Sunday, 22 July 2018 | 19.37 WIB
KiniNEWS>Gaya>Trends>Adakah Manfaat Sering Menonton Film Horor ?

Adakah Manfaat Sering Menonton Film Horor ?

Reporter : Bayu Putra | Wednesday, 22 February 2017 - 20:20 WIB

IMG-522

Ilustrasi film horor. (ist)

kini.co.id – Para ilmuan menyebutkan, adegan seram di film horor bisa menjadi obat untuk penderita masalah mental. Walaupun sedikit orang yang suka menikmati dan berani menonton film mengerikan ini.

Bentuk ingatan yang dilihat dari film horor biasanya menghasilkan masalah mental baru. Apalagi jika berlebihan larut dalam bayang-bayang ketakutan.

Para peneliti dari Universitas California Irvine (UCI) di Amerika Serikat telah merekam aktivitas neuron dengan menggunakan elektroda yang diselipkan di amygdala dan hippocampus (dua bagian di otak), pada sembilan orang saat mereka menyakiskan adegan film horor untuk merangsang munculnya rasa takut.

“Elektroda di dalam otak menangkap gerakan neuron yang melesat setiap milidetik dan mengungkapkan dalam waktu yang sesungguhnya bagaimana otak mempengaruhi stimuli ketakutan,” ucap alumnus ICU, Zheng Jie.

Menurut peneliti, amygdala dan hippocampus memegang peran penting untuk mengenali stimuli emosional dan melekatkannya di memori.

“Nyatanya, neuron di amygdala dilepaskan 120 milidetik lebih awal dari yang di hippocampus. Kami bisa menghitung dinamika otak dengan presisi seperti itu,” kata Zheng lagi.

Penelitian terhadap manusia dan hewan menunjukkan peran amygdala dalam memproses rasa takut dan peran setara hippocampus untuk meningkatkan proses memori dari peristiwa-peristiwa emosional.

Dengan mengerti aktivasi dari jaringan otak dalam memproses stimuli rasa takut, sangat berpengaruh untuk mengembangkan cara penyembuhan baru masalah mental. Hasil penelitian itu diterbitkan di jurnal Nature Communications.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Food - Monday, 11 December 2017 - 18:36 WIB

Jamuan tahu campur menteri Imam Nahrawi

Peserta Kirab Pemuda Indonesia 2017 yag dijamu di rumah dinas Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, di Jalan Widya Chandra, ...
Woman - Monday, 4 December 2017 - 08:03 WIB

Cantiknya wanita suku Tajik di China, ga ada sipit-sipitnya

Dengan penduduk sekitar 30.000 jiwa, suku Tajik tinggal di kota Tashkurgan yang terletak di dataran pegunungan Pamir di sepanjang perbatasan ...
Hikmah - Sunday, 3 December 2017 - 09:04 WIB

Ketika Al Liwa dan ar Rayah masih jadi nyinyiran

Dalam reuni 212 di Monas, Sabtu (2/12) kemarin, ratusan bendera tauhid baik berwarna hitam maupun putih berkibar di tengah-tengah lautan ...
Trends - Friday, 1 December 2017 - 17:45 WIB

Tipe – tipe netizen, yang terakhir bikin sakit kepala

Dijaman secanggih ini nih apa - apa share di sosial media entah itu cuman curhat, foto, video, berita dan lainnya. ...
Trends - Thursday, 30 November 2017 - 16:38 WIB

Olympic Furniture “Ekspansi” ke bsnis property

Bertepatan dengan hari Bangkit Olympic Group yang digelar setiap tanggal 29 November, Olympic City menggelar acara peletakan batu pertama atau groundbreaking infrastruktur ...
Trends - Monday, 27 November 2017 - 17:14 WIB

Puluhan kamera ‘bidik’ model MALE Indonesia dalam Glam Photohunt 2017

Puluhan kamera fotografer amatir dan pro, Sabtu (25/11) lalu tampak menahan nafasnya dengan bidikan objek yang aduhai.Namun dengan tetap semangat ...
Place your ads here...