Rabu, 22 November 2017 | 21.45 WIB
KiniNEWS>Gaya>Food>Berani Coba Makanan & Minuman Dari Olahan Kotoran Hewan Ini?

Berani Coba Makanan & Minuman Dari Olahan Kotoran Hewan Ini?

Reporter : Bambang Medy | Rabu, 1 Februari 2017 - 17:17 WIB

IMG-407

Gajah. (Ilustrasi)

kini.co.id – Makanan atau minuman yang diolah dari hewan mungkin sudah biasa dikonsumsi. Namun bagaimana dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang diolah dari kotoran hewan?

Dikutip dari Qraved, berikut lima makanan dan minuman yang diolah dari kotoran hewan. Berani coba?

1. Panda

Seorang mantan guru di Cina berhasil memanfaatkan kotoran panda untuk berkebun teh dan menghasilkan jenis ‘teh organik kotoran panda’ yang dihargai hingga Rp 1.9 juta percangkirnya.

Menurut An Yanshi, salah satu pengusaha di Cina, teh ini sama sekali tidak membahayakan, malah aman dikonsumsi dan dapat menyuburkan. Orang-orang Cina pun sangat bersyukur dengan adanya teh yang diproses dari kotoran panda karena dapat mengubah sampah menjadi sesuatu yang berguna.

2. Burung Walet

Makanan satu ini mungkin sudah dikenal banyak orang. Makanan yang satu ini memang bukan dari kotoran burung walet, melainkan dari sarang burung walet yang terbuat dari air liur burung tersebut.

Di Cina, sarang burung walet biasanya disajikan dalam bentuk sup. Tradisi mengonsumsi jenis sup ini sudah ada sejak abad ke-14 dan menjadi favorit para raja dan bangsawan. Dulu, sup burung walet ini dijadikan simbol makanan yang mewah dan bergengsi karena harganya yang sangat mahal.

Tidak hanya itu, sarang burung walet pun saat ini juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuat berbagai kosmetik.

3. Sapi

Selama ini salah satu kelompok budaya Hindu di India bernama Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS) memiliki keyakinan untuk memuja sapi. Dan uniknya, mereka mengembangkan minuman bernama Gau Jal atau air sapi yang terbuat dari urin mamalia itu.

Minuman ini dinikmati dengan cara dicampurkan ke dalam minuman lain dengan tujuan menambah kesehatan mereka seperti menyembuhkan beberapa penyakit. Selain urin sapi, kotoran sapi juga mereka manfaatkan sebagai pembersih dan antiseptik lantai.

4. Gajah

Kopi saat ini menjadi salah satu minuman yang tidak bisa dilepaskan dari gaya hidup orang zaman sekarang. Tapi, pernahkan Anda mencoba menikmati kopi yang diproses dari sistem pencernaan gajah dan kemudian dikeluarkan bersamaan dengan kotoran gajah?

Ide pembuatan kopi yang juga dikenal dengan sebutan “black ivory” ini ditemukan oleh investor kopi Blake Dinkin, yang kemudian diwujudkan dengan memproduksi jenis kopi tersebut di kawasan perbukitan utara Thailand. Harga dari kopi gajah ini bisa mencapai 1100 dolar Amerika atau sekitar Rp10,6 juta perkilonya, lebih mahal dari kopi jenis luwak.

5. Luwak

Kopi luwak sudah terkenal sebagai salah satu kopi termahal di dunia. Namun kopi luwak sendiri berasal dari kotoran binatang tersebut. Semua bermula ketika hewan luwak gemar memakan biji kopi. Tapi karena terlalu keras, maka hanya kulitnya saja yang diproses dalam sistem percernaannya, sedangkan bijinya tetap utuh dan dikeluarkan dengan tinjanya.

Kopi yang diambil dari kotoran hewan luwak inilah yang menjadi sensasional karena memiliki aroma dan rasa yang kuat dan tentunya digemari oleh para pencinta kopi.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Riset kesehatan sebagai ‘kultur’ Ajinomoto
Food - Rabu, 22 November 2017 - 17:52 WIB

Riset kesehatan sebagai ‘kultur’ Ajinomoto

Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa Ajinomoto Co hanya fokus pada pembuatan penyedap makanan, meski hal itu benar namun banyaknya ...
Buat kamu calon pengantin, Grandkemang Jakarta tawarkan honeymoon ke Bali gratis
Style - Minggu, 19 November 2017 - 11:10 WIB

Buat kamu calon pengantin, Grandkemang Jakarta tawarkan honeymoon ke Bali gratis

Dalam menyambut helatan Wedding Celebration Festival (WCF) 2017 yang akan berlangsung pada 24-26 November di Jakarta Convention Center (JCC). Grandkemang ...
Pasar fashion hijab di Indonesia menjanjikan
Style - Sabtu, 18 November 2017 - 12:22 WIB

Pasar fashion hijab di Indonesia menjanjikan

Presiden Jokowi memberikan isyarat bagi keluarga besar alumni Himpunan Mahasiswa Islam mengenai peluang industri fashion hijab.Pemerintah kata Jokowi sedang memberikan ...
Psikolog: LGBT Bisa Lebih Posesif dari Pasangan Normal
Hikmah - Sabtu, 18 November 2017 - 09:52 WIB

Psikolog: LGBT Bisa Lebih Posesif dari Pasangan Normal

Banyaknya kasus pembunuhan akibat kecemburuan oleh pasangan sejenis seringkali membuat miris.Teranyar, pembunuhan laki-laki di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, yang ...
Dunia adalah perhiasan dan wanita puncak kesenangan
Hikmah - Kamis, 16 November 2017 - 19:49 WIB

Dunia adalah perhiasan dan wanita puncak kesenangan

Hakikat kecantikan seorang perempuan, bukan Ia yang gemar bersolek, memanjakan diri untuk menarik perhatian lawan jenis. Karena perempuan yang dianggap ...
Bahaya intai dari obat nyamuk bakar
Health - Senin, 13 November 2017 - 02:16 WIB

Bahaya intai dari obat nyamuk bakar

Demi mengusir nyamuk, masyarakat masih banyak menggunakan obat nyamuk bakar. Selain harganya juga murah, obat nyamuk bakar cukup ampuh dalam ...