Rabu, 16 Januari 2019 | 19.14 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Masker Pepaya Untuk Atasi Masalah Kulitmu

Masker Pepaya Untuk Atasi Masalah Kulitmu

Reporter : Ary Syahputra | Rabu, 15 Maret 2017 - 16:18 WIB

IMG-613

Ilustrasi Masker Pepaya. (Ist)

kini.co.id – Selain bagus untuk pencernaan, ternyata buah pepaya juga memiliki banyak manfaat lain loh. Salah satunya adalah dapat digunakan sebagai masker untuk wajah.

Pepaya memiliki banyak kandungan yang diklaim bagus untuk kulit wajah, seperti vitamin A dan C, enzim papain dan rendah sodium. Yuk coba rawat wajah Anda dengan menggunakan masker pepaya yang bisa Anda buat sendiri, seperti yang dikutip dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Masker pepaya dan jeruk nipis untuk atasi jerawat

Pepaya diketahui mengandung enzim papain dan chymopapain yang bersifat anti-jamur dan anti-bakteri. Vitamin A yang dikandungnya juga penting untuk meningkatkan produksi sel kulit sehat. Ini merupakan langkah penting untuk meregenerasi sel kulit mati yang bisa jadi penyebab jerawat. Padukan dengan sifat asam jeruk nipis agar bakteri penyebab jerawat mati.

Haluskan buah pepaya matang dan tambahkan dengan beberapa tetes air jeruk nipis segar. Pulas pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

2. Masker pepaya dan minyak zaitun untuk kulit halus dan lembab

Pepaya mengandung sodium yang sangat rendah yang berarti memiliki kandungan air tinggi. Kombinasikan dengan minyak zaitun yang kaya akan pelembap alami. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan handuk basah.

3. Masker pepaya, madu, dan lemon untuk mengatasi pigmentasi akibat paparan sinar Ultra Violet

Untuk kulit yang terbakar matahari, rawatlah dengan buah pepaya. Kandungan air serta vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya dapat memberikan efek dingin pada kulit yang terbakar, menghentikan kerusakan kulit, serta mengembalikan kondisi kulit seperti semula.

Cukup gunakan masker yang terbuat dari daging buah pepaya yang telah dilumat, madu dan air perasan lemon ke seluruh wajah dan leher. Biarkan hingga meresap ke kulit selama 15 atau 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

4. Masker kulit pepaya untuk menunda tanda-tanda penuaan

Tak hanya buahnya, kulit pepaya juga mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang lebih tinggi daripada buahnya. Cukup gosokkan kulit pepaya di wajah yang sudah bersih, lalu diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Namun harus diperhatikan, karena memiliki kandungan asam yang tinggi, sebaiknya jangan menggunakan perawatan dengan kulit pepaya terlalu sering. Gunakan seminggu sekali saja dan jangan sampai lebih dari lima menit.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Hikmah - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

Ahok segera bebas, dia dijemput keluarga di Mako Brimob

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI itu akan keluar dari Mako ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:29 WIB

Suka Tidur Pakai Kipas Angin, Ini Bahayanya

Kipas angin seringkali menjadi pilihan untuk menyejukkan ruangan selain Air Conditioner. Kipas angin yang lebih ekonomis dan juga praktis karena ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:16 WIB

Anak Tidak Diimunisasi Benarkah Tetap Sehat?

Seiring pemerintah menggalakkan program imunisasi untuk anak-anak, muncul juga kaum yang berbeda pendapat.Menurut mereka, anak-anak mereka sehat-sehat saja meski tidak ...
Trends - Jumat, 11 Januari 2019 - 14:44 WIB

Diajak ML Sama Pacar, Begini Cara Menolaknya

Seks bebas seperti sudah menjadi makanan sehari-hari remaja di Indonesia. Mereka yang pacaran sudah gampang saja melakukan hubungan seks bagaikan ...
Style - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:20 WIB

Agnez Mo jadi artis Indonesia paling populer di Twitter pada 2018

MESKI saat ini tengah fokus dengan karier bermusiknya di Amerika Serikat, namun tak berarti popularitas Agnez Mo di Tanah Air ...
Health - Selasa, 8 Januari 2019 - 21:45 WIB

Rahasia umur panjang penduduk di 5 wilayah di dunia

DI DUNIA, ada lima daerah yang disebut blue zone—tempat orang yang secara konsisten hidup dengan usia panjang. Kelima daerah itu ...