Selasa, 20 Februari 2018 | 06.49 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Pemerintah Wajibkan Lulusan Dokter Spesial Kerja di Daerah Minimal Satu Tahun

Pemerintah Wajibkan Lulusan Dokter Spesial Kerja di Daerah Minimal Satu Tahun

Reporter : Rini Siregar | Sabtu, 4 Februari 2017 - 00:20 WIB

IMG-416

Dokter di sebuah puskesmas (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Pemerintah mewajibkan bagi Lulusan kedokteran spesialis untuk bertugas memberikan pelayanan kesehatan di seluruh daerah Indonesia.

Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpers) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS).

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kesehatan Kementerian Kesehatan, Usman Sumantri, mengatakan program tersebut efektif berlaku bagi dokter spesialis yang lulus setelah ditandatanganinya perpres tanggal 12 Januari 2017.

“Perpres tersebut bersifat sukarela wajib bagi yang sebelum tanggal 12 Januari, tapi bagi yang lulus setelah perpres diteken maka wajib bertugas di daerah selama satu tahun,” ujar Usman dalam keterangan persny di Jakarta, Jumat (3/2).

Dijelaskannya tujuan dari program wajib kerja dokter spesialis tersebut adalah untuk pemerataan fasilitas layanan kesehatan, di seluruh daerah Indonesia.

Pasalnya, saat ini keberadaan dokter spesialis hanya numpuk di kota-kota besar, seperti Jakarta, Yogyakarta, Sulawesi Utara, dan Bali, sementara daerah lainnya hanya seadanya.

Dalam perpres tersebut diatur bagi dokter yang melanjutkan spesialis di perguruan tinggi dengan biaya mandiri wajib bekerja dengan penempatan di daerah paling singkat selama satu tahun.

Sedangkan bagi dokter penerima beasiswa yang diberikan oleh pemerintah pada program spesialis dua hingga empat tahun.

Bagi dokter yang menolak penempatan kerja di daerah maka akan dikenakan sanksi tidak dikeluarkannya Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai dokter spesialis.

Dengan tidak dikeluarkannya Surat Tanda Registrasi (STR) tersebut seorang dokter spesialis tidak akan bisa membuka praktik secara mandiri.

Menurut Usman berbagai daerah saat ini membutuhkan dokter spesialis dengan prioritas spesialis anak, spesialis penyakit dalam, spesialis obstetri dan ginekologi, spesialis bedah, serta spesialis anestesi dan terapi intensif.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
YLKI nilai BPOM kecolongan soal uji obat
Health - Sabtu, 17 Februari 2018 - 12:55 WIB

YLKI nilai BPOM kecolongan soal uji obat

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai Badan Pengawas Obat dan Makanan kecolongan dalam kasus Albothyl yang telah dibekukan izin edarnya. ...
PT Pharos resmi tarik peredaran Albothyl
Health - Sabtu, 17 Februari 2018 - 11:14 WIB

PT Pharos resmi tarik peredaran Albothyl

Setelah pembekuan izin edar Albothyl yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), PT Pharos Indonesia menyatakan akan menarik peredaran ...
Jomblo Lebih Boros dari yang Sudah Menikah, Ini Sebabnya
Trends - Sabtu, 10 Februari 2018 - 09:13 WIB

Jomblo Lebih Boros dari yang Sudah Menikah, Ini Sebabnya

Banyak yang berpikir bahwa menjadi single atau jomblo bisa lebih hemat daripada yang sudah menikah.Sebab jomblo hanya akan membiayai dirinya ...
Awas! Sebagian Besar Perokok Berawal dari Coba-coba
Health - Senin, 5 Februari 2018 - 09:59 WIB

Awas! Sebagian Besar Perokok Berawal dari Coba-coba

"Ayam berkokok di atas genteng, gak merokok gak ganteng."Pepatah demikian seringkali terdengar dari mulut para remaja yang menggandrungi rokok.Rokok nyatanya ...
Bupati Lebak kembali viral, panjat pohon durian setinggi lima meter
Woman - Sabtu, 3 Februari 2018 - 10:10 WIB

Bupati Lebak kembali viral, panjat pohon durian setinggi lima meter

Tingkah Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya kembali menghebohkan dan viral di media sosial. Beberapa waktu lalu, video Iti Octavia ...
Olympic City gelar kompetisi maskot berhadiah puluhan juta tertarik ?
Style - Senin, 29 Januari 2018 - 11:17 WIB

Olympic City gelar kompetisi maskot berhadiah puluhan juta tertarik ?

Diawal tahun ini Olympic City ingin melibatkan masyarakat umum khususnya anak muda memberikan wadah untuk Mengembangkan ide kreatifitas dalam bentuk pembuatan desain Mascot Competition. Sesuai ...