Rabu, 16 Januari 2019 | 19.58 WIB
KiniNEWS>Gaya>Hikmah>Ketika Al Liwa dan ar Rayah masih jadi nyinyiran

Ketika Al Liwa dan ar Rayah masih jadi nyinyiran

Minggu, 3 Desember 2017 - 09:04 WIB

IMG-991

Peserta reuni 212 difabel hadir ditengah-tengah kerumunan massa di Monas membawa bendera Al Liwa, Sabtu (2/12). KiniNews/Wahyu.

Jakarta, kini.co.id – Dalam reuni 212 di Monas, Sabtu (2/12) kemarin, ratusan bendera tauhid baik berwarna hitam maupun putih berkibar di tengah-tengah lautan masa.

Namun ada satu bendera hitam besar dengan tulisan syahadat, “La ilaha Illa al- Allah, Muhammad Rasul al-Allah”. Bendera itu dinamakan ar-Rayah.

Lantas kemudian muncul pertanyaan dari masyarakat awam atau bahkan dari kalangan muslim sendiri soal berkibarnya bendera itu, lantaran bendera itu disebut-sebut sebagai bendera ormas yang sudah dibubarkan pemerintah yakni Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid menegaskan bahwa bendera itu bukanlah milik HTI. Bendera itu bertuliskan kalimat ‘Laailahaillallah’ yang menurutnya tak ada hubungannya dengan HTI.

“Tulisan ‘Laailahaillallah’ saja itu bukan bendera HTI maupun bendera kelompok manapun. Itu adalah benderanya Rasulullah,” jelasnya.

Kalaupun di antara massa yang hadir ada dari bekas HTI, dia tidak mempersoalkan selama mengikuti aturan. Karena Indonesia adalah negara hukum.

Sementara itu Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang ikut hadir memberikan tauziyahnya mengatakan tuduhan terhadap umat Islam mulai dari radikal, ekstrem adalah tidak tepat.

Pasalnya kata Fahri dalam ayat Al Baqarah ayat 143 bahwa umat Islam merupakan umat yang wasath atau pertengahan bukan umat ekstrim, ekstrimitas adalah proyek-proyek barat.

Ketika umat Islam bersatu seakan-akan mereka mencibir bahkan melontarkan dengan berbagai tuduhan.

“Sekarang-sekarang ini kalimat jihad, syahadat dan takbir sudah dianggap kriminal, pejabat liat bendera Al Liwa dan ar-Rayah saja dianggap bendera ISIS, HTI. Kenapa demikian karena otak-otaknya ya diisi oleh syetan-syetan. Mari kita doakan semoga mereka mendapat hidayah,” tandasnya.

Dalam sebuah hadits, Imam Ahmad, Abu Dawud dan An-Nasai di Sunan al-Kubra telah mengeluarkan dari Yunus bin Ubaid mawla Muhammad bin al-Qasim, ia berkata: Muhammad bin al-Qasim mengutusku kepada al-Bara’ bin ‘Azib bertanya tentang rayah Rasulullah Saw seperti apa? Al-Bara’ bin ‘Azib berkata: Rayah Rasulullah Saw berwarna hitam persegi panjang terbuat dari Namirah.”

Dalam hadits lain, yakni Musnad Imam Ahmad dan Tirmidzi, melalui jalur Ibnu Abbas meriwayatkan: “Rasulullah Saw telah menyerahkan kepada Ali sebuah panji berwarna putih, yang ukurannya sehasta kali sehasta. Pada liwa (bendera) dan rayah (panji-panji perang) terdapat tulisan ‘Laa illaaha illa Allah, Muhammad Rasulullah’. Pada liwa yang berwarna dasar putih, tulisan itu berwarna hitam.

Sedangkan pada ar rayah yang berwarna dasar hitam, tulisannya berwarna putih.”[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Hikmah - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

Ahok segera bebas, dia dijemput keluarga di Mako Brimob

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI itu akan keluar dari Mako ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:29 WIB

Suka Tidur Pakai Kipas Angin, Ini Bahayanya

Kipas angin seringkali menjadi pilihan untuk menyejukkan ruangan selain Air Conditioner. Kipas angin yang lebih ekonomis dan juga praktis karena ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:16 WIB

Anak Tidak Diimunisasi Benarkah Tetap Sehat?

Seiring pemerintah menggalakkan program imunisasi untuk anak-anak, muncul juga kaum yang berbeda pendapat.Menurut mereka, anak-anak mereka sehat-sehat saja meski tidak ...
Trends - Jumat, 11 Januari 2019 - 14:44 WIB

Diajak ML Sama Pacar, Begini Cara Menolaknya

Seks bebas seperti sudah menjadi makanan sehari-hari remaja di Indonesia. Mereka yang pacaran sudah gampang saja melakukan hubungan seks bagaikan ...
Style - Jumat, 11 Januari 2019 - 12:20 WIB

Agnez Mo jadi artis Indonesia paling populer di Twitter pada 2018

MESKI saat ini tengah fokus dengan karier bermusiknya di Amerika Serikat, namun tak berarti popularitas Agnez Mo di Tanah Air ...
Health - Selasa, 8 Januari 2019 - 21:45 WIB

Rahasia umur panjang penduduk di 5 wilayah di dunia

DI DUNIA, ada lima daerah yang disebut blue zone—tempat orang yang secara konsisten hidup dengan usia panjang. Kelima daerah itu ...