG-401

Ilustrasi

kini.co.id – Kita shidup di mana banyak sekali bahan makanan di sekeliling kita. Diantara banyaknya makanan itu, ada makanan yang bisa kita makan saat masih mentah atau proses masak terlebih dahulu dan ada juga yang tidak boleh dimakan saat mentah.

Beberapa makanan tersebut tidak boleh dimakan mentah karena mengandung racun alami yang bisa mengganggu pencernaan. Dan bukan tidak mungkin ada bakteri yang masih hidup bila tidak diolah terlebih dahulu.

Berikut ini lima makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi dalam kondisi mentah, seperti dikuti dari Prevention, Jumat (27/1/2017)

1. Kentang

Sebaiknya kentang diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Bisa dengan digoreng atau dikukus. Karena kentang mentah jika langsung dimakan bisa membuat aneka masalah di perut Anda.

“Pati pada kentang mentah memicu masalah pencernaan, kembung dan ada banyak gas di perut,” kata pakar nutrisi Ashvini Mashru.

2. Kecambah

Kecambah yang mentah berpotensi mengandung bakteria berbahaya seperti salmonella, E. coli dan listeria.

“Kecambah harus dibeli segar dan Saya merekomendasikan anak-anak, ibu hamil, orang tua dan mereka yang memiliki imunitas tubuh rendah untuk menghindarinya (kecambah),” ungkap Lisa Cohn yang merupakan seorang pakar nutrisi.

Jika Anda tidak termasuk dalam kategori di atas, cuci bersih kecambah dan bilaslah menggunakan air panas.

3. Kacang merah

Kacang merah memang kaya akan nutrisi. Tetapi tidak jika dikonsumsi saat mentah

“Mengonsumsi kacang merah mentah menyebabkan mual ekstrim, muntah dan diare. Hal ini terjadi karena kandungan lektin di dalam kacang merah mentah,” kata ahli gizi Jennifer Christman.

4. Madu

Madu mentah kini bisa didapatkan dengan mudah, tetapi Lisa Cohn tidak menyarankan memberikan itu kepada anak-anak.

“Ketika mengonsumsi madu mentah tanpa pasteurisasi, itu mungkin mengandung graynotoxin, yang merupakan kandungan di dalam nektar,” kata Cohn.

Cohn menjelaskan, graynotoxin memang tidak akan mematikan bagi manusia, namun bisa membuat pusing dan hipotensi.

5. Susu

Mengkonsumsi susu mentah tanpa pengolahan setelah diperah memang pernah menjadi tren. Namun ada baiknya untuk mengolah susu sebelum diminum.

Salah satunya ysitu pasteurisasi dengan memamanaskan hingga 71 derajat Celcius selama kurang dari 15 detik. Proses ini akan mematikan bakteri seperti salmonella, E. coli, dan listeria.

6. Sayuran

Walaupun sebagian besar sayuran dapat dimakan mentah, ada juga orang yang sensitif terhadap beberapa sayuran mentah, seperti kembang kol, kale, brokoli dan kubis.

Hal itu disebabkan, karena sayuran-sayuran itu mengandung gula yang susah dicerna oleh tubuh, sehingga perlu dimasak terlebih dahulu agar lebih mudah dicerna.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Trends - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 14:42 WIB

Ikut-ikutan Trend Mukbang, Awas Penyakit Berbahaya Ini Mengintai Anda!!

Anak-anak muda yang rajin mantengin media sosial pasti tidak asing dengan video-video mukbang, alias makan dalam jumlah porsi besar.Trend makan ...
Health - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 11:10 WIB

Mati, Ini Terjadi pada Tubuh Ketika Sudah Dalam Kubur

ematian adalah sebuah hal yang pasti dialami manusia. Ketika kematian tiba, maka semua organ tubuh manusia pun berhenti bekerja dan ...
Health - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 10:55 WIB

Jangan Potong Rambut di Area Intim, Ini Bahayanya

Tak hanya aroma tubuh yang membangkitkan libido di atas ranjang, tapi juga penampilan fiik. Mlai dari ujung rambut di kepala ...
Health - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:51 WIB

Ini daftar negara yang harapan usianya tertinggi, RI meningkat

KONDISI lingkungan yang terus turun, pola makan yang tidak sehat, dan juga stres merupakan tantangan bagi kesehatan manusia di era ...
Health - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:37 WIB

Bawa bukti imuniasi anak jika mau ke Singapura

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) Singapura berencana menerapkan peraturan baru yang mengharuskan warga negara asing (WNA) untuk sudah memvaksinasi anaknya bila ingin ...
Hikmah - Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:53 WIB

Segera akhiri hubungan, jika ada kekerasan fisik

KEKERASAN fisik yang terjadi di rumah tangga semakin marak terjadi. Namun, tindak kekerasan di luar ikatan perkawinan antara pasangan yang ...