Jumat, 16 November 2018 | 10.35 WIB
KiniNEWS>Gaya>Trends>Ikut-ikutan Trend Mukbang, Awas Penyakit Berbahaya Ini Mengintai Anda!!

Ikut-ikutan Trend Mukbang, Awas Penyakit Berbahaya Ini Mengintai Anda!!

Reporter : Rini Siregar | Sabtu, 20 Oktober 2018 - 14:42 WIB

IMG-1062

Mukbang atau makan dalam porsi besar. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Anak-anak muda yang rajin mantengin media sosial pasti tidak asing dengan video-video mukbang, alias makan dalam jumlah porsi besar.

Trend makan banyak ini mulai diperkenalkan oleh selebgram-selebgram Korea sebelum diikuti negara lain termasuk Indonesia.

Biasanya dalam video tersebut ditunjukkan wanita cantik yang memakan satu porsi besar makanan hingga habis. Makanan tersebut bisa macam-macam seperti ramen, nasi goreng, udang, sop, kepiting dan lainnya namun dalam porsi yang tidak wajar, sehingga kita berfikir muat apa tidak makanan tersebut masuk perutnya, atau apakah tidak sakit perut makan sebanyak itu.

Yaps, tentu trend mukbang juga tidak baik jika dipraktekkan setiap hari ya. Ada banyak penyakit berbahaya yang mengintai loh.

Dilansir dari himedik.com, jika penyakit yang dimaksud adalah jantung, diabetes mellitus dan hipertensi. Namun ini akan terjadi jika pelaku mukbang tidak mengimbanginya dengan olahraga.

Selain itu, menurut Jurnal Nutrition, Metabolism & Cardiovascular Diseases, jika tren mukbang bisa juga menyebabkan penyakit kolesterol dalam jumlah tinggi. Bahkan, kolesterol yang tidak segera ditangani akan membuat penyumbatan pembuluh darah dan itu dapat memunculkan risiko serangan jantung.

Nah, selain itu penyakit lain yang bisa muncul gegara mengikuti trend mukbang adalah kanker payudara dan usus besar.

Menurut dr. Sly di himedik.com, jika penyakit-penyakit mengerikan tersebut akan datang jika makanan yang dikonsumsi adalah fast food.

Kandungan kalori dan lemak jenuh yang tinggi dalam fast food akan memicu terjadinya kedua penyakit tersebut. Apalagi jika ini dikonsumsi dengan cara mukbang dan juga sering dilakukan. Kebayang kan, gimana banyaknya kalori dan lemak yang menumpuk di perut kita?

Nah, karena itu kita perlu bijak mengikuti trend ataupun tantangan-tantangan kekinian di sosmed ya guys. Jangan sampai niatnya mau eksis malah mengundang penyakit, kan gak banget!

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Woman - Kamis, 15 November 2018 - 17:53 WIB

UGM tunjuk 7 dosen masuk Tim Etik kasus perkosaan mahasiswa

UNIVERSITAS Gadjah Mada telah menunjuk tujuh dosen untuk masuk dalam tim etik yang dibentuk untuk menangani kasus dugaan pemerkosaan yang ...
Style - Kamis, 15 November 2018 - 17:45 WIB

Indonesia peringkat pertama negara paling dermawan

INDONESIA dinobatkan sebagai negara paling dermawan melalui World Giving Index yang dirilis Charity Aid Foundation (CAF) dengan menempati peringkat pertama.Indonesia ...
Hikmah - Kamis, 15 November 2018 - 12:57 WIB

Turis Rusia tidur di kuburan akibat kehabisan uang

BORIS Osmanov, turis asal Rusia yang dirawat di RSUD dr Moh. Saleh, Kota Probolinggo, Jawa Timur, mengaku kehabisan bekal uang ...
Health - Minggu, 11 November 2018 - 14:13 WIB

Diabetes mengancam kaum pekerja Indonesia

PARA pekerja di Indonesia terancam penyakit diabetes. Penyakit kencing manis yang disebut dengan diabetes tipe dua ini mulai menghantui para ...
Woman - Sabtu, 10 November 2018 - 13:46 WIB

Tak Disangka, Bayi Dalam Kandungan Bakal Bahagia Jika Ibu Lakukan Ini

Hamil merupakan momen bahagia yang dirasakan ibu hingga seluruh keluarga. Banyak yang tak sabar menanti lahirnya sang buah hati yang ...
Food - Kamis, 8 November 2018 - 07:36 WIB

Yummy! Ini Cara Membuat Dimsum Harga Rumahan Rasa Restoran

Dimsum kini menjadi makanan yang hits di tengah masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih beserta cita rasa udang, kepiting, ayam yang ...