Minggu, 21 Oktober 2018 | 17.17 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Masker Pepaya Untuk Atasi Masalah Kulitmu

Masker Pepaya Untuk Atasi Masalah Kulitmu

Reporter : Ary Syahputra | Rabu, 15 Maret 2017 - 16:18 WIB

IMG-613

Ilustrasi Masker Pepaya. (Ist)

kini.co.id – Selain bagus untuk pencernaan, ternyata buah pepaya juga memiliki banyak manfaat lain loh. Salah satunya adalah dapat digunakan sebagai masker untuk wajah.

Pepaya memiliki banyak kandungan yang diklaim bagus untuk kulit wajah, seperti vitamin A dan C, enzim papain dan rendah sodium. Yuk coba rawat wajah Anda dengan menggunakan masker pepaya yang bisa Anda buat sendiri, seperti yang dikutip dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Masker pepaya dan jeruk nipis untuk atasi jerawat

Pepaya diketahui mengandung enzim papain dan chymopapain yang bersifat anti-jamur dan anti-bakteri. Vitamin A yang dikandungnya juga penting untuk meningkatkan produksi sel kulit sehat. Ini merupakan langkah penting untuk meregenerasi sel kulit mati yang bisa jadi penyebab jerawat. Padukan dengan sifat asam jeruk nipis agar bakteri penyebab jerawat mati.

Haluskan buah pepaya matang dan tambahkan dengan beberapa tetes air jeruk nipis segar. Pulas pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

2. Masker pepaya dan minyak zaitun untuk kulit halus dan lembab

Pepaya mengandung sodium yang sangat rendah yang berarti memiliki kandungan air tinggi. Kombinasikan dengan minyak zaitun yang kaya akan pelembap alami. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan handuk basah.

3. Masker pepaya, madu, dan lemon untuk mengatasi pigmentasi akibat paparan sinar Ultra Violet

Untuk kulit yang terbakar matahari, rawatlah dengan buah pepaya. Kandungan air serta vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya dapat memberikan efek dingin pada kulit yang terbakar, menghentikan kerusakan kulit, serta mengembalikan kondisi kulit seperti semula.

Cukup gunakan masker yang terbuat dari daging buah pepaya yang telah dilumat, madu dan air perasan lemon ke seluruh wajah dan leher. Biarkan hingga meresap ke kulit selama 15 atau 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

4. Masker kulit pepaya untuk menunda tanda-tanda penuaan

Tak hanya buahnya, kulit pepaya juga mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang lebih tinggi daripada buahnya. Cukup gosokkan kulit pepaya di wajah yang sudah bersih, lalu diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Namun harus diperhatikan, karena memiliki kandungan asam yang tinggi, sebaiknya jangan menggunakan perawatan dengan kulit pepaya terlalu sering. Gunakan seminggu sekali saja dan jangan sampai lebih dari lima menit.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Trends - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 14:42 WIB

Ikut-ikutan Trend Mukbang, Awas Penyakit Berbahaya Ini Mengintai Anda!!

Anak-anak muda yang rajin mantengin media sosial pasti tidak asing dengan video-video mukbang, alias makan dalam jumlah porsi besar.Trend makan ...
Health - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 11:10 WIB

Mati, Ini Terjadi pada Tubuh Ketika Sudah Dalam Kubur

ematian adalah sebuah hal yang pasti dialami manusia. Ketika kematian tiba, maka semua organ tubuh manusia pun berhenti bekerja dan ...
Health - Sabtu, 20 Oktober 2018 - 10:55 WIB

Jangan Potong Rambut di Area Intim, Ini Bahayanya

Tak hanya aroma tubuh yang membangkitkan libido di atas ranjang, tapi juga penampilan fiik. Mlai dari ujung rambut di kepala ...
Health - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:51 WIB

Ini daftar negara yang harapan usianya tertinggi, RI meningkat

KONDISI lingkungan yang terus turun, pola makan yang tidak sehat, dan juga stres merupakan tantangan bagi kesehatan manusia di era ...
Health - Jumat, 19 Oktober 2018 - 16:37 WIB

Bawa bukti imuniasi anak jika mau ke Singapura

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) Singapura berencana menerapkan peraturan baru yang mengharuskan warga negara asing (WNA) untuk sudah memvaksinasi anaknya bila ingin ...
Hikmah - Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:53 WIB

Segera akhiri hubungan, jika ada kekerasan fisik

KEKERASAN fisik yang terjadi di rumah tangga semakin marak terjadi. Namun, tindak kekerasan di luar ikatan perkawinan antara pasangan yang ...