Rabu, 22 November 2017 | 21.43 WIB
KiniNEWS>Gaya>Style>Lamar Kerjaan? Hindari 12 Kesalahan Ini

Lamar Kerjaan? Hindari 12 Kesalahan Ini

Reporter : Fauzan | Sabtu, 25 Februari 2017 - 15:34 WIB

IMG-541

Ilustrasi

kini.co.id – Bagi Anda yang baru pertama kali melamar pekerjaan, biasanya pasti masih bingung bagaimana cara menulis surat lamaran pekerjaan ataupun daftar riwayat hidup.

Namun, selain kedua hal tersebut sebenarnya ada banyak hal lain yang harus Anda perhatikan agar tidak membuat kesal yang membaca berkas milik Anda.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh para pelamar kerja yang diungkapkan oleh HRD, dikutip dari IDNtimes, Sabtu (25/2/2017)

1. Salah menulis nama perusahaan

Yang paling pertama dan paling banyak terjadi adalah penulisan nama perusahaan yang salah di dalam surat lamaran. Ada baiknya untuk mengecek dan memastikan ulang apakah masih ada yang kurang atau yang salah dari berkas lamaran sebelum mengirimkannya

2. Mengirim CV tanpa surat lamaran

Biasanya hal ini paling sering terjadi bila lamaran dikirimkan melalui email. Sebagian malah mengirimkan email mentah-mentah, tanpa mengisi bagian subject email. Untuk itu, sebelum mengirim lamaran lewat email, cek kembali persyaratan dan kelengkapan yang harus dicantumi dan lampirkan.

3. Pas foto dengan efek berlebihan

Sebaiknya kirim pas foto standar tanpa dikasih bright effect yang berlebihan agar tidak membuat HRD bingung saat melihat Anda secara langsung saat wawancara. Jangan lupa untuk berikan pas foto terbaru dengan blazer dan baju berkerah serta senyum percaya diri.

4. Mengisi formulir lamaran kerja dengan tidak lengkap

Beberapa perusahaan akan meminta Anda untuk mengisi formulir lagi saat tiba untuk mengikuti wawancara. Kalau Anda tidak mengisi formulir dengan lengkap, perusahaan akan menganggap Anda malas atau tidak niat mendapatkan pekerjaan itu.

5. Tidak tahu apa-apa tentang perusahaan yang dilamar

Sebelum melamar, cari tahu duhulu perusahaan yang akan Anda lamar. Jangan sampai saat sesi wawancara kamu tidak tahu apapun tetang perusahaan tersebut.

6. Hanya bertanya tetang gaji

Pertanyaan soal gaji sah-sah saja ditanyakan saat wawancara, karena itu menunjukkan kalau Anda merupakan orang yang percaya diri. Namun, kalau belum apa-apa kamu udah tanya soal gaji, HRD akan menilai kamu sebagai orang yang hanya money-oriented dan tidak peduli pada pekerjaan yang akan kamu terima. Untuk itu bersabarlah dan tunggu soal gaji dibahas sendiri oleh HRD.

7. Terlalu menjaga image

Sah-sah saja jika ingin menampilkan image kandidat yang baik. Namun kalau sampai berlebihan dengan tidak membuka dirimu di depan HRD agar image-mu terlihat tanpa cacat, hal itu bisa berbalik menyerang Anda dikemudian hari.

8. Terlalu menyombongkan diri

Niatnya sih ingin terlihat terampil dan sangat cakap. Tapi, Anda justru berbicara dengan nada sombong, menceritakan panjang lebar tentang pengalamanmu seolah menggurui HRD yang kurang paham teknis pekerjaan yang kamu geluti.

9. Menggunakan amplop berwarna-warni

Ingat, melamar kerja bukan hal main-main. Gunakannlah amplop yang memang diperuntukkan untuk hal-hal resmi.

10. Tidak nyambung saat diajak berbicara

Banyak pelamar yang tidak nyambung saat diajak ngobrol HRD. Biasanya, karena bingung, Anda justru ngobrol panjang lebar yang intinya tidak jelas sehingga sulit dipahami. Daripada ngalor-ngidul tidak jelas, HRD lebih suka jika Anda minta mereka untuk menjelaskan ulang pertanyaannya.

11. Ingin kerjaan yang santai

Jujur sama HRD boleh-boleh saja dan sangat dianjurkan. Tapi kalau Anda sampai bertanya “Kerjaannya sibuk nggak?”, mungkin HRD akan langsung menyuruh Anda keluar dari ruangan.

12. Ditunggu orangtua saat wawancara

Kalau orangtua hanya mengantar saja dan menunggu di mobil karena memang rumah Anda jauh di luar kota itu masih bisa dimaklumi. Namun, kalau sampai ikut masuk ke ruang tunggu perusahaan dan mengeluarkan banyak pertanyaan kepada HRD seolah-olah anaknya sudah pasti diterima, hal tersebut otomatis membuat mereka risih.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Riset kesehatan sebagai ‘kultur’ Ajinomoto
Food - Rabu, 22 November 2017 - 17:52 WIB

Riset kesehatan sebagai ‘kultur’ Ajinomoto

Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa Ajinomoto Co hanya fokus pada pembuatan penyedap makanan, meski hal itu benar namun banyaknya ...
Buat kamu calon pengantin, Grandkemang Jakarta tawarkan honeymoon ke Bali gratis
Style - Minggu, 19 November 2017 - 11:10 WIB

Buat kamu calon pengantin, Grandkemang Jakarta tawarkan honeymoon ke Bali gratis

Dalam menyambut helatan Wedding Celebration Festival (WCF) 2017 yang akan berlangsung pada 24-26 November di Jakarta Convention Center (JCC). Grandkemang ...
Pasar fashion hijab di Indonesia menjanjikan
Style - Sabtu, 18 November 2017 - 12:22 WIB

Pasar fashion hijab di Indonesia menjanjikan

Presiden Jokowi memberikan isyarat bagi keluarga besar alumni Himpunan Mahasiswa Islam mengenai peluang industri fashion hijab.Pemerintah kata Jokowi sedang memberikan ...
Psikolog: LGBT Bisa Lebih Posesif dari Pasangan Normal
Hikmah - Sabtu, 18 November 2017 - 09:52 WIB

Psikolog: LGBT Bisa Lebih Posesif dari Pasangan Normal

Banyaknya kasus pembunuhan akibat kecemburuan oleh pasangan sejenis seringkali membuat miris.Teranyar, pembunuhan laki-laki di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, yang ...
Dunia adalah perhiasan dan wanita puncak kesenangan
Hikmah - Kamis, 16 November 2017 - 19:49 WIB

Dunia adalah perhiasan dan wanita puncak kesenangan

Hakikat kecantikan seorang perempuan, bukan Ia yang gemar bersolek, memanjakan diri untuk menarik perhatian lawan jenis. Karena perempuan yang dianggap ...
Bahaya intai dari obat nyamuk bakar
Health - Senin, 13 November 2017 - 02:16 WIB

Bahaya intai dari obat nyamuk bakar

Demi mengusir nyamuk, masyarakat masih banyak menggunakan obat nyamuk bakar. Selain harganya juga murah, obat nyamuk bakar cukup ampuh dalam ...