Rabu, 20 Maret 2019 | 14.31 WIB
KiniNEWS>Gaya>Hikmah>AJI: Jurnalis lebih layak dipercaya daripada Prabowo

AJI: Jurnalis lebih layak dipercaya daripada Prabowo

Kamis, 6 Desember 2018 - 16:17 WIB

IMG-1190

Prabowo Subianto.

JAKARTA, kini.co.id – KETUA Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Abdul Manan mengajak seluruh jurnalis tidak menggubris ucapan calon presiden Prabowo Subianto. Media diminta membuktikan bahwa jurnalis lebih layak dipercaya ketimbang Prabowo.

“Kita harus terima sebagai kritik. Jangan tersinggung. Media harus membuktikan kalau dirinya lebih layak dipercaya omongannya dari pada Prabowo,” kata Abdul Manan, di Jakarta, kemarin. Manan meminta pernyataan Prabowo tak diambil hati. Sebaliknya, ucapan tersebut harus dijadikan bahan kritik dan perbaikan.

“Sebaiknya kita tidak perlu bereaksi terhadap pernyataan dia karena itu bagian dari kebebasan berekspresi dia,” kata Manan.

Manan menuturkan, publik patut mengecam Prabowo bila dia menganjurkan melakukan kekerasan. Bila sebatas ucapan, menurutnya tak masalah.

“Menurut saya itu pernyataan masih taraf pendapat, bukan anjuran melakukan kekerasan, kalau seperti itu baru kita kecam,” katanya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menuding pemberitaan di media sebagian besar memublikasikan berita bohong. Prabowo juga mengajak publik tak usah lagi menghormati jurnalis yang bekerja mewartakan berita.

“Pers ya terus terang saja banyak bohongnya dari benarnya. Setiap hari ada kira-kira lima sampai delapan koran yang datang ke tempat saya. Saya mau lihat bohong apalagi nih,” kata Prabowo di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Rabu 5 Desember 2018.

Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu menuding jurnalis dan media bagian dari antek-antek yang ingin menghancurkan demokrasi di Indonesia.

“Boleh kau cetak ke sini dan ke sana, saya tidak mengakui Anda sebagai jurnalis. Enggak usah saya sarankan kalian hormat sama mereka lagi, mereka hanya anteknya orang yang ingin menghancurkan Republik Indonesia,” tegas Prabowo.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Hikmah - Selasa, 29 Januari 2019 - 19:46 WIB

Kehadiran Jan Ethes dipersoalkan BPN Prabowo

KEHADIRAN cucu Joko Widodo, Jan Ethes, dalam berbagai kesempatan, dipersoalkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Pasalnya pelibatan ...
Hikmah - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:54 WIB

Minta maaf kepada pembenci, Ahok minta tidak usah disambut

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan gubernur DKI, segera akan menghirup udara bebas pada 24 Januari 2019. Tanggal tersebut sangat ...
Hikmah - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

Ahok segera bebas, dia dijemput keluarga di Mako Brimob

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI itu akan keluar dari Mako ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:29 WIB

Suka Tidur Pakai Kipas Angin, Ini Bahayanya

Kipas angin seringkali menjadi pilihan untuk menyejukkan ruangan selain Air Conditioner. Kipas angin yang lebih ekonomis dan juga praktis karena ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:16 WIB

Anak Tidak Diimunisasi Benarkah Tetap Sehat?

Seiring pemerintah menggalakkan program imunisasi untuk anak-anak, muncul juga kaum yang berbeda pendapat.Menurut mereka, anak-anak mereka sehat-sehat saja meski tidak ...
Trends - Jumat, 11 Januari 2019 - 14:44 WIB

Diajak ML Sama Pacar, Begini Cara Menolaknya

Seks bebas seperti sudah menjadi makanan sehari-hari remaja di Indonesia. Mereka yang pacaran sudah gampang saja melakukan hubungan seks bagaikan ...