Rabu, 20 Maret 2019 | 14.32 WIB
KiniNEWS>Gaya>Woman>Puting Datar Bikin Ibu Galau, Ini Cara Mengatasinya

Puting Datar Bikin Ibu Galau, Ini Cara Mengatasinya

Kamis, 8 November 2018 - 07:17 WIB

IMG-1125

kini.co.id – Puting susu masuk ke dalam (inverted nipple) alias datar merupakan salah satu masalah yang umum dialami wanita. Ini sebetulnya wajar dan normal, tapi ini bisa menjadi tantangan yang berat bagi wanita yang hendak menyusui anaknya.

Jika Anda sah satu wanita yang berputing datar dan khawatir tidak bisa menyusui sang buah hati, buang jauh-jauh rasa cemas itu. Kondisi ini tidak akan membuat si kecil kekurangan makan, selama Anda tahu trik sukses menyusui dengan puting susu datar. Simak teknik dan cara-cara berikut ini agar Bunda tetap bisa menyusui.

1. Rajin Membersihkan

Bisa jadi puting Anda tidak keluar karena kotor sehingga tersumbat. Maka dari itu rajin-rajinlah membersihkan puting payudara dengan baby oil atau minya kelapa sawit.

2. Merangsang puting

Pegang puting dan gulung dengan ibu jari dan telunjuk selama 30 detik, kemudian sentuh dengan kain dingin segera sebelum menyusui. Bisa juga gunakan breastpad sekali pakai yang dibasahi dan disimpan dalam freezer untuk merangsang puting agar keluar dan tegak sebelum menyusui.

Atau anda juga bisa merangsangnya dengan memijat puting. Coba perlahan pijat puting susu pelan-pelan agar mengarah keluar. Ingat, pijat di bagian lingkar puting saja, ya. Gunakan dua jari, yaitu telunjuk dan jempol selama beberapa saat.

Jangan terlalu lama memijat puting, luangkan waktu selama 1 menit saja sebelum Anda memulai menyusui bayi.

3. Pijat Areola

Beberapa ahli menyarankan para ibu menyusui untuk menekan dan mengarahkan bagian areola payudara ke mulut bayi. Dengan dua jari, Anda bisa coba untuk menekan bagian areola terlebih dahulu, lalu busungkan dada. Ini akan membantu agar puting bisa keluar menonjol.

4. Pompa ASI

Memompa ASI dapat membantu dalam keluar puting susuk yang masuk ke dalam. Ini juga bisa membuat perlekatan (latching atau masuknya puting ke mulut bayi) jadi lebih mudah.

Beberapa wanita mungkin hanya perlu sekali melakukan pompa ASI dan puting susu akan keluar dengan sendirinya, sementara sebagian wanita lainnya harus memompa berkali-kali baru terasa efeknya. Karena itu, kuncinya adalah jangan cepat menyerah.

5. Gunakan puting silicon (nipple shield)

Puting palsu ini berbentuk tipis dan lembut, dengan lubang di ujungnya. Tidak seperti puting karet yang bisa menimbulkan masalah, puting silikon yang modern sudah didesain khusus untuk membantu ibu yang kesulitan menyusui.

Lapisan tipis silikonnya tetap memberikan stimulasi pada areola, sehingga tidak akan mengurangi volume produksi ASI.

Kebanyakan ibu menyusui hanya perlu menggunakan puting silikon beberapa kali untuk merangsang puting keluar.

Sebelum menggunakan alat ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli laktasi. Dengan demikian Anda dapat mengetahui apakah Anda benar-benar perlu menggunakannya atau tidak.

Jika Anda masih merasa belum menemukan cara atau posisi yang pas untuk menyusui karena memiliki puting datar, segera temui konselor laktasi untuk meminta bantuan.

Untuk Anda para ibu menyusui, jangan putus asa dan mudah menyerah. Happy breastfeeding ^_^

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Hikmah - Selasa, 29 Januari 2019 - 19:46 WIB

Kehadiran Jan Ethes dipersoalkan BPN Prabowo

KEHADIRAN cucu Joko Widodo, Jan Ethes, dalam berbagai kesempatan, dipersoalkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Pasalnya pelibatan ...
Hikmah - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:54 WIB

Minta maaf kepada pembenci, Ahok minta tidak usah disambut

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan gubernur DKI, segera akan menghirup udara bebas pada 24 Januari 2019. Tanggal tersebut sangat ...
Hikmah - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

Ahok segera bebas, dia dijemput keluarga di Mako Brimob

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI itu akan keluar dari Mako ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:29 WIB

Suka Tidur Pakai Kipas Angin, Ini Bahayanya

Kipas angin seringkali menjadi pilihan untuk menyejukkan ruangan selain Air Conditioner. Kipas angin yang lebih ekonomis dan juga praktis karena ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:16 WIB

Anak Tidak Diimunisasi Benarkah Tetap Sehat?

Seiring pemerintah menggalakkan program imunisasi untuk anak-anak, muncul juga kaum yang berbeda pendapat.Menurut mereka, anak-anak mereka sehat-sehat saja meski tidak ...
Trends - Jumat, 11 Januari 2019 - 14:44 WIB

Diajak ML Sama Pacar, Begini Cara Menolaknya

Seks bebas seperti sudah menjadi makanan sehari-hari remaja di Indonesia. Mereka yang pacaran sudah gampang saja melakukan hubungan seks bagaikan ...