Rabu, 13 Desember 2017 | 23.42 WIB
KiniNEWS>Gaya>Food>Riset kesehatan sebagai ‘kultur’ Ajinomoto

Riset kesehatan sebagai ‘kultur’ Ajinomoto

Reporter : Rini Siregar | Rabu, 22 November 2017 - 17:52 WIB

IMG-978

Produk Ajinomoto. Istimewa

Jakarta, kini.co.id – Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa Ajinomoto Co hanya fokus pada pembuatan penyedap makanan, meski hal itu benar namun banyaknya riset ilmiah yang dilakukan Ajinomoto Co., khususnya dalam bidang asam amino.

Dalam menerapkan keahliannya dalam mengembangkan bidang farmasi itu terutama asam amino sudah dilakukannya selama lebih dari 60 tahun.

Pada tahun 1956, Ajinomoto Co. menjadi perusahaan pertama di dunia yang memproduksi Kristal asam amino untuk keperluan infus, produk nutrisi enteral, dan bahan-bahan farmasi.

Selanjutnya, Ajinomoto Co. mengembangkan serangkaian diet unsur dasar (elemental) dan obat-obatan lainnya. Dengan demikian, Ajinomoto Co. memang merupakan mitra yang tepat untuk mengembangkan media kultur bagi sel punca pluripoten yang diinduksi, atau disingkat sel iPS.

Untuk mengembangkan media kultur sel iPS tersebut, setidaknya ada tiga keahlian yang diterpakan.

Pertama teknologi produksi bahan baku. Sebagai pemasok asam amino berkualitas tinggi yang terkemuka di dunia, yang sebagian besar digunakan untuk obat-obatan, Ajinomoto Co. dapat memasok asam amino yang bebas dari komponen turunan hewan dengan tingkat keterlacakan penuh.

“Kedua, dalam komposisi dan rancangan formula, dengan sejarah panjang kami dalam meneliti nutrisi dan metabolisme asam amino, Ajinomoto Co. memiliki teknologi dan “kepakaran” untuk menentukan komposisi optimal dengan cepat dari puluhan komponen yang membentuk media kultur,” sebut pihak Ajinomoto.

Kemudian yang ketiga, menggunakan teknologi analisis, yakni dalam penerapan teknologi analisis Ajinomoto Co, untuk asam amino dan bahan-bahan runut memiliki tingkat kepekaan dan keakuratan yang sangat tinggi.

“Kondisi ini memungkinkan kami untuk memformulasikan media kultur berkualitas tinggi dengan pengendalian mutu yang tepat,” sebutnya.

Daisuke Nakamiya, Associate General Manager Global, Communications Departement Ajinomoto Co.,Inc mengatakan, berbagai riset tersebut diimplementasikan ke dalam kegiatan bisnis seperti pada tiga kategori bisnis utama yakni biologi molekul tingkat tinggi, biologi molekul tingkat medium dan media kultur sel atau bahan.

Perusahaan ini mengombinasikan investasi dan riset untuk bisa meningkatkan penjualan. Di sisi investasi, perusahaan ini akan meningkatkan kapasitas produk Sajiku dan Masako untuk menggenjot penjualan dan market share. Sedangkan untuk produk Umami, Aji-No-Moto, perusahaan ini akan melakukan riset untuk meingkatkan mutu.

Tahun ini, perusahaan ini baru menginvestasikan dana untuk penambahan kapasitas produk Masako sebesar ¥3,2 miliar. Berikutnya, perusahaan konon ini akan menggelontorkan investasi sebesar ¥2,5 miliar untuk pengembangan pabrik Sajiku pada Desember tahun ini di Karawang. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Jam lima sore adalah waktu Uber banyak di pesan di Indonesia
Trends - Rabu, 13 Desember 2017 - 15:33 WIB

Jam lima sore adalah waktu Uber banyak di pesan di Indonesia

Perusahaan rintisan daring transportasi, Uber, merilis tren mobilitas, pola penggunaan dari masing-masing penumpang sepanjang 2017.Uber, dalam menemani perjalanan warga dunia ...
Jamuan tahu campur menteri Imam Nahrawi
Food - Senin, 11 Desember 2017 - 18:36 WIB

Jamuan tahu campur menteri Imam Nahrawi

Peserta Kirab Pemuda Indonesia 2017 yag dijamu di rumah dinas Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, di Jalan Widya Chandra, ...
Cantiknya wanita suku Tajik di China, ga ada sipit-sipitnya
Woman - Senin, 4 Desember 2017 - 08:03 WIB

Cantiknya wanita suku Tajik di China, ga ada sipit-sipitnya

Dengan penduduk sekitar 30.000 jiwa, suku Tajik tinggal di kota Tashkurgan yang terletak di dataran pegunungan Pamir di sepanjang perbatasan ...
Ketika Al Liwa dan ar Rayah masih jadi nyinyiran
Hikmah - Minggu, 3 Desember 2017 - 09:04 WIB

Ketika Al Liwa dan ar Rayah masih jadi nyinyiran

Dalam reuni 212 di Monas, Sabtu (2/12) kemarin, ratusan bendera tauhid baik berwarna hitam maupun putih berkibar di tengah-tengah lautan ...
Tipe – tipe netizen, yang terakhir bikin sakit kepala
Trends - Jumat, 1 Desember 2017 - 17:45 WIB

Tipe – tipe netizen, yang terakhir bikin sakit kepala

Dijaman secanggih ini nih apa - apa share di sosial media entah itu cuman curhat, foto, video, berita dan lainnya. ...
Olympic Furniture “Ekspansi” ke bsnis property
Trends - Kamis, 30 November 2017 - 16:38 WIB

Olympic Furniture “Ekspansi” ke bsnis property

Bertepatan dengan hari Bangkit Olympic Group yang digelar setiap tanggal 29 November, Olympic City menggelar acara peletakan batu pertama atau groundbreaking infrastruktur ...