Kamis, 26 April 2018 | 08.36 WIB
KiniNEWS>Gaya>Woman>Berhijab? Ini Tips Hindari Rambut Lepek dan Rontok

Berhijab? Ini Tips Hindari Rambut Lepek dan Rontok

Reporter : Rini Siregar | Sabtu, 25 Februari 2017 - 12:37 WIB

IMG-538

Ilustrasi

kini.co.id – Rata-rata wanita berhijab memiliki masalah yang sama pada pada rambutnya, yaitu gampang lepek, rontok, dan mudah ketombean.

Untuk itu, bagi Anda wanita berhijab, ada baiknya untuk memahami bagaimana cara merawat rambut dengan benar agar rambut Anda tetap sehat walau tertutupi oleh hijab.

Berikut beberapa tips untuk merawat rambut bagi Anda yang menggunakan hijap sehingga terhindar dari masalah rambut seperti kerontokan, dikutip dari Hautehijab, Sabtu (25/2/2017).

1. Pola ikat rambut

Biasanya, para hijabers akan mengikat rambut dengan gaya ponytail sebelum menutupinya dengan hijab agar rambut tidak berantakan. Ada dua pola ikat rambut yang bisa digunakan para hijabers, yaitu slicked back ponytail atau mengikat semua bagian rambut dengan menariknya ke bagian belakang. Kemudian ada juga side part ponytail. Gaya kuncir satu ini lebih sehat dan nyaman dibanding slicked back ponytail yang kencang. Jika mengaplikasikan gaya kuncir satu ini, pastikan rambut poni diamankan dengan penjepit rambut atau bobby pins kecil kalau Anda tidak terlalu nyaman dengan pemakaian inner hijab atau ciput.

2. Rutin ubah garis rambut

Dengan rutin mengubah garis rambut, akan membuat rambut Anda bisa lebih bernafas. Anda bisa melakukannya sehabis keramas, dengan memutar garis rambut ke arah sebaliknya dari garis rambut Anda yang biasanya, lalu biarkan kering alami.

Dengan metode ini, volume rambut Anda juga akan jauh lebih meningkat sehingga ketika sudah usai mengenakan hijab rambut tidak akan terlalu flat, tipis dan lepek.

3. Gunakan deep conditioning

Rutinlah gunakan deep conditioning treatment setidaknya sekali dalam seminggu. Krim deep conditioning dapat membantu rambut tetap terjaga kelembapannya, membuat rambut lebih kuat sekaligus elastis, serta dapat menjaga kesehatan tiap helai rambut dan kulit kepala secara keseluruhan. Jika menggunakan deep conditioner yang dijual di pasaran, pastikan rambut telah dicuci bersih dengan sampo terlebih dahulu. Hal ini berbeda dengan menggunakan minyak alami seperti zaitun yang sah-sah saja diaplikasikan ke rambut yang kering.

4. Rutin pangkas ujung rambut

Rambut yang sering dikuncir ataupun digelung karena mengenakan hijab, biasanya pada bagian ujungnya akan lebih gampang rusak. Untuk menghindari kerusakan ujung rambut ini, rutinlah memangkas ujung-ujung rambut paling tidak sebulan sekali.

Metode ini juga bertujuan agar rambut yang kembali tumbuh, adalah helai rambut baru yang sehat.

5. Beri jeda nafas

Saat di rumah dan tidak menggunakan hijab, ada baiknya jika Anda membiarkan rambut tergerai alami. Cara ini bisa membuat rambut setidaknya sedikit bernafas.

6. Rajin pijat kulit kepala

Salah satu cara untuk menyehatkan kulit kepala adalah dengan rajin memberikan pijatan kulit kepala. Cara ini juga dapat memperlancar sirkulasi darah di area sekitar kulit kepala yang vital untuk pertumbuhan rambut.

Caranya cukup mudah yaitu beri tekanan pelan dengan bantuan ujung jari jemari tangan (bukan kuku) dari mulai garis kening (forehead hairline) di kedua sisi kepala. Kemudian pijat dengan gerakan memutar yang teratur selama beberapa menit. Lakukan dengan gerakan memutar yang teratur mulai dari bagian depan hingga ujung belakang kepala.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Jamuan tahu campur menteri Imam Nahrawi
Food - Senin, 11 Desember 2017 - 18:36 WIB

Jamuan tahu campur menteri Imam Nahrawi

Peserta Kirab Pemuda Indonesia 2017 yag dijamu di rumah dinas Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, di Jalan Widya Chandra, ...
Cantiknya wanita suku Tajik di China, ga ada sipit-sipitnya
Woman - Senin, 4 Desember 2017 - 08:03 WIB

Cantiknya wanita suku Tajik di China, ga ada sipit-sipitnya

Dengan penduduk sekitar 30.000 jiwa, suku Tajik tinggal di kota Tashkurgan yang terletak di dataran pegunungan Pamir di sepanjang perbatasan ...
Ketika Al Liwa dan ar Rayah masih jadi nyinyiran
Hikmah - Minggu, 3 Desember 2017 - 09:04 WIB

Ketika Al Liwa dan ar Rayah masih jadi nyinyiran

Dalam reuni 212 di Monas, Sabtu (2/12) kemarin, ratusan bendera tauhid baik berwarna hitam maupun putih berkibar di tengah-tengah lautan ...
Tipe – tipe netizen, yang terakhir bikin sakit kepala
Trends - Jumat, 1 Desember 2017 - 17:45 WIB

Tipe – tipe netizen, yang terakhir bikin sakit kepala

Dijaman secanggih ini nih apa - apa share di sosial media entah itu cuman curhat, foto, video, berita dan lainnya. ...
Olympic Furniture “Ekspansi” ke bsnis property
Trends - Kamis, 30 November 2017 - 16:38 WIB

Olympic Furniture “Ekspansi” ke bsnis property

Bertepatan dengan hari Bangkit Olympic Group yang digelar setiap tanggal 29 November, Olympic City menggelar acara peletakan batu pertama atau groundbreaking infrastruktur ...
Puluhan kamera ‘bidik’ model MALE Indonesia dalam Glam Photohunt 2017
Trends - Senin, 27 November 2017 - 17:14 WIB

Puluhan kamera ‘bidik’ model MALE Indonesia dalam Glam Photohunt 2017

Puluhan kamera fotografer amatir dan pro, Sabtu (25/11) lalu tampak menahan nafasnya dengan bidikan objek yang aduhai.Namun dengan tetap semangat ...