Rabu, 16 Januari 2019 | 18.42 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Kegiatan Mandi Ini Ternyata Banyak Manfaat

Kegiatan Mandi Ini Ternyata Banyak Manfaat

Reporter : Rini Siregar | Selasa, 8 Augu 2017 - 10:10 WIB

IMG-745

Jakarta, kini.co.id – Kegiatan mandi untuk membersihkan badan pasti dilakukan orang setiap hari, kegiatan mandi untuk membersihkan badan dilakukan dua kali sehali agar terbebas dari bakteri dan kotoran.

Kebiasaan sewaktu mandi, frekuensi, tempat mandi, dan perlengkapan mandi yang digunakan bergantung pada kebudayaan dan kondisi geografis tempat tinggal. Pendapat orang di berbagai negara tentang kebersihan dan bau badan selalu berbeda-beda dan tidak ada yang benar atau salah. Kebersihan bisa merupakan prioritas utama bagi orang yang tinggal di suatu negara, tetapi kebutuhan pangan dan tempat berteduh bisa lebih penting bagi orang di negara lain. Sebagian orang mandi setiap hari, tetapi banyak juga orang yang tidak terlalu sering mandi. Di tempat air merupakan barang langka, air mungkin lebih baik dipakai untuk minum, memasak, atau bertani daripada mandi. Orang yang tinggal di tempat yang mengenal musim dingin sering tidak mengenal mandi dengan air dingin.

Adapun Mandi Yang bisa membuat manusia sehat yaitu dengan kegiatan mandi Sauna, mandi sauna disebut juga dengan “mandi Uap” atau “Steam Bath”.

Sauna, mandi uap kini semakin digemari. Di Indonesia tempat sauna banyak berkembang di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, dan Denpasar. Sauna berkembang di kota besar karena pasarnya juga ada disini dimana sebagian besar pengguna layanan sauna adalah orang-orang yang hidup di perkotaan. Mereka dari, kalangan menengah keatas dan orang-orang yang berduit. Maklum kemudian jika sauna ini kebanyakan di akses oleh orang-orang berduit karena tarif untuk sekali sauna lumayan mahal.

Sauna yang sering tersedia di spa atau pusat kebugaran ternyata memiliki manfaat tersendiri untuk kulit. Relaksasi yang dilakukan di dalam ruangan dengan uap panas tersebut dipercaya bisa membuat kulit lebih cerah.

4 manfaat sauna untuk kulit :

Memicu produksi kolagen

Menurut Dr. Lawrence Wilson, peneliti dan pengarang buku tentang manfaat sauna, produksi kolagen semakin meningkat ketika seseorang sedang bersauna. Peningkatan kolagen ini tentunya baik untuk mendorong terbuangnya kulit mati dan memicu peningkatan sel kulit baru yang sehat.

Memperlancar aliran darah

Ketika sedang bersauna, detak jantung bisa meningkat hingga 50 persen. Karena peningkatan itu, aliran darah yang mengalir juga meningkat sebanyak 30-50 persen. Lancarnya aliran darah ini membawa oksigen dan nutrisi yang semakin banyak kepada kulit. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih sehat merona dan segar.

Detoksifikasi

Setidaknya 30 persen racun dalam tubuh bisa dikeluarkan lewat keringat pada kulit. Saat bersauna, uap yang panas memicu semakin banyak timbulnya keringat. Seiring terbukanya pori-pori dan keluarnya keringat dalam tubuh, racun yang tersimpan di bawah kulit juga ikut terlepas. Setidaknya diperlukan waktu dua menit sauna sebelum tubuh mulai memanas. Setelah tubuh mulai memanas dan mengeluarkan keringat di situlah proses detoksifikasi dimulai.

Membantu melawan infeksi

Menurut peneliti dari Universitas Eberhard-Karls di Jerman, keringat mengandung protein bernama dermcidin yang bisa membantu menangkal bakteri. Terpicunya keringat pada saat sauna bisa membuat protein tersebut menjadi tameng yang melindungi tubuh. Beberapa jenis bakteri, bisa ditangkal oleh protein tersebut.

Editor: Rosdiana

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Hikmah - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

Ahok segera bebas, dia dijemput keluarga di Mako Brimob

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI itu akan keluar dari Mako ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:29 WIB

Suka Tidur Pakai Kipas Angin, Ini Bahayanya

Kipas angin seringkali menjadi pilihan untuk menyejukkan ruangan selain Air Conditioner. Kipas angin yang lebih ekonomis dan juga praktis karena ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:16 WIB

Anak Tidak Diimunisasi Benarkah Tetap Sehat?

Seiring pemerintah menggalakkan program imunisasi untuk anak-anak, muncul juga kaum yang berbeda pendapat.Menurut mereka, anak-anak mereka sehat-sehat saja meski tidak ...
Trends - Jumat, 11 Januari 2019 - 14:44 WIB

Diajak ML Sama Pacar, Begini Cara Menolaknya

Seks bebas seperti sudah menjadi makanan sehari-hari remaja di Indonesia. Mereka yang pacaran sudah gampang saja melakukan hubungan seks bagaikan ...
Style - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:20 WIB

Agnez Mo jadi artis Indonesia paling populer di Twitter pada 2018

MESKI saat ini tengah fokus dengan karier bermusiknya di Amerika Serikat, namun tak berarti popularitas Agnez Mo di Tanah Air ...
Health - Selasa, 8 Januari 2019 - 21:45 WIB

Rahasia umur panjang penduduk di 5 wilayah di dunia

DI DUNIA, ada lima daerah yang disebut blue zone—tempat orang yang secara konsisten hidup dengan usia panjang. Kelima daerah itu ...