Selasa, 16 Januari 2018 | 16.03 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Lebih Buruk dari Merokok, Begini Bahaya Duduk 8 Jam di Tempat Kerja

Lebih Buruk dari Merokok, Begini Bahaya Duduk 8 Jam di Tempat Kerja

Reporter : Rini Siregar | Senin, 13 Maret 2017 - 16:05 WIB

IMG-607

Ilustrasi

Jakarta, kini.co.id – Pekerjaan kadang-kadang memang mengharuskan seseorang berada di kantor untuk waktu yang lama. Bahkan setiap harinya karyawan banyak yang menghabiskan waktunya dengan duduk diam di satu tempat.

Tanpa sadar mereka telah menimbun bahaya untuk diri mereka sendiri dengan waktu lama.

Sebuah studi bahkan menunjukkan duduk selama 8 jam setiap hari memiliki resiko jauh lebih buruk daripada merokok. Kenapa?

Meningkatkan Resiko Serangan Jantung

Sebuah studi tahun 2009 terhadap 17.000 orang menunjukkan bahwa mereka yang lebih banyak menjalani harinya dengan duduk memiliki 54 persen risiko kemungkinan terkena serangan jantung.

Pada tahun 2010, studi dengan skala lebih luas terhadap 123.000 orang menunjukkan bahwa pria yang duduk selama enam jam atau lebih dalam satu hari punya risiko kematian 20 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang duduk selama tiga jam atau kurang dalam satu hari.

Kabar buruknya, bagi wanita persentase kematiannya bahkan 40 persen lebih tinggi.

Tidak Bisa Ditawar dengan Olahraga

Bagi sebagian orang, menebus kebiasaan buruk duduk terlalu lama adalah dengan melakukan olahraga berat dengan teratur.

Riset menunjukkan, bahwa meskipun rajin berolahraga saat sedang tidak duduk, risiko yang sama tetap berlaku pada tubuh manusia.

Dengan kata lain, mungkin mereka sering pergi ke tempat kebugaran tetapi kalau lebih banyak menghabiskan hari dengan duduk di tempat, berarti mereka sedang menimbun kerusakan permanen dalam tubuh.

Istirahat Panjang Kinerja Otot

Duduk juga kan mengakibatkan istirahat panjang kinerja otot sebab begitu seseorang duduk, otot-ototnya akan berhenti bekerja.

Dengan tidak bergeraknya otot maka konsumsi energi turun ke titik terendah, satu kalori per menit, atau sepertiga dari kalori yang dibakar saat berjalan.

Selain itu, produksi enzim-enzim yang bertugas untuk membersihkan lemak dalam aliran darah juga menurun, menyebabkan kadar HDL (kolesterol baik) menurun. Risiko obesitas juga naik.

“Duduk dalam jangka waktu yang lama dampaknya mematikan,” jelas Dr. James Levine, seorang periset dari Mayo Clinic yang sejak hampir 20 tahun lalu mulai menggaungkan bahaya duduk. Dengan kata lain, kursi dapat membunuhmu.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Cilok bumbu di mega proyek Bandara Kertajati
Food - Sabtu, 13 Januari 2018 - 20:42 WIB

Cilok bumbu di mega proyek Bandara Kertajati

Biasanya, cilok jajanan berbentuknya bulat, kecil, ditemui sebagai jajanan anak SD.Namun, anda akan heran jika nemuin cilok di kawasan Bandara ...
Viral pengantin pria ini pingsan usai peluk sang mantan nyanyi di pernikahannya
Trends - Jumat, 12 Januari 2018 - 14:25 WIB

Viral pengantin pria ini pingsan usai peluk sang mantan nyanyi di pernikahannya

Video seorang pengantin pria pingsan di hari pernikahannya viral di media sosial.Dalam video yang diunggah sejumlah akun media sosial itu ...
Kaya Manfaat, Bumil Jangan Ragu Konsumsi Manggis
Health - Selasa, 9 Januari 2018 - 08:54 WIB

Kaya Manfaat, Bumil Jangan Ragu Konsumsi Manggis

Masa kehamilan adalah masa dimana tubuh butuh nutrisi lebih untuk janin yang ada dalam perut berkembang dengan baik.Untuk itu para ...
Wah! Anak Kidal Bisa Terlihat dari Pantauan USG
Health - Senin, 8 Januari 2018 - 10:58 WIB

Wah! Anak Kidal Bisa Terlihat dari Pantauan USG

Anak yang berbakat kidal atau dominan menggunakan tangan dan kaki kiri ternyata sudah dapat dideteksi sejak dalam kandungan.Bahkan bakat kidal ...
Resiko Lebih Besar, Inilah Kenapa Wanita Harus Berhenti Merokok Sekarang
Health - Selasa, 2 Januari 2018 - 10:10 WIB

Resiko Lebih Besar, Inilah Kenapa Wanita Harus Berhenti Merokok Sekarang

Industri rokok di Indonesia menyasar setiap orang baik pria maupun wanita di berbagai kalangan dan umur. Terlebih di era modern, ...
Hore! Zodiak Ini Akan Terbebas dari Status Jomblo di 2018
Trends - Rabu, 27 Desember 2017 - 11:20 WIB

Hore! Zodiak Ini Akan Terbebas dari Status Jomblo di 2018

Status jomblo bukanlah masalah bagi sejumlah orang. Namun bagi sebagian lainnya, status jomblo dianggap menyebalkan seperti kutukan.Sehingga tak jarang seorang ...