Rabu, 20 Maret 2019 | 14.23 WIB
KiniNEWS>Gaya>Trends>Benci Hari Senin? Ini Cara Hadapi Awal Pekan Anti Malas

Benci Hari Senin? Ini Cara Hadapi Awal Pekan Anti Malas

Reporter : Rini Siregar | Senin, 22 Oktober 2018 - 07:48 WIB

IMG-1071

Jakarta, kini.co.id

Lagi enak-enak weekend, tertidur sebentar eh tiba-tiba sudah hari Senin. Pernah mengalami seperti itu?

Anda merasa weekend terlalu singkat dan hari kerja justru sangat panjang? Tenang, anda bukan satu-satunya yang membenci hari kerja khususnya Senin.

Senin yang datang setelah hari Minggu bahkan menjadi momok yang menakutkan bagi pekerja bahkan siswa. Padahal, hari senin seharusnya memjadi hari yang penuh semangat untuk merancang kegiatan sepanjang pekan.

Nah, jika Senin Anda dimulai dengan perasaan malas, tak semangat, cemas, sedih, atau stres bisa dibilang Anda terkena sindrom Monday Blues.

“Monday blues diartikan sebagai sebuah emosi negatif yang dialami banyak orang di awal minggu kerja jika mereka tak gembira dalam pekerjaannya,” kata Alexander Kjerulf, seorang penulis dan pembicara soal kebahagiaan kerja dikutip dari Forbes.

“Ini terdiri dari beberapa elemen yaitu depresi, kelelahan, tak punya harapan, dan perasaan bahwa pekerjaannya tak memuaskan tapi tak bisa dihindari.”

Dari itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukam untuk menghadapi Senin dengan penuh semangat.

Persiapkan Senin dari Jumat

“Senin bisa jadi hari yang membuat stres di tempat kerja karena adanya tumpukan kerja dari minggu sebelumnya. Bagi banyak orang ini bisa sangat menantang untuk kembali bergulat di dalamnya,” kata Ryan Kahn, pendiri The Hired Group dan penulis buku Hired!The Guide for the Recent Grad.

Rita Friedman, seorang pakar pekerjaann menyarankan untuk mempersiapkan hari Senin sejak hari Jumat. Artinya, jangan menumpuk pekerjaan untuk hari Senin karena hari Jumat Anda ingin pulang lebih cepat.

Pakai baju terbaik

“Berdandan, pakai baju terbaik, siap untuk menjadi sosok positif, dan siap membantu orang untuk jadi lebih positif,” kata Deborah Shane, penulis buku tentang karier.

“Senada dengan Shane, Kahn menyarankan untuk menggunakan pakaian terbaik dan kesayangan di hari Senin. Ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Identifikasi masalah

“Hal pertama yang harus dilakukan adalah bertanya pada diri sendiri, ada apa?,” kata Kjerulf.

jika Anda mengalami monday blues ini setiap hari maka ini adalah pertanda bahwa Anda tak bahagia bekerja. Anda harus memperbaikinya atau ‘move on’ mencari pekerjaan baru.

Dengarkan musik

Mendengarkan musik yang riang akan membantu meningkatkan mood Anda dengan cepat.

“Musik akan berdampak baik pada mood kerja Anda, jadi pilihlah lagi yang bisa Anda nikmati dan bisa membuat Anda tersenyum. Ini akan membantu memancarkan energi di situasi kerja yang suram,” kata Todd Dean, CMO dan ci founder Wirkn’s, sebuah situs pencari kerja dikutip dari Bustle.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan kembali semangat untuk bekerja di awal pekan. Anda juga bisa melakukan hal lain seperti nongkrong dengan teman sepulang kerja, pergi ke toko buku, main game dan sebagainya untuk dijadikan mood booster. Selamat mencoba, selamat Hari Senin!!!

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Hikmah - Selasa, 29 Januari 2019 - 19:46 WIB

Kehadiran Jan Ethes dipersoalkan BPN Prabowo

KEHADIRAN cucu Joko Widodo, Jan Ethes, dalam berbagai kesempatan, dipersoalkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Pasalnya pelibatan ...
Hikmah - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:54 WIB

Minta maaf kepada pembenci, Ahok minta tidak usah disambut

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan gubernur DKI, segera akan menghirup udara bebas pada 24 Januari 2019. Tanggal tersebut sangat ...
Hikmah - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

Ahok segera bebas, dia dijemput keluarga di Mako Brimob

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI itu akan keluar dari Mako ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:29 WIB

Suka Tidur Pakai Kipas Angin, Ini Bahayanya

Kipas angin seringkali menjadi pilihan untuk menyejukkan ruangan selain Air Conditioner. Kipas angin yang lebih ekonomis dan juga praktis karena ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:16 WIB

Anak Tidak Diimunisasi Benarkah Tetap Sehat?

Seiring pemerintah menggalakkan program imunisasi untuk anak-anak, muncul juga kaum yang berbeda pendapat.Menurut mereka, anak-anak mereka sehat-sehat saja meski tidak ...
Trends - Jumat, 11 Januari 2019 - 14:44 WIB

Diajak ML Sama Pacar, Begini Cara Menolaknya

Seks bebas seperti sudah menjadi makanan sehari-hari remaja di Indonesia. Mereka yang pacaran sudah gampang saja melakukan hubungan seks bagaikan ...