Kamis, 24 Oktober 2019 | 06.54 WIB
KiniNEWS>Gaya>Trends>Begini Resolusi Keuangan Agar Tidak Kere di 2019

Begini Resolusi Keuangan Agar Tidak Kere di 2019

Reporter : Rini Siregar | Sabtu, 29 Desember 2018 - 12:50 WIB

IMG-1254

ilustrasi

Jakarta, kini.co.id – Pergantian tahun sering menjadi momen bagi seseorang untuk membuat resolusi untuk memperbaiki hidupnya.

Untuk orang yang konsisten, resolusi akan dijalankan hingga dirinya menjadi yang lebih baik.

Apalagi soal keuangan, jika Anda merasa kere di 2018, jangan ulangi lagi di tahun berikutnya.

Usahakan tahun depan keuangan Anda meningkat atau jika tidak bisa, minimal tetap dan tidak sampai lebih buruk dari tahun ini. Dari itu, Anda perlu membuat resolusi keuangan agar tidak kere di 2019.

Dilansir dari Readers’ Digest, terdapat 8 resolusi yang sebetulnya sederhana untuk menghasilkan uang yang bisa dimulai dari hal kecil, seperti menghentikan langganan tak perlu, hingga mengganti provider jaringan dengan yang lebih sederhana.

1. Hati-hati dengan Kredit

Kredit memang sangat menggiurkan. Apalagi untuk membeli barang-barang mahal, kredit sering dijadikan aji mumpung yang bisa meringankan keuangan.

Tapi kredit juga bisa jadi menyusahkan di kemudian hari karena tidak terkontrol. Bisa jadi nanti malah gaji habis untuk membayar kredit.

Dari itu, penting bagi Anda untuk mengatur kredit agar Anda bangkrut. Nah jika saat ini Anda terlibat kredit, maka fokuslah mencicilnya.

Belum pula menyangkut masalah credit score bila penggunanya tidak disiplin membayar.

Sebagai resolusi tahun baru, batasilah pemakaian kartu kredit dengan rasio pemakaian 10 persen. Otomatis, utang kredit pun bisa berkurang.

Skor kredit yang bagus bisa menghemat kita uang dalam berbagai cara. Salah satu contohnya adalah mendapat bunga pinjaman yang lebih rendah.

Maka, jadikan resolusi tahun baru agar lebih rajin mengecek skor kredit kamu secara berkala di tahun 2019.

2. Kurangi Langganan Bulanan yang Tak Perlu

Zaman sekarang banyak langganan-langganan digital menarik untuk anak muda. Dengan harga kisaran Rp 50 ribu untuk musik,seratus ribu untuk streaming film dan serial TV. Ada pula membership gym yang menghabiskan uang.

Harganya mungkin tidak terlalu mahal, tetapi bila kamu langganan terlalu banyak, bayaran per bulan pun semakin bengkak. Coba cek mana saja layanan yang sebetulnya kamu pakai dan tidak. Hentikan langganan yang tidak kamu gunakan.

3. Jual Baju Bekas

Jual barang bekas (decluttering) semakin mudah dengan e-commerce. Barang yang dijual tak perlu yang mahal-mahal, barang-barang yang harganya terjangkau pun bisa dijual.

Enaknya lagi, menjual barang bekas bisa menambah ruang di dalam rumah. “Decluttering membebaskan ruang di rumah kamu dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat,” ujar Joshua Becker, penulis The Minimalist Home.

4. Coba Ganti Provider

Bandingkan harga provider kamu dengan yang lainnya. Mana yang menawarkan harga paling bersaing?

Ini berlaku untuk provider jaringan telepon, internet, dan kabel TV. Selain harga bersaing, lihat pula apakah provider lain menyediakan benefit tambahan.

5. Menabung

Ada orang yang menantang diri mereka untuk travel ke lebih banyak tempat, diet, atau membaca lebih banyak buku. Cobalah lakukan tantangan yang sama untuk menabung.

Tidak perlu langsung menyimpan uang banyak-banyak. Cobalah sedikit-sedikit tiap minggunya sampai uang kamu bertambah banyak di akhir tahun.

6. Lebih Sering Masak di Rumah

Makan di luar memang lebih nyaman, tetapi makan di rumah bisa jauh lebih hemat bila kamu perlu menabung uang. Coba cek di internet mengenai menu-menu sederhana. Hal positif lainnya adalah kamu bisa mulai belajar masak.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Hikmah - Selasa, 29 Januari 2019 - 19:46 WIB

Kehadiran Jan Ethes dipersoalkan BPN Prabowo

KEHADIRAN cucu Joko Widodo, Jan Ethes, dalam berbagai kesempatan, dipersoalkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Pasalnya pelibatan ...
Hikmah - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:54 WIB

Minta maaf kepada pembenci, Ahok minta tidak usah disambut

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan gubernur DKI, segera akan menghirup udara bebas pada 24 Januari 2019. Tanggal tersebut sangat ...
Hikmah - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

Ahok segera bebas, dia dijemput keluarga di Mako Brimob

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI itu akan keluar dari Mako ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:29 WIB

Suka Tidur Pakai Kipas Angin, Ini Bahayanya

Kipas angin seringkali menjadi pilihan untuk menyejukkan ruangan selain Air Conditioner. Kipas angin yang lebih ekonomis dan juga praktis karena ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:16 WIB

Anak Tidak Diimunisasi Benarkah Tetap Sehat?

Seiring pemerintah menggalakkan program imunisasi untuk anak-anak, muncul juga kaum yang berbeda pendapat.Menurut mereka, anak-anak mereka sehat-sehat saja meski tidak ...
Trends - Jumat, 11 Januari 2019 - 14:44 WIB

Diajak ML Sama Pacar, Begini Cara Menolaknya

Seks bebas seperti sudah menjadi makanan sehari-hari remaja di Indonesia. Mereka yang pacaran sudah gampang saja melakukan hubungan seks bagaikan ...