Kamis, 22 Augu 2019 | 03.33 WIB
KiniNEWS>Gaya>Trends>Ikut-ikutan Trend Mukbang, Awas Penyakit Berbahaya Ini Mengintai Anda!!

Ikut-ikutan Trend Mukbang, Awas Penyakit Berbahaya Ini Mengintai Anda!!

Reporter : Rini Siregar | Sabtu, 20 Oktober 2018 - 14:42 WIB

IMG-1062

Mukbang atau makan dalam porsi besar. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Anak-anak muda yang rajin mantengin media sosial pasti tidak asing dengan video-video mukbang, alias makan dalam jumlah porsi besar.

Trend makan banyak ini mulai diperkenalkan oleh selebgram-selebgram Korea sebelum diikuti negara lain termasuk Indonesia.

Biasanya dalam video tersebut ditunjukkan wanita cantik yang memakan satu porsi besar makanan hingga habis. Makanan tersebut bisa macam-macam seperti ramen, nasi goreng, udang, sop, kepiting dan lainnya namun dalam porsi yang tidak wajar, sehingga kita berfikir muat apa tidak makanan tersebut masuk perutnya, atau apakah tidak sakit perut makan sebanyak itu.

Yaps, tentu trend mukbang juga tidak baik jika dipraktekkan setiap hari ya. Ada banyak penyakit berbahaya yang mengintai loh.

Dilansir dari himedik.com, jika penyakit yang dimaksud adalah jantung, diabetes mellitus dan hipertensi. Namun ini akan terjadi jika pelaku mukbang tidak mengimbanginya dengan olahraga.

Selain itu, menurut Jurnal Nutrition, Metabolism & Cardiovascular Diseases, jika tren mukbang bisa juga menyebabkan penyakit kolesterol dalam jumlah tinggi. Bahkan, kolesterol yang tidak segera ditangani akan membuat penyumbatan pembuluh darah dan itu dapat memunculkan risiko serangan jantung.

Nah, selain itu penyakit lain yang bisa muncul gegara mengikuti trend mukbang adalah kanker payudara dan usus besar.

Menurut dr. Sly di himedik.com, jika penyakit-penyakit mengerikan tersebut akan datang jika makanan yang dikonsumsi adalah fast food.

Kandungan kalori dan lemak jenuh yang tinggi dalam fast food akan memicu terjadinya kedua penyakit tersebut. Apalagi jika ini dikonsumsi dengan cara mukbang dan juga sering dilakukan. Kebayang kan, gimana banyaknya kalori dan lemak yang menumpuk di perut kita?

Nah, karena itu kita perlu bijak mengikuti trend ataupun tantangan-tantangan kekinian di sosmed ya guys. Jangan sampai niatnya mau eksis malah mengundang penyakit, kan gak banget!

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Gaya Terkini Lainnya
Hikmah - Selasa, 29 Januari 2019 - 19:46 WIB

Kehadiran Jan Ethes dipersoalkan BPN Prabowo

KEHADIRAN cucu Joko Widodo, Jan Ethes, dalam berbagai kesempatan, dipersoalkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Pasalnya pelibatan ...
Hikmah - Kamis, 17 Januari 2019 - 17:54 WIB

Minta maaf kepada pembenci, Ahok minta tidak usah disambut

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan gubernur DKI, segera akan menghirup udara bebas pada 24 Januari 2019. Tanggal tersebut sangat ...
Hikmah - Rabu, 16 Januari 2019 - 16:10 WIB

Ahok segera bebas, dia dijemput keluarga di Mako Brimob

BASUKI Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan bebas pada 24 Januari 2019 mendatang. Mantan Gubernur DKI itu akan keluar dari Mako ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:29 WIB

Suka Tidur Pakai Kipas Angin, Ini Bahayanya

Kipas angin seringkali menjadi pilihan untuk menyejukkan ruangan selain Air Conditioner. Kipas angin yang lebih ekonomis dan juga praktis karena ...
Health - Senin, 14 Januari 2019 - 10:16 WIB

Anak Tidak Diimunisasi Benarkah Tetap Sehat?

Seiring pemerintah menggalakkan program imunisasi untuk anak-anak, muncul juga kaum yang berbeda pendapat.Menurut mereka, anak-anak mereka sehat-sehat saja meski tidak ...
Trends - Jumat, 11 Januari 2019 - 14:44 WIB

Diajak ML Sama Pacar, Begini Cara Menolaknya

Seks bebas seperti sudah menjadi makanan sehari-hari remaja di Indonesia. Mereka yang pacaran sudah gampang saja melakukan hubungan seks bagaikan ...