Selasa, 20 Februari 2018 | 06.42 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Ini Kenapa Minum Kopi Sebelum Sarapan Tidak Dianjurkan

Ini Kenapa Minum Kopi Sebelum Sarapan Tidak Dianjurkan

Reporter : Bayu Putra | Senin, 20 Februari 2017 - 16:32 WIB

IMG-513

Ilustrasi

kini.co.id – Di kehidupan saat ini, banyak sekali orang-orang yang memulai harinya dengan meminum kopi sebagai pengganti sarapan sebelum memulai aktivitasnya.

Namun, ternyata meminum kopi saat perut kosong di pagi hari merupakan bukan ide bagus dan sangat tidak dianjurkan.

Berikut tiga akibat yang bisa terjadi jika Anda nekat minum kopi sebelum mengisi perut dengan makanan padat seperti dikuti dari HelloSehat.com.

1. Meningkatkan kadar asam lambung

Asam lambung memiliki peran penting dalam mendukungg kelancaran pencernaan makanan dan diproduksi ketika Anda makan, mencium aroma makanan, atau bahkan saat sedang memikirkan makanan.

Di sisi lain, asam lambung adalah cairan bersifat korosif kuat yang jika dibiarkan menggenang dalam lambung tanpa ada makanan apapun untuk diolah, dapat merusak lapisan lambung setelah paparan berulang.

Kopi, bahkan kopi dekafein (decaf) sekalipun, telah terbukti untuk merangsang produksi asam. Oleh karena itu, minum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan tingkat keasaman perut yang kemudian menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

2. Menjadi mudah stres dan cemas

Pada umumnya, minum kopi menimbulkan kegelisahan, stres dan perubahan suasana hati. Selain itu, tingkat serotonin — hormon pemicu rasa tenang dan bahagia — yang diproduksi otak pada dasarnya rendah sepanjang pagi hari. Ketika Anda minum kopi saat perut kosong di pagi hari, efek negatif ini dipercaya dapat lebih memburuk.

Kafein merangsang sistem saraf Anda, yang berarti terlalu banyak kopi dapat mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Hal tersebut lantas membuat Anda menjadi lebih mudah merasa cemas dan stres.

Selain itu, kafein dapat membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi sehingga berpotensi memicu gejala dehidrasi yang bisa menguras energi dan menyebabkan sakit kepala.

3. Menekan produksi hormon kortisol

Minum kopi saat perut kosong di pagi hari dapat mengganggu produksi kortisol, komponen penting dari jam sirkadian, alarm alami tubuh yang membantu kita bangun di pagi hari dan membuat kita mengantuk di malam hari.

Di pagi hari, otak melepaskan begitu banyak produksi kortisol untuk membangunkan kita. Ketika Anda langsung minum kopi setelah bangun tidur, ini menyebabkan produksi kortisol menurun dan tubuh jadi lebih bergantung pada kafein untuk bikin melek.

Jika dilakukan terus menerus, tubuh akan menjadi ketergantungan terhadap kafein yang justru menyebabkan tubuh menjadi kebal terhadap efek kafein. Hal tersebut kemudian membuat Anda terjebak dalam lingkaran setan usaha sia-sia konsumsi kopi di pagi hari demi membangunkan tubuh.

Lalu bagaimana caranya agar tetap aman saat minum kopi di pagi hari?

Jika Anda tetap ingin mendapatkan dosis kafein harian tanpa harus berhadapan dengan perut mulas, para pakar menyarankan untuk minum kopi setelah makan makanan padat.

Minumlah secangkir air hangat begitu bangun tidur dan kemudian makan sarapan Anda sebelum akhirnya menyeruput kopi favorit Anda.

Jika sarapan bukanlah solusi yang baik untuk Anda saat ini, Anda bisa menambahkan susu atau sesendok mentega ke dalam kopi hitam Anda. Hal itu dapat membantu tubuh Anda mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi lainnya, sehingga dapat mengurangi efek buruk dari kafein pada perut kosong.

Selain minum kopi saat perut kosong di pagi hari, meneguk kopi sebelum tidur malam juga berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
YLKI nilai BPOM kecolongan soal uji obat
Health - Sabtu, 17 Februari 2018 - 12:55 WIB

YLKI nilai BPOM kecolongan soal uji obat

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai Badan Pengawas Obat dan Makanan kecolongan dalam kasus Albothyl yang telah dibekukan izin edarnya. ...
PT Pharos resmi tarik peredaran Albothyl
Health - Sabtu, 17 Februari 2018 - 11:14 WIB

PT Pharos resmi tarik peredaran Albothyl

Setelah pembekuan izin edar Albothyl yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), PT Pharos Indonesia menyatakan akan menarik peredaran ...
Jomblo Lebih Boros dari yang Sudah Menikah, Ini Sebabnya
Trends - Sabtu, 10 Februari 2018 - 09:13 WIB

Jomblo Lebih Boros dari yang Sudah Menikah, Ini Sebabnya

Banyak yang berpikir bahwa menjadi single atau jomblo bisa lebih hemat daripada yang sudah menikah.Sebab jomblo hanya akan membiayai dirinya ...
Awas! Sebagian Besar Perokok Berawal dari Coba-coba
Health - Senin, 5 Februari 2018 - 09:59 WIB

Awas! Sebagian Besar Perokok Berawal dari Coba-coba

"Ayam berkokok di atas genteng, gak merokok gak ganteng."Pepatah demikian seringkali terdengar dari mulut para remaja yang menggandrungi rokok.Rokok nyatanya ...
Bupati Lebak kembali viral, panjat pohon durian setinggi lima meter
Woman - Sabtu, 3 Februari 2018 - 10:10 WIB

Bupati Lebak kembali viral, panjat pohon durian setinggi lima meter

Tingkah Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya kembali menghebohkan dan viral di media sosial. Beberapa waktu lalu, video Iti Octavia ...
Olympic City gelar kompetisi maskot berhadiah puluhan juta tertarik ?
Style - Senin, 29 Januari 2018 - 11:17 WIB

Olympic City gelar kompetisi maskot berhadiah puluhan juta tertarik ?

Diawal tahun ini Olympic City ingin melibatkan masyarakat umum khususnya anak muda memberikan wadah untuk Mengembangkan ide kreatifitas dalam bentuk pembuatan desain Mascot Competition. Sesuai ...