Minggu, 25 Februari 2018 | 14.06 WIB
KiniNEWS>Gaya>Style>Lamar Kerjaan? Hindari 12 Kesalahan Ini

Lamar Kerjaan? Hindari 12 Kesalahan Ini

Reporter : Fauzan | Sabtu, 25 Februari 2017 - 15:34 WIB

IMG-541

Ilustrasi

kini.co.id – Bagi Anda yang baru pertama kali melamar pekerjaan, biasanya pasti masih bingung bagaimana cara menulis surat lamaran pekerjaan ataupun daftar riwayat hidup.

Namun, selain kedua hal tersebut sebenarnya ada banyak hal lain yang harus Anda perhatikan agar tidak membuat kesal yang membaca berkas milik Anda.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh para pelamar kerja yang diungkapkan oleh HRD, dikutip dari IDNtimes, Sabtu (25/2/2017)

1. Salah menulis nama perusahaan

Yang paling pertama dan paling banyak terjadi adalah penulisan nama perusahaan yang salah di dalam surat lamaran. Ada baiknya untuk mengecek dan memastikan ulang apakah masih ada yang kurang atau yang salah dari berkas lamaran sebelum mengirimkannya

2. Mengirim CV tanpa surat lamaran

Biasanya hal ini paling sering terjadi bila lamaran dikirimkan melalui email. Sebagian malah mengirimkan email mentah-mentah, tanpa mengisi bagian subject email. Untuk itu, sebelum mengirim lamaran lewat email, cek kembali persyaratan dan kelengkapan yang harus dicantumi dan lampirkan.

3. Pas foto dengan efek berlebihan

Sebaiknya kirim pas foto standar tanpa dikasih bright effect yang berlebihan agar tidak membuat HRD bingung saat melihat Anda secara langsung saat wawancara. Jangan lupa untuk berikan pas foto terbaru dengan blazer dan baju berkerah serta senyum percaya diri.

4. Mengisi formulir lamaran kerja dengan tidak lengkap

Beberapa perusahaan akan meminta Anda untuk mengisi formulir lagi saat tiba untuk mengikuti wawancara. Kalau Anda tidak mengisi formulir dengan lengkap, perusahaan akan menganggap Anda malas atau tidak niat mendapatkan pekerjaan itu.

5. Tidak tahu apa-apa tentang perusahaan yang dilamar

Sebelum melamar, cari tahu duhulu perusahaan yang akan Anda lamar. Jangan sampai saat sesi wawancara kamu tidak tahu apapun tetang perusahaan tersebut.

6. Hanya bertanya tetang gaji

Pertanyaan soal gaji sah-sah saja ditanyakan saat wawancara, karena itu menunjukkan kalau Anda merupakan orang yang percaya diri. Namun, kalau belum apa-apa kamu udah tanya soal gaji, HRD akan menilai kamu sebagai orang yang hanya money-oriented dan tidak peduli pada pekerjaan yang akan kamu terima. Untuk itu bersabarlah dan tunggu soal gaji dibahas sendiri oleh HRD.

7. Terlalu menjaga image

Sah-sah saja jika ingin menampilkan image kandidat yang baik. Namun kalau sampai berlebihan dengan tidak membuka dirimu di depan HRD agar image-mu terlihat tanpa cacat, hal itu bisa berbalik menyerang Anda dikemudian hari.

8. Terlalu menyombongkan diri

Niatnya sih ingin terlihat terampil dan sangat cakap. Tapi, Anda justru berbicara dengan nada sombong, menceritakan panjang lebar tentang pengalamanmu seolah menggurui HRD yang kurang paham teknis pekerjaan yang kamu geluti.

9. Menggunakan amplop berwarna-warni

Ingat, melamar kerja bukan hal main-main. Gunakannlah amplop yang memang diperuntukkan untuk hal-hal resmi.

10. Tidak nyambung saat diajak berbicara

Banyak pelamar yang tidak nyambung saat diajak ngobrol HRD. Biasanya, karena bingung, Anda justru ngobrol panjang lebar yang intinya tidak jelas sehingga sulit dipahami. Daripada ngalor-ngidul tidak jelas, HRD lebih suka jika Anda minta mereka untuk menjelaskan ulang pertanyaannya.

11. Ingin kerjaan yang santai

Jujur sama HRD boleh-boleh saja dan sangat dianjurkan. Tapi kalau Anda sampai bertanya “Kerjaannya sibuk nggak?”, mungkin HRD akan langsung menyuruh Anda keluar dari ruangan.

12. Ditunggu orangtua saat wawancara

Kalau orangtua hanya mengantar saja dan menunggu di mobil karena memang rumah Anda jauh di luar kota itu masih bisa dimaklumi. Namun, kalau sampai ikut masuk ke ruang tunggu perusahaan dan mengeluarkan banyak pertanyaan kepada HRD seolah-olah anaknya sudah pasti diterima, hal tersebut otomatis membuat mereka risih.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
YLKI nilai BPOM kecolongan soal uji obat
Health - Sabtu, 17 Februari 2018 - 12:55 WIB

YLKI nilai BPOM kecolongan soal uji obat

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai Badan Pengawas Obat dan Makanan kecolongan dalam kasus Albothyl yang telah dibekukan izin edarnya. ...
PT Pharos resmi tarik peredaran Albothyl
Health - Sabtu, 17 Februari 2018 - 11:14 WIB

PT Pharos resmi tarik peredaran Albothyl

Setelah pembekuan izin edar Albothyl yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), PT Pharos Indonesia menyatakan akan menarik peredaran ...
Jomblo Lebih Boros dari yang Sudah Menikah, Ini Sebabnya
Trends - Sabtu, 10 Februari 2018 - 09:13 WIB

Jomblo Lebih Boros dari yang Sudah Menikah, Ini Sebabnya

Banyak yang berpikir bahwa menjadi single atau jomblo bisa lebih hemat daripada yang sudah menikah.Sebab jomblo hanya akan membiayai dirinya ...
Awas! Sebagian Besar Perokok Berawal dari Coba-coba
Health - Senin, 5 Februari 2018 - 09:59 WIB

Awas! Sebagian Besar Perokok Berawal dari Coba-coba

"Ayam berkokok di atas genteng, gak merokok gak ganteng."Pepatah demikian seringkali terdengar dari mulut para remaja yang menggandrungi rokok.Rokok nyatanya ...
Bupati Lebak kembali viral, panjat pohon durian setinggi lima meter
Woman - Sabtu, 3 Februari 2018 - 10:10 WIB

Bupati Lebak kembali viral, panjat pohon durian setinggi lima meter

Tingkah Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya kembali menghebohkan dan viral di media sosial. Beberapa waktu lalu, video Iti Octavia ...
Olympic City gelar kompetisi maskot berhadiah puluhan juta tertarik ?
Style - Senin, 29 Januari 2018 - 11:17 WIB

Olympic City gelar kompetisi maskot berhadiah puluhan juta tertarik ?

Diawal tahun ini Olympic City ingin melibatkan masyarakat umum khususnya anak muda memberikan wadah untuk Mengembangkan ide kreatifitas dalam bentuk pembuatan desain Mascot Competition. Sesuai ...