Kamis, 24 Oktober 2019 | 06.18 WIB
KiniNEWS>Gaya>Hikmah>Ini perbedaan antara cinta dan nafsu

Ini perbedaan antara cinta dan nafsu

Rabu, 19 Desember 2018 - 13:36 WIB

IMG-1215

Membedakan cinta dengan nafsu. (Illustrasi)

JAKARTA, kini.co.id – CINTA dan nafsu sering kali terlihat beda tipis. Banyak orang kerap kebingungan saat mengambil keputusan menjalin hubungan lantaran sulit membedakan antara cinta dan nafsu belaka.

Orang sering bertanya-tanya: benarkah rasa yang timbul itu merupakan cinta atau hanya dorongan hawa nafsu sesaat saja?

Anda tentunya tak ingin memilih keputusan yang salah dan terjebak dalam nafsu sesaat. Namun, kini tak perlu khawatir, karena cinta dan nafsu memiliki perbedaan yang jelas.

Menurut Terri Orbuch, seorang profesor sosiologi yang sudah mempelajari ratusan pasangan, ada empat perbedaan utama yang membedakan antara benar-benar jatuh cinta atau nafsu belaka. Orbuch mengungkapkan empat cara itu dalam TED Talk di Oakland University, Michigan, Amerika Serikat.

Berikut empat cara yang dapat membedakan cinta dan nafsu belaka:

1. Hubungan Orbuch menyebut, tanda pertama yang dapat membedakan cinta dan nafsu adalah hubungan atau koneksi yang terjalin antara Anda, dia, dan orang-orang di sekitar Anda dan dia.

Pada nafsu, Anda cenderung hanya ingin menjalin hubungan dengan orang tersebut. Sedangkan, jika itu benar cinta, Anda juga ingin berhubungan baik dengan orang-orang di sekitarnya. Anda juga ingin orang-orang di sekitar Anda mencintainya.

2. Pilihan kata Tanda kedua yang dapat membedakan antara cinta dan nafsu dapat terlihat dari pilihan kata yang sering digunakan. Penulis buku Finding Love Again: 6 Simple Steps To a New and Happy Relationship ini menyatakan, jika masih menggunakan kata ‘saya’, hubungan itu cenderung didorong oleh hawa nafsu.

Sedangkan, jika menggunakan ‘kita’, hubungan itu didasari oleh cinta karena berarti sudah menganggap diri mereka sebagai satu pasangan.

3. Keterbukaan diri Menurut Orbuch, pada hubungan berlandaskan cinta, orang akan mengungkapkan semua hal tentang dirinya lebih dalam. Sebaliknya, pada nafsu, orang hanya akan bercerita hal-hal dasar atau sekadarnya saja pada orang lain.

4. Pengaruh Tanda terakhir yang dapat membedakan cinta dan nafsu adalah pengaruh yang ditimbulkan dari orang tersebut. Pada cinta, orang itu akan memiliki pengaruh yang besar dan sangat berarti pada kehidupan Anda.

Jika hanya nafsu, orang tersebut tidak akan berdampak besar pada kehidupan atau keputusan yang diambil.

Editor: Emerson

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Hikmah - Selasa, 29 Januari 2019 - 19:46 WIB

Kehadiran Jan Ethes dipersoalkan BPN Prabowo

KEHADIRAN cucu Joko Widodo, Jan Ethes, dalam berbagai kesempatan, dipersoalkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Pasalnya pelibatan ...
Hikmah - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:54 WIB

Minta maaf kepada pembenci, Ahok minta tidak usah disambut

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan gubernur DKI, segera akan menghirup udara bebas pada 24 Januari 2019. Tanggal tersebut sangat ...
Hikmah - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

Ahok segera bebas, dia dijemput keluarga di Mako Brimob

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI itu akan keluar dari Mako ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:29 WIB

Suka Tidur Pakai Kipas Angin, Ini Bahayanya

Kipas angin seringkali menjadi pilihan untuk menyejukkan ruangan selain Air Conditioner. Kipas angin yang lebih ekonomis dan juga praktis karena ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:16 WIB

Anak Tidak Diimunisasi Benarkah Tetap Sehat?

Seiring pemerintah menggalakkan program imunisasi untuk anak-anak, muncul juga kaum yang berbeda pendapat.Menurut mereka, anak-anak mereka sehat-sehat saja meski tidak ...
Trends - Jumat, 11 Januari 2019 - 14:44 WIB

Diajak ML Sama Pacar, Begini Cara Menolaknya

Seks bebas seperti sudah menjadi makanan sehari-hari remaja di Indonesia. Mereka yang pacaran sudah gampang saja melakukan hubungan seks bagaikan ...