Senin, 25 September 2017 | 07.34 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Hamil di Usia 30 Tahun Perbesar Kemungkinan Anak Kembar

Hamil di Usia 30 Tahun Perbesar Kemungkinan Anak Kembar

Reporter : Rini Siregar | Selasa, 7 Februari 2017 - 15:47 WIB

IMG-430

Bayi kembar. (Ilustrasi)

Jakarta, kini.co.id – Banyak pasangan yang mendambakan anak kembar. Selain jarang terjadi, memiliki anak kembar juga dianggap cara efisien untuk menghasilkan keturunan lebih banyak dalam sekali kehamilan.

Seringkali, harapan para orangtua untuk memiliki anak kembar harus pupus. Sebab salahsatu faktor penting adalah garis keturunan kembar dalam keluarganya tidak ada.

Namun sebenarnya peluang memiliki anak kembar tanpa memiliki riwayat kembar dalam keluarga lumayan besar. Apalagi ketika ibu menunggu usia 30 tahun untuk hamil.

Sebab, ketika perempuan hamil di umur 30 tahun, lebih dari satu telur dapat dilepaskan, sehingga memungkinkan lebih dari satu sel telur dibuahi untuk ditanam ke dalam rahim.

Selain itu, cara lain adalah terapi infertilitas. Cara ini bisa menggunakan obat peningkat kesuburan ataupun lewat cara bayi tabung.

Bagi perempuan yang menjalani fertilisasi in vitro (bayi tabung), kemungkinan memiliki lebih dari satu anak adalah sekitar 20 sampai 40 persen.

Selain itu, penggunaan metode bayi tabung juga memperbesar kemungkinan kehamilan.

dr Suci Dwi Putri dari situs Klik Dokter juga mengatakan fertilisasi in vitro adalah prosedur memasukkan embrio multipel ke dalam rahim guna meningkatkan kemungkinan kehamilan dan meningkatkan kemungkinan anak kembar.

“Sekitar 25 sampai 30 persen kehamilan dari IVF adalah kembar, lima persen kembar tiga, dan satu persen adalah kembar empat,” ucapnya.

Ia juga menyarankan para orangtua yang ingin memiliki anak kembar berkonsultasi dengan dokter kesuburan baik sebelum menikah dan saat merencanakan kehamilan.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Tips Turun Berat Badan 8 Kg ! Yuk Ikuti
Woman - Sabtu, 23 September 2017 - 10:27 WIB

Tips Turun Berat Badan 8 Kg ! Yuk Ikuti

Berat badan yang normal untuk seorang wanita adalah 45-50 Kg, jika lebih dari yang sudah di tetapkan maka wanita tersebut ...
Es Pelangi Kopyor Enak Disajikan Pada Siang Hari
Food - Jumat, 22 September 2017 - 15:34 WIB

Es Pelangi Kopyor Enak Disajikan Pada Siang Hari

Saat menikmati santai dirumah pada siang hari biasanya ibu-ibu yang sudah memiliki anak dan suami duduk di ruang tamu untuk ...
Mencabut Bulu Ketiak Bisa Menyebabkan Kanker Payudara
Woman - Jumat, 22 September 2017 - 11:36 WIB

Mencabut Bulu Ketiak Bisa Menyebabkan Kanker Payudara

Para wanita biasa nya sering melakukan aktifitas mencabut bulu ketiak, Wanita melakukan cabut bulu ketiak karna untuk memaksimalkan penampilan saat ...
Lewat’Soul Travellers’, 39 penjelajah ajak generasi muda jajaki dunia
Style - Jumat, 22 September 2017 - 11:02 WIB

Lewat’Soul Travellers’, 39 penjelajah ajak generasi muda jajaki dunia

Melalui pengalaman dari 39 penjelajah dunia berkebangsaan Indonesia, sebuah novel berjudul “Soul Travellers: Turning Miles into Memories” yang diterbitkan oleh ...
Cara Membersihkan Selulit Dari Badan
Woman - Rabu, 20 September 2017 - 14:21 WIB

Cara Membersihkan Selulit Dari Badan

Selulit adalah garis-garis putih atau gumpalan lemak yang terdapat di bagian tubuh terutama di paha dan sekitarnya. Selulit sangatlah mengganggu ...
Pengguna Inex !! Ini 7 Cara Menghilangkannya Secara Alami
Health - Rabu, 20 September 2017 - 10:33 WIB

Pengguna Inex !! Ini 7 Cara Menghilangkannya Secara Alami

Inex Atau Ekstasi yang terkenal didalam dunia malam atau di tempat hiburan malam kini semangkin banyak saja penggemar obat ini. ...