Thursday, 19 July 2018 | 13.02 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Masker Pepaya Untuk Atasi Masalah Kulitmu

Masker Pepaya Untuk Atasi Masalah Kulitmu

Reporter : Ary Syahputra | Wednesday, 15 March 2017 - 16:18 WIB

IMG-613

Ilustrasi Masker Pepaya. (Ist)

kini.co.id – Selain bagus untuk pencernaan, ternyata buah pepaya juga memiliki banyak manfaat lain loh. Salah satunya adalah dapat digunakan sebagai masker untuk wajah.

Pepaya memiliki banyak kandungan yang diklaim bagus untuk kulit wajah, seperti vitamin A dan C, enzim papain dan rendah sodium. Yuk coba rawat wajah Anda dengan menggunakan masker pepaya yang bisa Anda buat sendiri, seperti yang dikutip dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Masker pepaya dan jeruk nipis untuk atasi jerawat

Pepaya diketahui mengandung enzim papain dan chymopapain yang bersifat anti-jamur dan anti-bakteri. Vitamin A yang dikandungnya juga penting untuk meningkatkan produksi sel kulit sehat. Ini merupakan langkah penting untuk meregenerasi sel kulit mati yang bisa jadi penyebab jerawat. Padukan dengan sifat asam jeruk nipis agar bakteri penyebab jerawat mati.

Haluskan buah pepaya matang dan tambahkan dengan beberapa tetes air jeruk nipis segar. Pulas pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

2. Masker pepaya dan minyak zaitun untuk kulit halus dan lembab

Pepaya mengandung sodium yang sangat rendah yang berarti memiliki kandungan air tinggi. Kombinasikan dengan minyak zaitun yang kaya akan pelembap alami. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan handuk basah.

3. Masker pepaya, madu, dan lemon untuk mengatasi pigmentasi akibat paparan sinar Ultra Violet

Untuk kulit yang terbakar matahari, rawatlah dengan buah pepaya. Kandungan air serta vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya dapat memberikan efek dingin pada kulit yang terbakar, menghentikan kerusakan kulit, serta mengembalikan kondisi kulit seperti semula.

Cukup gunakan masker yang terbuat dari daging buah pepaya yang telah dilumat, madu dan air perasan lemon ke seluruh wajah dan leher. Biarkan hingga meresap ke kulit selama 15 atau 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

4. Masker kulit pepaya untuk menunda tanda-tanda penuaan

Tak hanya buahnya, kulit pepaya juga mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang lebih tinggi daripada buahnya. Cukup gosokkan kulit pepaya di wajah yang sudah bersih, lalu diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Namun harus diperhatikan, karena memiliki kandungan asam yang tinggi, sebaiknya jangan menggunakan perawatan dengan kulit pepaya terlalu sering. Gunakan seminggu sekali saja dan jangan sampai lebih dari lima menit.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Food - Monday, 11 December 2017 - 18:36 WIB

Jamuan tahu campur menteri Imam Nahrawi

Peserta Kirab Pemuda Indonesia 2017 yag dijamu di rumah dinas Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, di Jalan Widya Chandra, ...
Woman - Monday, 4 December 2017 - 08:03 WIB

Cantiknya wanita suku Tajik di China, ga ada sipit-sipitnya

Dengan penduduk sekitar 30.000 jiwa, suku Tajik tinggal di kota Tashkurgan yang terletak di dataran pegunungan Pamir di sepanjang perbatasan ...
Hikmah - Sunday, 3 December 2017 - 09:04 WIB

Ketika Al Liwa dan ar Rayah masih jadi nyinyiran

Dalam reuni 212 di Monas, Sabtu (2/12) kemarin, ratusan bendera tauhid baik berwarna hitam maupun putih berkibar di tengah-tengah lautan ...
Trends - Friday, 1 December 2017 - 17:45 WIB

Tipe – tipe netizen, yang terakhir bikin sakit kepala

Dijaman secanggih ini nih apa - apa share di sosial media entah itu cuman curhat, foto, video, berita dan lainnya. ...
Trends - Thursday, 30 November 2017 - 16:38 WIB

Olympic Furniture “Ekspansi” ke bsnis property

Bertepatan dengan hari Bangkit Olympic Group yang digelar setiap tanggal 29 November, Olympic City menggelar acara peletakan batu pertama atau groundbreaking infrastruktur ...
Trends - Monday, 27 November 2017 - 17:14 WIB

Puluhan kamera ‘bidik’ model MALE Indonesia dalam Glam Photohunt 2017

Puluhan kamera fotografer amatir dan pro, Sabtu (25/11) lalu tampak menahan nafasnya dengan bidikan objek yang aduhai.Namun dengan tetap semangat ...
Place your ads here...