Rabu, 20 Maret 2019 | 14.11 WIB
KiniNEWS>Gaya>Health>Kaki Nyut-nyutan Karena Cantengan, Begini Mengatasinya

Kaki Nyut-nyutan Karena Cantengan, Begini Mengatasinya

Kamis, 25 Oktober 2018 - 09:15 WIB

IMG-1083

kini.co.id – Banyak orang mengalami masalah cantengan. Cantengan atau yang biasa disebut dengan paronychia adalah sebuah masalah peradangan yang terjadi pada area kuku di jempol kaki maupun tangan.

Masalah cantengan ini akan menimbulkan rasa nyeri dengan ditandai warna merah dan juga bahkan bisa bernanah. Selain itu terkadang penyakit centangan pada kuku jempol kaki atau tangan ini juga berbau tidak sedap.

Masalah ini muncul akibat masuknya kuku ke dalam daging, hingga menimbulkan bengkak dan infeksi. Cantengan biasanya terjadi karena kebiasaan memotong kuku terlalu pendek, sehingga menyebabkan kuku bertumbuh ke dalam kulit. Pakai sepatu terlalu sempit atau jari menabrak sesuatu sampai cedera juga bisa menyebabkan kuku lama-lama jadi cantengan. Jika sudah parah, cantengan diobati dengan cara operasi.

Namun, tak perlu khawatir berikut ada beberapa cara mengobati cantengan di rumah:

1. Merendam Kaki

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan cantengan adalah dengan merendamnya di air hangat. Perendaman ini sangat direkomendasikan jika cantengan tersebut baru tumbuh. Caranya campurkan air hangat dengan garam kemudian rendam kaki atau tangan Anda selama 15 menit. Lakukan terapi ini sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

2. Pakai Cuka Apel

Cara mengobati cantengan di rumah lainnya adalah menggunakan cuka apel. Anda dapat menambahkan seperempat cangkir cuka apel ke air hangat untuk merendam kaki selama 20 menit.

3. Gunakan Kapas atau Kasa

Menaruh gumpalan kapas di bawah batas kuku, ternyata bisa jadi cara mengobati cantengan. Cara tersebut dapat membantu menggeser kuku untuk tumbuh ke arah yang benar.

Ambil sepotong kapas atau kain kasa yang berukuran kecil dan gulung. Taruh kapas atau kasa tersebut di bawah kuku yang masuk ke dalam dengan cara mengangkat perlahan ujung kuku.

Hal ini akan mengurangi tekanan pada daging yang terkena cantengan. Cara ini mungkin membuat Anda tidak nyaman dan menimbulkan sedikit rasa sakit, tapi cukup efektif untuk mengurangi nyut-nyutan di area yang cantengan.

4. Gunakan Jahe

Salah satu tanaman herbal yang dijadikan bumbu ini sering sekali digunakan untuk obat-obatan herbal. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan parutan jahe sebagai obat herbal cantengan Anda. Cara menggunakannya, Anda cukup mencampurkan parutan jahe dengan minyak kelapa secukupnya lalu dioleskan pada daerah yang luka dan diperban.

5. Hindari Dulu Sepatu Hak Tinggi dan Sepatu Sempit

Jika Anda ingin kuku kaki yang cantengan cepat sembuh, Anda harus menghindari pakai sepatu high heels dan sepatu yang sempit. Memakai kedua sepatu tersebut dapat memberi tekanan yang lebih besar pada jari kaki yang cantengan.

Jika Anda tetap memakainya, maka rasa sakit akan semakin sering muncul dan cantengan jadi sembuh lebih lama. Maka itu, sebaiknya gunakan sandal atau alas kaki yang longgar terlebih dulu hingga cantengan sembuh.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Hikmah - Selasa, 29 Januari 2019 - 19:46 WIB

Kehadiran Jan Ethes dipersoalkan BPN Prabowo

KEHADIRAN cucu Joko Widodo, Jan Ethes, dalam berbagai kesempatan, dipersoalkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Pasalnya pelibatan ...
Hikmah - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:54 WIB

Minta maaf kepada pembenci, Ahok minta tidak usah disambut

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan gubernur DKI, segera akan menghirup udara bebas pada 24 Januari 2019. Tanggal tersebut sangat ...
Hikmah - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

Ahok segera bebas, dia dijemput keluarga di Mako Brimob

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI itu akan keluar dari Mako ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:29 WIB

Suka Tidur Pakai Kipas Angin, Ini Bahayanya

Kipas angin seringkali menjadi pilihan untuk menyejukkan ruangan selain Air Conditioner. Kipas angin yang lebih ekonomis dan juga praktis karena ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:16 WIB

Anak Tidak Diimunisasi Benarkah Tetap Sehat?

Seiring pemerintah menggalakkan program imunisasi untuk anak-anak, muncul juga kaum yang berbeda pendapat.Menurut mereka, anak-anak mereka sehat-sehat saja meski tidak ...
Trends - Jumat, 11 Januari 2019 - 14:44 WIB

Diajak ML Sama Pacar, Begini Cara Menolaknya

Seks bebas seperti sudah menjadi makanan sehari-hari remaja di Indonesia. Mereka yang pacaran sudah gampang saja melakukan hubungan seks bagaikan ...