Selasa, 24 April 2018 | 09.58 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Hal Yang Buat Jerawat Semakin Meradang dan Cara Mengatasinya

Hal Yang Buat Jerawat Semakin Meradang dan Cara Mengatasinya

Reporter : Rini Siregar | Sabtu, 1 April 2017 - 16:27 WIB

IMG-666

Ilustrasi

kini.co.id

Jerawat, satu kata ini mungkin bisa membuat Anda terganggu bahkan tak sedikit yang menjadi tidak percaya diri karena kedatangan yang satu ini.

Jika masih muncul sesekali dan ukurannya tidak terlalu besar kemungkinan tidak terlalu mengganggu. Namun, akan beda ceritanya jika jerawat meradang hingga waktu yang lama. Apalagi kalau sudah sembuh masih meninggalkan bekas, uuhh kesal rasanya pasti.

Nah, berikut ada beberapa hal yang menyebabkan jerawat Anda semakin meradang.

1. Perawatan yang salah

Ada banyak produk kecantikan yang menawarkan perawatan khususna untuk wajah berjerawat. Namun, hati-hati, karena salah-salah bukannya semakin sembuh malah membuat jerawat semakin meradang.

Hindarilah produk yang mengandung seperti lanolin dan minyak. Karena kedua zat ini bisa menutup pori-pori pada kulit dan menghalangi keluarnya minyak yang dihasilkan kulit, beserta dengan kulit mati yang dibawanya. Penumpukan minyak dan kulit mati inilah yang dapat menyebabkan jerawat meradang.

2. Hormon dan keringat

Perubahan hormon dalam tubuh adalah kondisi yang paling sering menyebabkan jerawat meradang, karena hormon menyebabkan peningkatan produksi minyak dan mengerasnya sel kulit. Hal ini dapat memicu terjadinya penyumbatan dalam mengeluarkan kulit mati dan minyak dari pori-pori.

3. Faktor genetik

Dilansir dari News Medical, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa beberapa anak sekolah memiliki kulit berjerawat yang diturunkan dari orangtuanya. Riwayat pada keluarga yang memiliki jerawat mengalami peradangan, akan meningkatkan peluang keturunan mereka mengalami kondisi yang sama.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi jerawat yang meradang?

Penguapan

Uap yang berasal dari mangkuk yang berisi air panas dapat membantu membersihkan kulit dan mengeringkan jerawat yang meradang. Uap yang mengenai kulit juga akan membuka pori-pori kulit dan membantu dalam membersihkan kulit yang kotor.

Menggunakan minyak pohon teh (tea tree oil)

Saat jerawat meradang, Anda bisa mengolesi minyak pohon teh yang telah dicampur dengan air secukupnya. Namun, sebelum mengoleskan minyak ini, baiknya bersihkanlah dahulu wajah dengan sabun pembersih wajah.

Editor: Fetty Putri

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Jamuan tahu campur menteri Imam Nahrawi
Food - Senin, 11 Desember 2017 - 18:36 WIB

Jamuan tahu campur menteri Imam Nahrawi

Peserta Kirab Pemuda Indonesia 2017 yag dijamu di rumah dinas Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, di Jalan Widya Chandra, ...
Cantiknya wanita suku Tajik di China, ga ada sipit-sipitnya
Woman - Senin, 4 Desember 2017 - 08:03 WIB

Cantiknya wanita suku Tajik di China, ga ada sipit-sipitnya

Dengan penduduk sekitar 30.000 jiwa, suku Tajik tinggal di kota Tashkurgan yang terletak di dataran pegunungan Pamir di sepanjang perbatasan ...
Ketika Al Liwa dan ar Rayah masih jadi nyinyiran
Hikmah - Minggu, 3 Desember 2017 - 09:04 WIB

Ketika Al Liwa dan ar Rayah masih jadi nyinyiran

Dalam reuni 212 di Monas, Sabtu (2/12) kemarin, ratusan bendera tauhid baik berwarna hitam maupun putih berkibar di tengah-tengah lautan ...
Tipe – tipe netizen, yang terakhir bikin sakit kepala
Trends - Jumat, 1 Desember 2017 - 17:45 WIB

Tipe – tipe netizen, yang terakhir bikin sakit kepala

Dijaman secanggih ini nih apa - apa share di sosial media entah itu cuman curhat, foto, video, berita dan lainnya. ...
Olympic Furniture “Ekspansi” ke bsnis property
Trends - Kamis, 30 November 2017 - 16:38 WIB

Olympic Furniture “Ekspansi” ke bsnis property

Bertepatan dengan hari Bangkit Olympic Group yang digelar setiap tanggal 29 November, Olympic City menggelar acara peletakan batu pertama atau groundbreaking infrastruktur ...
Puluhan kamera ‘bidik’ model MALE Indonesia dalam Glam Photohunt 2017
Trends - Senin, 27 November 2017 - 17:14 WIB

Puluhan kamera ‘bidik’ model MALE Indonesia dalam Glam Photohunt 2017

Puluhan kamera fotografer amatir dan pro, Sabtu (25/11) lalu tampak menahan nafasnya dengan bidikan objek yang aduhai.Namun dengan tetap semangat ...