Rabu, 22 November 2017 | 21.43 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Ini Kenapa Minum Kopi Sebelum Sarapan Tidak Dianjurkan

Ini Kenapa Minum Kopi Sebelum Sarapan Tidak Dianjurkan

Reporter : Ade Pane | Senin, 20 Februari 2017 - 16:32 WIB

IMG-513

Ilustrasi

kini.co.id – Di kehidupan saat ini, banyak sekali orang-orang yang memulai harinya dengan meminum kopi sebagai pengganti sarapan sebelum memulai aktivitasnya.

Namun, ternyata meminum kopi saat perut kosong di pagi hari merupakan bukan ide bagus dan sangat tidak dianjurkan.

Berikut tiga akibat yang bisa terjadi jika Anda nekat minum kopi sebelum mengisi perut dengan makanan padat seperti dikuti dari HelloSehat.com.

1. Meningkatkan kadar asam lambung

Asam lambung memiliki peran penting dalam mendukungg kelancaran pencernaan makanan dan diproduksi ketika Anda makan, mencium aroma makanan, atau bahkan saat sedang memikirkan makanan.

Di sisi lain, asam lambung adalah cairan bersifat korosif kuat yang jika dibiarkan menggenang dalam lambung tanpa ada makanan apapun untuk diolah, dapat merusak lapisan lambung setelah paparan berulang.

Kopi, bahkan kopi dekafein (decaf) sekalipun, telah terbukti untuk merangsang produksi asam. Oleh karena itu, minum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan tingkat keasaman perut yang kemudian menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

2. Menjadi mudah stres dan cemas

Pada umumnya, minum kopi menimbulkan kegelisahan, stres dan perubahan suasana hati. Selain itu, tingkat serotonin — hormon pemicu rasa tenang dan bahagia — yang diproduksi otak pada dasarnya rendah sepanjang pagi hari. Ketika Anda minum kopi saat perut kosong di pagi hari, efek negatif ini dipercaya dapat lebih memburuk.

Kafein merangsang sistem saraf Anda, yang berarti terlalu banyak kopi dapat mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Hal tersebut lantas membuat Anda menjadi lebih mudah merasa cemas dan stres.

Selain itu, kafein dapat membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi sehingga berpotensi memicu gejala dehidrasi yang bisa menguras energi dan menyebabkan sakit kepala.

3. Menekan produksi hormon kortisol

Minum kopi saat perut kosong di pagi hari dapat mengganggu produksi kortisol, komponen penting dari jam sirkadian, alarm alami tubuh yang membantu kita bangun di pagi hari dan membuat kita mengantuk di malam hari.

Di pagi hari, otak melepaskan begitu banyak produksi kortisol untuk membangunkan kita. Ketika Anda langsung minum kopi setelah bangun tidur, ini menyebabkan produksi kortisol menurun dan tubuh jadi lebih bergantung pada kafein untuk bikin melek.

Jika dilakukan terus menerus, tubuh akan menjadi ketergantungan terhadap kafein yang justru menyebabkan tubuh menjadi kebal terhadap efek kafein. Hal tersebut kemudian membuat Anda terjebak dalam lingkaran setan usaha sia-sia konsumsi kopi di pagi hari demi membangunkan tubuh.

Lalu bagaimana caranya agar tetap aman saat minum kopi di pagi hari?

Jika Anda tetap ingin mendapatkan dosis kafein harian tanpa harus berhadapan dengan perut mulas, para pakar menyarankan untuk minum kopi setelah makan makanan padat.

Minumlah secangkir air hangat begitu bangun tidur dan kemudian makan sarapan Anda sebelum akhirnya menyeruput kopi favorit Anda.

Jika sarapan bukanlah solusi yang baik untuk Anda saat ini, Anda bisa menambahkan susu atau sesendok mentega ke dalam kopi hitam Anda. Hal itu dapat membantu tubuh Anda mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi lainnya, sehingga dapat mengurangi efek buruk dari kafein pada perut kosong.

Selain minum kopi saat perut kosong di pagi hari, meneguk kopi sebelum tidur malam juga berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Riset kesehatan sebagai ‘kultur’ Ajinomoto
Food - Rabu, 22 November 2017 - 17:52 WIB

Riset kesehatan sebagai ‘kultur’ Ajinomoto

Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa Ajinomoto Co hanya fokus pada pembuatan penyedap makanan, meski hal itu benar namun banyaknya ...
Buat kamu calon pengantin, Grandkemang Jakarta tawarkan honeymoon ke Bali gratis
Style - Minggu, 19 November 2017 - 11:10 WIB

Buat kamu calon pengantin, Grandkemang Jakarta tawarkan honeymoon ke Bali gratis

Dalam menyambut helatan Wedding Celebration Festival (WCF) 2017 yang akan berlangsung pada 24-26 November di Jakarta Convention Center (JCC). Grandkemang ...
Pasar fashion hijab di Indonesia menjanjikan
Style - Sabtu, 18 November 2017 - 12:22 WIB

Pasar fashion hijab di Indonesia menjanjikan

Presiden Jokowi memberikan isyarat bagi keluarga besar alumni Himpunan Mahasiswa Islam mengenai peluang industri fashion hijab.Pemerintah kata Jokowi sedang memberikan ...
Psikolog: LGBT Bisa Lebih Posesif dari Pasangan Normal
Hikmah - Sabtu, 18 November 2017 - 09:52 WIB

Psikolog: LGBT Bisa Lebih Posesif dari Pasangan Normal

Banyaknya kasus pembunuhan akibat kecemburuan oleh pasangan sejenis seringkali membuat miris.Teranyar, pembunuhan laki-laki di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, yang ...
Dunia adalah perhiasan dan wanita puncak kesenangan
Hikmah - Kamis, 16 November 2017 - 19:49 WIB

Dunia adalah perhiasan dan wanita puncak kesenangan

Hakikat kecantikan seorang perempuan, bukan Ia yang gemar bersolek, memanjakan diri untuk menarik perhatian lawan jenis. Karena perempuan yang dianggap ...
Bahaya intai dari obat nyamuk bakar
Health - Senin, 13 November 2017 - 02:16 WIB

Bahaya intai dari obat nyamuk bakar

Demi mengusir nyamuk, masyarakat masih banyak menggunakan obat nyamuk bakar. Selain harganya juga murah, obat nyamuk bakar cukup ampuh dalam ...