Kamis, 13 Desember 2018 | 20.57 WIB
KiniNEWS>Gaya>Hikmah>AJI: Jurnalis lebih layak dipercaya daripada Prabowo

AJI: Jurnalis lebih layak dipercaya daripada Prabowo

Kamis, 6 Desember 2018 - 16:17 WIB

IMG-1190

Prabowo Subianto.

JAKARTA, kini.co.id – KETUA Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Abdul Manan mengajak seluruh jurnalis tidak menggubris ucapan calon presiden Prabowo Subianto. Media diminta membuktikan bahwa jurnalis lebih layak dipercaya ketimbang Prabowo.

“Kita harus terima sebagai kritik. Jangan tersinggung. Media harus membuktikan kalau dirinya lebih layak dipercaya omongannya dari pada Prabowo,” kata Abdul Manan, di Jakarta, kemarin. Manan meminta pernyataan Prabowo tak diambil hati. Sebaliknya, ucapan tersebut harus dijadikan bahan kritik dan perbaikan.

“Sebaiknya kita tidak perlu bereaksi terhadap pernyataan dia karena itu bagian dari kebebasan berekspresi dia,” kata Manan.

Manan menuturkan, publik patut mengecam Prabowo bila dia menganjurkan melakukan kekerasan. Bila sebatas ucapan, menurutnya tak masalah.

“Menurut saya itu pernyataan masih taraf pendapat, bukan anjuran melakukan kekerasan, kalau seperti itu baru kita kecam,” katanya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menuding pemberitaan di media sebagian besar memublikasikan berita bohong. Prabowo juga mengajak publik tak usah lagi menghormati jurnalis yang bekerja mewartakan berita.

“Pers ya terus terang saja banyak bohongnya dari benarnya. Setiap hari ada kira-kira lima sampai delapan koran yang datang ke tempat saya. Saya mau lihat bohong apalagi nih,” kata Prabowo di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Rabu 5 Desember 2018.

Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu menuding jurnalis dan media bagian dari antek-antek yang ingin menghancurkan demokrasi di Indonesia.

“Boleh kau cetak ke sini dan ke sana, saya tidak mengakui Anda sebagai jurnalis. Enggak usah saya sarankan kalian hormat sama mereka lagi, mereka hanya anteknya orang yang ingin menghancurkan Republik Indonesia,” tegas Prabowo.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Food - Kamis, 6 Desember 2018 - 10:00 WIB

Ini Dia Deretan Kue-kue Khas Natal Populer di Penjuru Dunia

ari Natal akan dirayakan sebentar lagi. Menyambut suka cita, masyarakat di seluruh dunia memiliki hidangan tersendiri khusus untuk merayakan Natal ...
Woman - Rabu, 5 Desember 2018 - 11:11 WIB

3 Zodiak Ini Terkenal Jago Flirting Sama Cowok

ak semua wanita hanya menunggu digombal oleh pria, sebagian lain justru jago melakukan flirting kepada pria yang disukainya.Nah, ada wanita ...
Health - Rabu, 5 Desember 2018 - 00:40 WIB

Wanita ini capai umur seabad rahasianya tak pernah pikirkan pria

RAHASIA berumur panjang dari wanita satu ini mungkin terdengar sedikit aneh dan tak biasa. Mary Norris asal Skotlandia baru saja ...
Hikmah - Rabu, 5 Desember 2018 - 00:18 WIB

Dilarang cuti saat ibunya wafat, Bos: Apa ibumu bangun jika kau hadir di pemakaman?

SEBUAH kisah memilukan terjadi di Thailand. Perusahaan di Thailand itu menjadi sorotan negatif publik dunia, setelah ketahuan tak mengabulkan permohonan ...
Hikmah - Senin, 3 Desember 2018 - 22:41 WIB

Anies mengaku diajak semobil dengan Jokowi, bicara apa?

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku diajak satu mobil dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (3/12/2018). Mereka sama-sama menaiki mobil ...
Health - Selasa, 27 November 2018 - 06:53 WIB

Selalu Cantik, Ini 5 Gaya Hidup Sehat Ala Emma Watson

Emma Watson terkenal sejak memerankan tokoh Hermione di film Harry Potter. Kini Emma pun tumbuh menjadi wanita yang cantik dan ...