Sabtu, 20 Januari 2018 | 06.07 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Resiko Lebih Besar, Inilah Kenapa Wanita Harus Berhenti Merokok Sekarang

Resiko Lebih Besar, Inilah Kenapa Wanita Harus Berhenti Merokok Sekarang

Reporter : Rini Siregar | Selasa, 2 Januari 2018 - 10:10 WIB

IMG-1009

Ilustrasi (ist)

JAKARTA, kini.co.id – Industri rokok di Indonesia menyasar setiap orang baik pria maupun wanita di berbagai kalangan dan umur. Terlebih di era modern, merokok bagi wanita bukanlah lagi hal yang tabu melainkan mendekati wajar.

Padahal, resiko gangguan kesehatan wanita lebih besar dibandingkan pria jika mereka merokok. Untuk itu Anda para wanita harus mengurangi konsumsi tembakau dan bahkan dianjurkan segera berhenti total.

Seperti yang dilansir dari Times of India, ada beberapa alasan mengapa wanita harus berhenti merokok.

Kanker Paru-paru

Sebuah penelitin berbasis di New York menyebut semua orang memiliki kemungkinan untuk menderita kanker paru-paru akibat merokok, namun pada wanita kemungkinan itu 2 kali lebih besar.

Itu karena tubuh pria dan wanita memiliki reaksi yang berbeda terhadap karsinogen. Pria mungkin mengeluarkan zat tersebut lewat urin, sementara tubuh wanita mengubahnya menjadi zat karsinogenik.

Penyakit Kardiovaskular

Jika resko kanker paru-paru terjadi lebih besar pada wanita, maka demikian pula dengan resiko penyakit kardiovaskular. Sebuah studi yang diterbitkan di Lancet mengatakan wanita yang merokok sebanyak rekan pria menghadapi risiko penyakit jantung koroner 25 persen lebih tinggi daripada pria.

Parahnya, resiko penyakit jantung pada wanita yang merokok akan terus meningkat tiap tahun dibandingkan pria.

Memiliki pengaruh yang kuat terhadap arteri Studi lain yang berbasis di Eropa menemukan jumlah paparan tembakau dalam dosis yang sama menyebabkan efek lima kali lebih buruk terhadap wanita dibanding pria.

Risiko Kehamilan

Resiko ini sepertinya sudah banyak diketahui orang-orang terutama wanita, rokok bisa mengganggu perkembangan janin dan juga menyebabkan infertilitas.

Bahkan, jika mereka merokok saat hamil, kemungkinan bayinya akan prematur atau meninggal dalam kandungan atau saat sudah dilahirkan.

Selain itu, merokok menyebabkan pengurangan jumlah ASI. Rokok juga berdampak negatif pada kesuburan pria, namun risikonya lebih banyak terjadi pada wanita karena ia melahirkan anak.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Cilok bumbu di mega proyek Bandara Kertajati
Food - Sabtu, 13 Januari 2018 - 20:42 WIB

Cilok bumbu di mega proyek Bandara Kertajati

Biasanya, cilok jajanan berbentuknya bulat, kecil, ditemui sebagai jajanan anak SD.Namun, anda akan heran jika nemuin cilok di kawasan Bandara ...
Viral pengantin pria ini pingsan usai peluk sang mantan nyanyi di pernikahannya
Trends - Jumat, 12 Januari 2018 - 14:25 WIB

Viral pengantin pria ini pingsan usai peluk sang mantan nyanyi di pernikahannya

Video seorang pengantin pria pingsan di hari pernikahannya viral di media sosial.Dalam video yang diunggah sejumlah akun media sosial itu ...
Kaya Manfaat, Bumil Jangan Ragu Konsumsi Manggis
Health - Selasa, 9 Januari 2018 - 08:54 WIB

Kaya Manfaat, Bumil Jangan Ragu Konsumsi Manggis

Masa kehamilan adalah masa dimana tubuh butuh nutrisi lebih untuk janin yang ada dalam perut berkembang dengan baik.Untuk itu para ...
Wah! Anak Kidal Bisa Terlihat dari Pantauan USG
Health - Senin, 8 Januari 2018 - 10:58 WIB

Wah! Anak Kidal Bisa Terlihat dari Pantauan USG

Anak yang berbakat kidal atau dominan menggunakan tangan dan kaki kiri ternyata sudah dapat dideteksi sejak dalam kandungan.Bahkan bakat kidal ...
Hore! Zodiak Ini Akan Terbebas dari Status Jomblo di 2018
Trends - Rabu, 27 Desember 2017 - 11:20 WIB

Hore! Zodiak Ini Akan Terbebas dari Status Jomblo di 2018

Status jomblo bukanlah masalah bagi sejumlah orang. Namun bagi sebagian lainnya, status jomblo dianggap menyebalkan seperti kutukan.Sehingga tak jarang seorang ...
Waduh, 5 Zodiak Ini Diramal Bokek di 2018
Trends - Rabu, 27 Desember 2017 - 09:10 WIB

Waduh, 5 Zodiak Ini Diramal Bokek di 2018

Ramalan soal keuangan di tahun 2018 merupakan hal yang ditunggu-tunggu banyak orang.Meskipun tidak semua mempercayainya, ramalan zodiak masih sering diintip ...