Rabu, 16 Januari 2019 | 19.43 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Hamil di Usia 30 Tahun Perbesar Kemungkinan Anak Kembar

Hamil di Usia 30 Tahun Perbesar Kemungkinan Anak Kembar

Reporter : Rini Siregar | Selasa, 7 Februari 2017 - 15:47 WIB

IMG-430

Bayi kembar. (Ilustrasi)

Jakarta, kini.co.id – Banyak pasangan yang mendambakan anak kembar. Selain jarang terjadi, memiliki anak kembar juga dianggap cara efisien untuk menghasilkan keturunan lebih banyak dalam sekali kehamilan.

Seringkali, harapan para orangtua untuk memiliki anak kembar harus pupus. Sebab salahsatu faktor penting adalah garis keturunan kembar dalam keluarganya tidak ada.

Namun sebenarnya peluang memiliki anak kembar tanpa memiliki riwayat kembar dalam keluarga lumayan besar. Apalagi ketika ibu menunggu usia 30 tahun untuk hamil.

Sebab, ketika perempuan hamil di umur 30 tahun, lebih dari satu telur dapat dilepaskan, sehingga memungkinkan lebih dari satu sel telur dibuahi untuk ditanam ke dalam rahim.

Selain itu, cara lain adalah terapi infertilitas. Cara ini bisa menggunakan obat peningkat kesuburan ataupun lewat cara bayi tabung.

Bagi perempuan yang menjalani fertilisasi in vitro (bayi tabung), kemungkinan memiliki lebih dari satu anak adalah sekitar 20 sampai 40 persen.

Selain itu, penggunaan metode bayi tabung juga memperbesar kemungkinan kehamilan.

dr Suci Dwi Putri dari situs Klik Dokter juga mengatakan fertilisasi in vitro adalah prosedur memasukkan embrio multipel ke dalam rahim guna meningkatkan kemungkinan kehamilan dan meningkatkan kemungkinan anak kembar.

“Sekitar 25 sampai 30 persen kehamilan dari IVF adalah kembar, lima persen kembar tiga, dan satu persen adalah kembar empat,” ucapnya.

Ia juga menyarankan para orangtua yang ingin memiliki anak kembar berkonsultasi dengan dokter kesuburan baik sebelum menikah dan saat merencanakan kehamilan.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Hikmah - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

Ahok segera bebas, dia dijemput keluarga di Mako Brimob

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI itu akan keluar dari Mako ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:29 WIB

Suka Tidur Pakai Kipas Angin, Ini Bahayanya

Kipas angin seringkali menjadi pilihan untuk menyejukkan ruangan selain Air Conditioner. Kipas angin yang lebih ekonomis dan juga praktis karena ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:16 WIB

Anak Tidak Diimunisasi Benarkah Tetap Sehat?

Seiring pemerintah menggalakkan program imunisasi untuk anak-anak, muncul juga kaum yang berbeda pendapat.Menurut mereka, anak-anak mereka sehat-sehat saja meski tidak ...
Trends - Jumat, 11 Januari 2019 - 14:44 WIB

Diajak ML Sama Pacar, Begini Cara Menolaknya

Seks bebas seperti sudah menjadi makanan sehari-hari remaja di Indonesia. Mereka yang pacaran sudah gampang saja melakukan hubungan seks bagaikan ...
Style - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:20 WIB

Agnez Mo jadi artis Indonesia paling populer di Twitter pada 2018

MESKI saat ini tengah fokus dengan karier bermusiknya di Amerika Serikat, namun tak berarti popularitas Agnez Mo di Tanah Air ...
Health - Selasa, 8 Januari 2019 - 21:45 WIB

Rahasia umur panjang penduduk di 5 wilayah di dunia

DI DUNIA, ada lima daerah yang disebut blue zone—tempat orang yang secara konsisten hidup dengan usia panjang. Kelima daerah itu ...