Rabu, 18 Oktober 2017 | 01.49 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Fakta! Perselingkuhan Merusak Mental

Fakta! Perselingkuhan Merusak Mental

Reporter : Rini Siregar | Jumat, 25 Agustus 2017 - 09:02 WIB

IMG-814

Ilustrasi selingkuh (ist)

Jakarta, kini.co.id – Perselingkuhan merupakan hal terlarang namun banyak yang melakukannya. Sanking maraknya, perselingkuhan dianggap sebagai bumbu kehidupan yang tak terelakkan.

Bahkan sejumlah orang menganggap perselingkuhan bukanlah kesalahan karena mereka merasa lebih baik atau lebih nyaman ketimbang bersama pasangan resminya. Sehingga mereka berubah menjadi merasa tak bersalah, mereka bahkan menyalahkan pasangan dan orang yang menudingnya karena selingkuh.

Tapi tahukah Anda, sikap merasa tak bersalah itu adalah bukti bahwa mental Anda telah rusak. Merasa perselingkuhan itu wajar, berarti Anda sakit secara mental.

Perceraian produser Hollywood, Kai Cole dengan Joss Whedon bisa dijadikan contoh.

Dari sebuah kalimat sederhana namun menyentuh atas apa ia alami, dituangkan di Twitter. Perceraian yang terjadi akibat perselingkuhan.

“Hal yang paling mengejutkan terjadi pada saya dan banyak orang bereaksi keras atas kejadian itu. (Mereka memberi tekanan terhadap diri saya),” tulis Cole di Twitter.

Menanggapi itu, dilansir dari Psychologytoday, Jumat (25/8/2017), Ketua Departemen Filsafat di College of Staten Island, New York Mark D. White mengatakan Kai Cole berbicara dengan fasih sebagai seseorang berhianat.

Ia dikenal sebagai pembela wanita namun, sikapnya tak menunjukkan hal itu. Ia justru melakukan perselingkuhan yang jauh dari kata feminis.

“Terlepas dari tingkat pemahaman yang dia tahu, bahwa apa yang dilakukan itu salah, dia tidak pernah mengakui kemunafikan tersebut di dunia luar. Perilakunya telah menertawakan cita-cita feminisnya sendiri, sementara pada saat bersamaan, mengambil hak untuk membuat pilihan hidup yang berpijak pada kebenaran,” tulis White

Ia mengatakann bahaya sebenarnya dalam perzinahan adalah pengkhianatan, tapi ini bukan berarti hanya merusak janji pernikahan.

“Komentar di Twitter atas penyimpangan perilaku yang dilakukan pecundang yang berselingkuh dapat berdampak serius terhadap kesehatan mental,” sambungnya.

Mirisnya, lanjut dia, kerusakan mental yang dimaksud terlihat dari cara peselingkuh membohongi pasangan dan menjaga agar pasangan tetap percaya bahwa mereka setia, baik dengan ucapan manis, hadiah-hadiah, atau bujukan.

Ketika ketahuan selingkuh, mereka dengan segala cara berargumen bahwa mereka tidak salah. Bahkan ketika kalah berargumen, mereka balik menyalahkan pasangan dan orang lain dan membenarkan perbuatannya sendiri.

“Mereka bukan membersihkan hati nurani tetapi malah tetap ingin dianggap benar. Tanpa berkata jujur pelaku terus menjalani hidup seolah tak pernah terjadi apa-apa,” katanya.

Pada akhirnya fakta dan bukti bicara atas apa yang telah dilakukan. Hukuman sosial menyerang sehingga menyudutkan pelaku.

“Mereka yang selingkuh, sedari awal menyangkal menunjukkan lemahnya diri. Tapi selanjutnya mental semakin hancur karena tekanan sosial,” jelasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Menyiapkan generasi sehat dengan mencuci tangan
Health - Sabtu, 14 Oktober 2017 - 13:25 WIB

Menyiapkan generasi sehat dengan mencuci tangan

Membiasakan anak-anak mencuci tangan memakai sabun dan di bawah air mengalir, adalah satu dari cara mudah menjaga kesehatan. Bila semenjak ...
Selain Maag, Ini Penyakit yang Akan Muncul Jika Hobi Melewatkan Sarapan
Health - Rabu, 11 Oktober 2017 - 09:24 WIB

Selain Maag, Ini Penyakit yang Akan Muncul Jika Hobi Melewatkan Sarapan

Sarapan merupakan sumber nutrisi saat memulai aktifitas di awal hari.Namun tak jarang, sarapan justru terlewat dengan berbagai alasan.Padahal banyak artikel ...
Studi: Kegagalan Pria Lebih Besar di Pernikahan Kedua
Trends - Senin, 9 Oktober 2017 - 17:24 WIB

Studi: Kegagalan Pria Lebih Besar di Pernikahan Kedua

Kegagalan dalam pernikahan tak jarang terjadi. Dan sering pula, orang memulai kehidupan baru dengan menikah lagi dengan orang lain.Sayangnya, banyak ...
Kaki Sering Kram Mungkin Ini Penyebabnya
Health - Jumat, 6 Oktober 2017 - 15:19 WIB

Kaki Sering Kram Mungkin Ini Penyebabnya

Saat sedang berlari mungkin pernah mengalami kaki yang kram atau pun yang membuat pergerakan lari tidak nyaman, nah yang sering ...
Ke Medan, jangan lupa berburu manisan buah
Food - Jumat, 6 Oktober 2017 - 14:37 WIB

Ke Medan, jangan lupa berburu manisan buah

Mengunjungi kota terbesar di Sumatra, belum lengkap bila tak menjajal kuliner setempat. Memang bukan rahasia lagi bila Medan menyimpan beragam ...
Resep Cara Membuat Asinan Mangga Muda, Ibu Hamil!
Food - Rabu, 4 Oktober 2017 - 13:54 WIB

Resep Cara Membuat Asinan Mangga Muda, Ibu Hamil!

Mangga muda biasanya banyak di minati oleh ibu-ibu yang sedang hamil. perasaan ingin memakan yang asem atau asin tak ...