Sabtu, 23 Februari 2019 | 23.41 WIB
KiniNEWS>Gaya>Woman>Tak Disangka, Bayi Dalam Kandungan Bakal Bahagia Jika Ibu Lakukan Ini

Tak Disangka, Bayi Dalam Kandungan Bakal Bahagia Jika Ibu Lakukan Ini

Reporter : Rini Siregar | Sabtu, 10 November 2018 - 13:46 WIB

IMG-1137

Ilustrasi. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Hamil merupakan momen bahagia yang dirasakan ibu hingga seluruh keluarga. Banyak yang tak sabar menanti lahirnya sang buah hati yang bersemayam di dalam kandungan.

9 bulan merupakan waktu singkat namun terasa lama oleh ibu. Oleh karenanya ibu harus menjaga kandungannya baik-baik agar si jabang bayi tumbuh sehat dan bahagia.

Perlu Anda ketahui, bahwa bayi yang hidup dalam perut Anda merasakan apa yang Anda rasakan. Ia bahkan ikut bergembira ketika Anda merasa senang.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Psychological Science menyebutkan bahwa bayi dalam kandungan bisa merasakan kondisi psikologis ibu, dan karena inilah ia juga bisa merasakan perasaan ibu ketika sedih atau bahagia.

Seringkali ibu mengajak bayi di dalam perut berinteraksi dengan mengajak bicara, cara ini sangat bagus lho.

Nah, ada beberapa hal yang bisa membuat bayi dalam perut bahagia.

1. Makan makanan manis

Bayi bisa membedakan berbagai rasa selama minggu ke 13-15 kehamilan. Air ketuban akan memberikan rasa makanan yang dimakan ibu dan bayi akan bisa merasakan dan menyerapnya ke dalam tubuh. Bayi lebih bahagia ketika ibu makan makanan manis namun perhatikan porsinya juga ya Moms.

2. Mandi dan berendam air hangat

Ini adalah salah satu cara relaksasi diri yang bisa dilakukan setelah seharian lelah melakukan kegiatan. Ketika kandungan cukup besar, bayi sudah mulai bisa merasakan perubahan suhu di luar tubuh ibu. Suhu hangat air akan membuatnya nyaman di dalam kandungan, apalagi ibu mengalami penurunan tingkat stres sehingga membuat bayi tenang.

3. Mengelus perut Reseptor sentuh akan bisa dirasakan bayi memasuki minggu ke-8. Dan bayi akan merasa nyaman ketika ada sentuhan di perut. Mengelus perut bayi juga bisa dilakukan ayah untuk memberikan kenyamanan pada ibu dan bayi sambil mendengarkan musik atau menikmati sore hari.

4. Mendengarkan musik Di minggu ke 25-26, bayi sudah mulai bisa mendengarkan suara dari luar. Ini adalah momen yang tepat mengenalkan bayi pada berbagai suara yang menenangkan untuk mendukung perkembangan otaknya yang cerdas.

5. Tawa ibu Bayi juga merasa ikut bahagia ketika ibu tertawa. Ia akan ikut melompat naik turun ketika ibu tertawa. Hal ini terjadi karena adanya pergerakan otot di perut. Hormon kebahagiaan juga mengalir ke dalam bayi sehingga ia ikut merasakan bahagia.

Bayi juga merasa bahagia jika ibu rajin olahraga dan istirahat cukup karena itu penting untuk kesehatan ibu. Jadi, jangan kira bayi tak tahu apa-apa selama di dalam rahim, karena ternyata ia bisa merasakan apa yang kamu rasakan.

Nah, itulah 5 hal yang bisa membuat bayi bahagia. Makanya pastikan Anda tidak stres ya, happy preggy moms!

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Hikmah - Selasa, 29 Januari 2019 - 19:46 WIB

Kehadiran Jan Ethes dipersoalkan BPN Prabowo

KEHADIRAN cucu Joko Widodo, Jan Ethes, dalam berbagai kesempatan, dipersoalkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Pasalnya pelibatan ...
Hikmah - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:54 WIB

Minta maaf kepada pembenci, Ahok minta tidak usah disambut

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan gubernur DKI, segera akan menghirup udara bebas pada 24 Januari 2019. Tanggal tersebut sangat ...
Hikmah - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

Ahok segera bebas, dia dijemput keluarga di Mako Brimob

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI itu akan keluar dari Mako ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:29 WIB

Suka Tidur Pakai Kipas Angin, Ini Bahayanya

Kipas angin seringkali menjadi pilihan untuk menyejukkan ruangan selain Air Conditioner. Kipas angin yang lebih ekonomis dan juga praktis karena ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:16 WIB

Anak Tidak Diimunisasi Benarkah Tetap Sehat?

Seiring pemerintah menggalakkan program imunisasi untuk anak-anak, muncul juga kaum yang berbeda pendapat.Menurut mereka, anak-anak mereka sehat-sehat saja meski tidak ...
Trends - Jumat, 11 Januari 2019 - 14:44 WIB

Diajak ML Sama Pacar, Begini Cara Menolaknya

Seks bebas seperti sudah menjadi makanan sehari-hari remaja di Indonesia. Mereka yang pacaran sudah gampang saja melakukan hubungan seks bagaikan ...