Jumat, 18 Agustus 2017 | 19.39 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Lebih Buruk dari Merokok, Begini Bahaya Duduk 8 Jam di Tempat Kerja

Lebih Buruk dari Merokok, Begini Bahaya Duduk 8 Jam di Tempat Kerja

Reporter : Rini Siregar | Senin, 13 Maret 2017 - 16:05 WIB

IMG-607

Ilustrasi

Jakarta, kini.co.id – Pekerjaan kadang-kadang memang mengharuskan seseorang berada di kantor untuk waktu yang lama. Bahkan setiap harinya karyawan banyak yang menghabiskan waktunya dengan duduk diam di satu tempat.

Tanpa sadar mereka telah menimbun bahaya untuk diri mereka sendiri dengan waktu lama.

Sebuah studi bahkan menunjukkan duduk selama 8 jam setiap hari memiliki resiko jauh lebih buruk daripada merokok. Kenapa?

Meningkatkan Resiko Serangan Jantung

Sebuah studi tahun 2009 terhadap 17.000 orang menunjukkan bahwa mereka yang lebih banyak menjalani harinya dengan duduk memiliki 54 persen risiko kemungkinan terkena serangan jantung.

Pada tahun 2010, studi dengan skala lebih luas terhadap 123.000 orang menunjukkan bahwa pria yang duduk selama enam jam atau lebih dalam satu hari punya risiko kematian 20 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang duduk selama tiga jam atau kurang dalam satu hari.

Kabar buruknya, bagi wanita persentase kematiannya bahkan 40 persen lebih tinggi.

Tidak Bisa Ditawar dengan Olahraga

Bagi sebagian orang, menebus kebiasaan buruk duduk terlalu lama adalah dengan melakukan olahraga berat dengan teratur.

Riset menunjukkan, bahwa meskipun rajin berolahraga saat sedang tidak duduk, risiko yang sama tetap berlaku pada tubuh manusia.

Dengan kata lain, mungkin mereka sering pergi ke tempat kebugaran tetapi kalau lebih banyak menghabiskan hari dengan duduk di tempat, berarti mereka sedang menimbun kerusakan permanen dalam tubuh.

Istirahat Panjang Kinerja Otot

Duduk juga kan mengakibatkan istirahat panjang kinerja otot sebab begitu seseorang duduk, otot-ototnya akan berhenti bekerja.

Dengan tidak bergeraknya otot maka konsumsi energi turun ke titik terendah, satu kalori per menit, atau sepertiga dari kalori yang dibakar saat berjalan.

Selain itu, produksi enzim-enzim yang bertugas untuk membersihkan lemak dalam aliran darah juga menurun, menyebabkan kadar HDL (kolesterol baik) menurun. Risiko obesitas juga naik.

“Duduk dalam jangka waktu yang lama dampaknya mematikan,” jelas Dr. James Levine, seorang periset dari Mayo Clinic yang sejak hampir 20 tahun lalu mulai menggaungkan bahaya duduk. Dengan kata lain, kursi dapat membunuhmu.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Trik Berfoto Untuk Si Kaki Jenjang
Trends - Jumat, 18 Agustus 2017 - 14:04 WIB

Trik Berfoto Untuk Si Kaki Jenjang

Siapa yang tak ingin memiliki tubuh yang ideal, idealnya tubuh sesorang terlihat dari tinggi badan nya, tinggi badan seseorang terletak ...
Yuk Tebak-Tebakan HUT Kemerdekaan Dibawah Ini
Trends - Rabu, 16 Agustus 2017 - 20:50 WIB

Yuk Tebak-Tebakan HUT Kemerdekaan Dibawah Ini

Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, biasanya dirayakan dengan upacara bendera maupun diadakan beragam perlombaan.Beragam ...
Bubur Manado Makanan Saat Sakit
Food - Rabu, 16 Agustus 2017 - 10:50 WIB

Bubur Manado Makanan Saat Sakit

Setiap hari melakukan aktifitas fisik yang kuat dan sehat adalah fisik yang tidak mudah sakit. Kesehatan dalam hidup sangatlah ...
Penyebab Rambut Rontok Dan Tipis
Woman - Selasa, 15 Agustus 2017 - 16:31 WIB

Penyebab Rambut Rontok Dan Tipis

Rambut adalah mahkota wanita yang harus dirawat dan di jaga kealamiannya, karna kecantikan wanita dilihat dari bentuk rambutnya semangkin panjang ...
Nah, Ini Cara Untuk Fashion Yang Lebih Elegant
Style - Selasa, 15 Agustus 2017 - 14:32 WIB

Nah, Ini Cara Untuk Fashion Yang Lebih Elegant

Gaya orang dalam berpakaian sebenarnya adalah hak masing-masing individu. Mau bergaya feminin, edgy, quirky, atau cuek: semuanya terserah kamu. Tapi ...
Makanan Mentah Yang Beresiko Tinggi
Food - Selasa, 15 Agustus 2017 - 11:30 WIB

Makanan Mentah Yang Beresiko Tinggi

Banyak makanan yang diluar yang enak dan sehat, tetapi tidak semua makanan diluar banyak yang sehat juga, makanan yang sehat ...