Rabu, 22 November 2017 | 04.22 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Hamil di Usia 30 Tahun Perbesar Kemungkinan Anak Kembar

Hamil di Usia 30 Tahun Perbesar Kemungkinan Anak Kembar

Reporter : Rini Siregar | Selasa, 7 Februari 2017 - 15:47 WIB

IMG-430

Bayi kembar. (Ilustrasi)

Jakarta, kini.co.id – Banyak pasangan yang mendambakan anak kembar. Selain jarang terjadi, memiliki anak kembar juga dianggap cara efisien untuk menghasilkan keturunan lebih banyak dalam sekali kehamilan.

Seringkali, harapan para orangtua untuk memiliki anak kembar harus pupus. Sebab salahsatu faktor penting adalah garis keturunan kembar dalam keluarganya tidak ada.

Namun sebenarnya peluang memiliki anak kembar tanpa memiliki riwayat kembar dalam keluarga lumayan besar. Apalagi ketika ibu menunggu usia 30 tahun untuk hamil.

Sebab, ketika perempuan hamil di umur 30 tahun, lebih dari satu telur dapat dilepaskan, sehingga memungkinkan lebih dari satu sel telur dibuahi untuk ditanam ke dalam rahim.

Selain itu, cara lain adalah terapi infertilitas. Cara ini bisa menggunakan obat peningkat kesuburan ataupun lewat cara bayi tabung.

Bagi perempuan yang menjalani fertilisasi in vitro (bayi tabung), kemungkinan memiliki lebih dari satu anak adalah sekitar 20 sampai 40 persen.

Selain itu, penggunaan metode bayi tabung juga memperbesar kemungkinan kehamilan.

dr Suci Dwi Putri dari situs Klik Dokter juga mengatakan fertilisasi in vitro adalah prosedur memasukkan embrio multipel ke dalam rahim guna meningkatkan kemungkinan kehamilan dan meningkatkan kemungkinan anak kembar.

“Sekitar 25 sampai 30 persen kehamilan dari IVF adalah kembar, lima persen kembar tiga, dan satu persen adalah kembar empat,” ucapnya.

Ia juga menyarankan para orangtua yang ingin memiliki anak kembar berkonsultasi dengan dokter kesuburan baik sebelum menikah dan saat merencanakan kehamilan.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Buat kamu calon pengantin, Grandkemang Jakarta tawarkan honeymoon ke Bali gratis
Style - Minggu, 19 November 2017 - 11:10 WIB

Buat kamu calon pengantin, Grandkemang Jakarta tawarkan honeymoon ke Bali gratis

Dalam menyambut helatan Wedding Celebration Festival (WCF) 2017 yang akan berlangsung pada 24-26 November di Jakarta Convention Center (JCC). Grandkemang ...
Pasar fashion hijab di Indonesia menjanjikan
Style - Sabtu, 18 November 2017 - 12:22 WIB

Pasar fashion hijab di Indonesia menjanjikan

Presiden Jokowi memberikan isyarat bagi keluarga besar alumni Himpunan Mahasiswa Islam mengenai peluang industri fashion hijab.Pemerintah kata Jokowi sedang memberikan ...
Psikolog: LGBT Bisa Lebih Posesif dari Pasangan Normal
Hikmah - Sabtu, 18 November 2017 - 09:52 WIB

Psikolog: LGBT Bisa Lebih Posesif dari Pasangan Normal

Banyaknya kasus pembunuhan akibat kecemburuan oleh pasangan sejenis seringkali membuat miris.Teranyar, pembunuhan laki-laki di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, yang ...
Dunia adalah perhiasan dan wanita puncak kesenangan
Hikmah - Kamis, 16 November 2017 - 19:49 WIB

Dunia adalah perhiasan dan wanita puncak kesenangan

Hakikat kecantikan seorang perempuan, bukan Ia yang gemar bersolek, memanjakan diri untuk menarik perhatian lawan jenis. Karena perempuan yang dianggap ...
Bahaya intai dari obat nyamuk bakar
Health - Senin, 13 November 2017 - 02:16 WIB

Bahaya intai dari obat nyamuk bakar

Demi mengusir nyamuk, masyarakat masih banyak menggunakan obat nyamuk bakar. Selain harganya juga murah, obat nyamuk bakar cukup ampuh dalam ...
Masyarakat Harus Tahu, Obat Herbal Tak Sembuhkan Kanker
Health - Jumat, 10 November 2017 - 09:25 WIB

Masyarakat Harus Tahu, Obat Herbal Tak Sembuhkan Kanker

Gencarnya promosi obat-obatan herbal yang konon dapat menyembuhkan segala penyakit termasuk kanker tampaknya harus dibarengi dengan pengetahuan masyarakat.Nyatanya, hingga saat ...